Profil & Biografi Louis Braille

Loading...

Louis Braille lahir di Coupvray pada tanggal 4 Januari 1809. Ia adalah pencipta sistem tulisan Braille yang digunakan oleh orang-orang buta. Pada usia 4 tahun, matanya tertusuk, yang membuat Braille menjadi buta. Pada tahun 1821, ketika pada sebuah sekolah khusus untuk orang buta, seorang prajurit bernama Charles Barbier mengunjungi sekolah dan menunjukkan kode yang telah ditemukan.

louis-braille-1

Sistem ini dikatakan “night writing”. Hal ini dirancang khusus untuk pasukan militer yang menggunakan kombinasi dua belas poin. Braille muda menyadari manfaat dari sistem ini. Ia juga mengembangkan sistem yang lebih sederhana dengan menggunakan enam poin. Dan pada tahun 1827, sebuah buku yang menggunakan enam poin, yang kemudian disebut Braille telah diterbitkan.

Pada usia 10, ia memperoleh beasiswa untuk belajar di Royal Institution untuk Blind Youth di Paris, sebuah lembaga pendidikan khusus untuk anak-anak tunanetra. Di sana, ia belajar membaca huruf timbul di atas kertas dengan cara merabanya. Di sekolah ini ada juga beberapa buku disediakan dengan sistem yang disediakan oleh pendiri sekolah, Valentin Hauy. Buku-buku ini berisi huruf ukuran besar timbul pada setiap halaman. Karena ukuran huruf yang besar, ukuran tubuhnya cukup besar, sehingga harganya sangat mahal. Sekolahnya hanya memiliki 14 buku-buku seperti ini.

louis-braille-2

Akhirnya, Louis Braille menjadi guru di sekolah tempat ia pernah menjadi murid, Royal akademik lembaga untuk Blind Youth. Dia adalah seorang guru yang disukai dan dihormati murid-muridnya. Namun sayangnya, ia tidak bisa melihat sistem baca-tulis temuannya digunakan secara luas di seluruh dunia pada saat itu.

Pada awalnya, orang tidak berpikir bahwa kode braille merupakan sesuatu yang berguna untuk orang buta. Banyak orang menduga sistem braille akan mati seiring dnegan berjalannya waktu. Pada tahun 1868, Dr Thomas Armitage memimpin sekelompok orang tunanetra – yang terdiri dari empat orang mendirikan lembaga untuk mengembangkan dan menyebarkan sistem inovatif Louis Braille.

louis-braille-3

Kelompok kecil ini terus tumbuh dan berkembang menjadi Royal National Institute of the Blind (RNIB), yang sekarang dikenal sebagai penerbit buku terbesar braille di Eropa. Louis Braille memiliki penemuan brilian yang telah mengubah dunia membaca dan menulis untuk orang buta selamanya. Sekarang, kode braille telah disesuaikan dengan hampir semua bahasa terkenal di dunia. Louis telah membuktikan bahwa dengan motivasi yang kuat, Ia dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak masuk akal.

Namun sayangnya pada tanggal 6 Januari 1852, Braille meninggal, pada usia 43 tahun ia meninggal karena penyakit TBC yang telah dideritanya. Sebuah monumen besar dibangun untuk mengenang jasanya pada tanggal 6 Januari 1852.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + 14 =