Profil & Biografi Veronica Tan

Loading...

Mungkin Anda sering mendengar ungkapan “Dibalik kesuksesan seorang pria, pasti ada wanita hebat dibelakangnya”. Ungkapan ini sangat tepat ditujukan pada Basuki Tjahaja Purnama, seorang Gubernur DKI Jakarta yang terkenal dengan sikap tegasnya. Dibalik kesuksesan dari Beliau, ada seorang wanita hebat yang terus mendukungnya dari belakang, baik itu dari mental ataupun rohani sehingga Basuki tetap tegar menghadapi segala rintangan yang ada. Wanita tersebut adalah Veronica Tan.

Biografi Veronica Tan 1

Publik pasti sudah tahu dengan sosok Veronica Tan. Wanita ini adalah istri dari Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok merupakan sosok perempuan yang yang mampu mengimbangi sifat keras dari Ahok. Karena wanita berperawakan tinggi langsing dengan wajah oriental ini mengaku suaminya itu tidak berperilaku galak bila berada di rumah. Bahkan ketiga putranya menganggap Ahok seperti sosok teman dan sahabat sendiri.

Veronica Tan lahir di Medan pada tanggal 6 September 1977 dan merupakan putri sulung dari tiga bersaudara. Ayahnya sosok yang penyabar sedangkan ibunya sedikit lebih keras dan biasa memberi hukuman kepada anak-anaknya jika nilai pelajaran sekolah kurang memuaskan. Setelah lulus SD dan SMP di Medan, Veronica Tan merantau ke Jakarta demi melanjutkan SMA. Ia pun tinggal bersama tantenya.

Biografi Veronica Tan 2

Sikap ibunya yang mementingkan pendidikan ternyata berbeda jauh dengan pendirian tantenya yang menganggap bahwa perempuan tak perlu bersekolah tinggi. Sikap itu mempengaruhi dirinya karena setelah lulus SMA, tanpa minat khusus Veronica Tan mengikuti ujian masuk di sejumlah perguruan tinggi dan akhirnya diterima di Universitas Parahyangan, Bandung di jurusan arsitektur. Tapi ibunya tidak setuju Veronica kuliah disana sehingga ia pun pindah ke Universitas Pelita Harapan, Jakarta di jurusan yang sama.

Baru sebentar menjalani kuliah, Veronica Tan sudah dilamar oleh seorang pria yang dikenalnya di Gereja dan tanpa proses pacaran, ia menikah dengan Basuki Tjahaja Purnama di usinya ke 19 tahun. Saat itu, Basuki lebih tua sembilan tahun darinya sehingga serius untuk menjalin rumah tangga. Pernikahan itu dikaruniai tiga orang anak. Alhasil, Veronica Tan menamatkan kuliahnya di saat anak keduanya mereka sudah lahir.

Biografi Veronica Tan 3

Veronica Tan menganggap ibu memiliki peran penting dalam rumah tangga. Karena pengorbanan ibu merupakan bentuk pekerjaan yang menakjubkan untuk suami dan anaknya. Ibu dari tiga orang anak ini beranggapan bahwa ibu yang mandiri dan mampu bekerja keras adalah sosok panutan bagi suami dan anak. Veronica juga mengaku sudah biasa dengan kesibukan suaminya sejak menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Ia pun sering kedatangan tamu dari berbagai macam kalangan di mulai dari oranh-orang penting hingga para pendukung Jokowi-Ahok. Saat ini, meski sama-sama sibuk, Veronica Tan dan Pak Ahok masih tetap bekerja sama dalam mengurus rumah tangganya yang harmonis. Contohnya mengantarkan anak sekolah, memasak untuk keluarga dan menjadi curahan hati suaminya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 5 =