Profil & Biografi Urban Zakapa

Loading...

Urban Zakapa adalah grup penulis lagu dan penyanyi R&B populer asal Korea Selatan yang dibentuk pada tahun 2009 oleh Fluxus Music. Awalnya grup ini beranggotakan 9 orang, namun pada 2012 mereka menjadi trio yang terdiri dari Park Yong-in, Jo Hyunah dan Kwon Soon-il. Nama kelompok Urban Zakapa merupakan singkatan dari kata Urban, Zappy, Kaleidoscopic, dan Passionate. Berikut ini Profil Urban Zakapa yang bisa Anda ketahui.

Biografi Urban Zakapa 1

Latar Belakang
Pada tahun 2004, Park Yong-in bertemu dengan Jo Hyunah di sebuah praktikum akademi musik. Dia memintanya untuk membentuk duo bernyanyi. Awalnya, orang tua Jo Hyunah menentang gagasan itu, tapi Hyunah menunjukkan semangat pada musik dan dianugerahi penghargaan ‘MBC 별밤 뽐내기’.

Akhirnya, orang tua Hyunah akhirnya memutuskan untuk mendukung putri mereka didunia bermusik. Kwon Sun-il juga bermimpi menjadi musisi. Alumnusnya, Yong-in, menyarankan agar dia bergabung untuk membuat trio bernyanyi bersama Hyunah.

Biografi Urban Zakapa 2

Meskipun grup ini memulai debutnya pada tahun 2009 sebagai sembilan bagian dengan empat vokalis dan lima instrumentalis dengan lagu “Café Latte (커피 를 마시고)”, saat ini hanya ada tiga vokalis karena perbedaan artistik. Kwon Sun-il dan teman masa kecilnya, Jo Hyunah dan Park Yong-in menulis, komposer dan menghasilkan semua musik mereka sendiri.

Kwon memenangkan tempat pertama sebagai penyanyi di SM Youth Best Contest yang diadakan oleh S.M Entertainment dan merupakan mantan trainee SM Entertainment dengan TVXQ dan Super Junior, dimana beranggotakan Kim Heechul dan delapan orang lainnya. Sedangkan Park Yong-in adalah bagian dari grup R&B dan Soul Korea Bluewind Soul dengan Han Won-jong, SG Wannabe Lee Suk-hoon dan lainnya. Kemudian, Jo Hyunah ialah satu-satunya anggota wanita dari kelompok tersebut, adalah vokalis kru hip-hop Overclass.

Perjalanan Karir
Setelah merilis dua EP pertama mereka (Coffee, Sweety You) pada tahun 2009, rombongan tersebut merilis album studio pertama mereka yang berjudul “01” di tahun 2011. Pada tahun yang sama, mereka merilis single “Just A Feeling” yang memulai debutnya di posisi 59 di Gaon Digital Chart dan pada tanggal 6 Desember, mereka juga merilis “Snowing” yang memulai debutnya di posisi 32.

Biografi Urban Zakapa 3

EP ketiga mereka berjudul “Beautiful Day” dirilis pada tanggal 3 April 2012, dan menandai sebagai album pertama kelompok tersebut sebagai trio. “Beautiful Day” memulai debutnya di 41 di Gaon Digital Chart. Beberapa bulan kemudian, kelompok tersebut merilis album studio kedua mereka pada tanggal 30 Oktober, yang berjudul “02”.

“I Hate You (니 가 싫어)” dirilis pada tanggal 5 September sebagai single dan debut di 9 di Gaon Digital Chart, namun kembali dirilis dengan album sebagai single utamanya. Album ini juga memiliki dua lagu yang telah dirilis sebelumnya yaitu “River” dan “All the Same”. EP Urban Zakapa yang berjudul “02” berhasil menduduki puncak Gaon Album Chart di minggu pertama, dan pada bulan Januari 2013, album ini dinominasikan untuk album R&B dan Soul Terbaik di Penghargaan Musik Korea ke-10.

Pada tahun 2014, Urban Zakapa kembali dengan single “Like a Bird” pada 18 Mei. Park dan Kwon juga berkolaborasi dengan mantan anggota SISTAR Soyou untuk single “The Space Between (틈)”. Lagu ini dirilis pada tanggal 26 September dan berhasil debut di posisi 3 di Gaon Singles Chart. Pada tanggal 4 November, Urban Zakapa merilis album keempat mereka, “04”, dengan single utama, “Consolation” yang juga mengupload video musiknya pada hari yang sama dengan peluncuran album tersebut. Mereka juga mengadakan tur konser mereka bertajuk “Winter” dari 22 November sampai akhir 2014 di Seoul, Incheon, Daegu, Busan, Kwangju, Changwon, Seongnam, dan Suwon.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 2 =