Profil & Biografi Paul Bettany

Loading...

Paul Bettany adalah seorang aktor asal Inggris yang terkenal karena peran suaranya sebagai J.A.R.V.I.S. dan Vision in the Marvel Cinematic Universe, khususnya di film series Iron Man, The Avengers (2012), Avengers: Age of Ultron (2015) dan Captain America: Civil War (2016), yang mana dia mendapat pujian kritis berkat aktingnya. Selain bermain dalam film besutan Marvel, Paul juga banyak memerankan film populer lainnya. Apa sajakah itu? Mari kita simak selengkapnya di profil Paul Bettany di artikel ini.

Created with The GIMP

Kehidupan Pribadi
Paul Bettany lahir di Shepherd’sBush, London barat, pada tanggal 27 Mei 1971 dan anak dari Anne, seorang penyanyi panggung, guru teater, dan manajer panggung, dan Thane Bettany, seorang penari, aktor, dan guru drama. Awalnya, Bettany dibesarkan Katolik Roma, namun pada akhirnya ia memutuskan untuk menjadi seorang ateis.

Ketika Bettany berumur 16 tahun, saudaranya Matthew meninggal pada usia 8 tahun setelah kejatuhan beton dari atap paviliun tenis di Queenswood. Setelah itu, ia putus sekolah, meninggalkan rumah, dan pergi untuk hidup sendiri sebagai performer jalanan di London. Dia tinggal di sebuah flat kecil dan mendapatkan uang dengan memainkan gitarnya di jalanan sebagai busker. Setelah dua tahun, dia menemukan pekerjaan baru di kampung halamannya. Setelah bekerja di sana selama setahun, Bettany mendaftar di Drama Center di London.

Biografi Paul Bettany 2

Pada tanggal 1 Januari 2003, Paul Bettany menikahi aktris Amerika, Jennifer Connelly, di Skotlandia. Mereka bertemu saat membintangi film bersama dalam “A Beautiful Mind”. Mereka tidak menjadi pasangan sampai beberapa saat setelah film tersebut, karena keduanya berada dalam hubungan lain selama pembuatan film. Pasangan itu lalu memiliki dua anak yaitu anak laki-laki dan seorang anak perempuan.

Perjalanan Karir
Pada tahun 1990 atau saat Paul Bettany berumur 19 tahun, ia memulai kursus tiga tahun di Drama Center London di Chalk Farm. Dia membuat debut panggungnya dalam kebangkitan West End Inspiratif dari “An Inspector” di Teater Aldwych, memainkan peran Eric Birling. Dia juga muncul dalam produksi Royal Shakespeare Company di “Richard III”, “Romeo and Juliet”, dan “Julius Caesar”.

Setelah tampil di final seri Sean Bean “Sharpe” sebagai HRH Pangeran Orange pada Pertempuran Waterloo, dia membuat debut filmnya dengan sebagian kecil dalam film “Bent”, sebuah drama Holocaust yang juga menampilkan Clive Owen, Jude Law, dan Ian McKellen. Dia memfilmkan beberapa film lagi, termasuk peran pertamanya di “Gangster No. 1”.

Biografi Paul Bettany 3

Kembali ke Hollywood, penulis dan sutradara Brian Helgeland sedang merencanakan sebuah film baru berjudul The Sin Eater (juga dikenal sebagai The Order). Dia terkesan dengan rekaman audisi Bettany, meski Helgeland akhirnya memutuskan untuk membuat film “A Knight’s Tale”. Film ini menjadi produksi besar Hollywood pertama dirinya, bahkan ia menerima pujian kritis untuk perannya, termasuk memenangkan London Film Critics Circle Award untuk Best British Supporting Actor.

Pada tanggal 28 Juni 2004, Paul Bettany dan termasuk 13 aktor lainnya diundang untuk bergabung dalam Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Di bulan September tahun itu, ia membuat debut terdepan di “Wimbledon”, sebuah film komedi romantis bersama Kirsten Dunst. Ia lalu dikenalkan pada Jon Favreau, yang kemudian mendapatkan bagian sebagai suara J.A.R.V.I.S. di film “Iron Man”.

Pria tampan ini mengulang kembali peran suaranya sebagai J.A.R.V.I.S. di tahun 2010 dalam “Iron Man 2”, “The Avengers” (2012), dan “Iron Man 3” (2013). Setahun kemudian, Paul Bettany bersama Johnny Depp dan sesama aktor Inggris Rebecca Hall membintangi film layar lebar berjudul berjudul “Transcendence”. Dia sekali lagi dipasangkan dengan Depp di “Mortdecai”, sebuah film yang juga dibintangi oleh Gwyneth Paltrow dan Ewan McGregor. Paul kemudian memerankan sebagai Vision di film “Avengers: Age of Ultron”, dan reprised peran suaranya sebagai J.A.R.V.I.S. lagi di film yang sama.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − five =