Profil & Biografi Park Jin-young

Loading...

Park Jin-young, lebih dikenal dengan nama panggungnya J. Y. Park atau JYP, adalah penyanyi dan penulis lagu asal Korea Selatan, yang merangkup sebagai rapper, produser rekaman, juri reality show dan eksekutif rekaman. Dimulai sebagai penyanyi, ia kemudian aktif tampil dibalik layar sebagai produser rekaman dan akhirnya menjadi eksekutif rekaman. Dia adalah pendiri dan CEO utama perusahaan hiburan, JYP Entertainment, dimana tempat girlband TWICE bernaung.

Biografi Park Jin-young 1

Kehidupan Pribadi
Park lahir di Seoul pada tanggal 13 Desember 1971. Dia lulus dari Sekolah Tinggi Baemyung dan meraih gelar sarjana geologi dari Universitas Yonsei. Pada tahun 1999, Park Jin-young menikah dengan Seo Yoon-jeong. Di bulan Maret 2009, pasangan tersebut mengumumkan perceraian mereka. Beberapa tahun berselang, dia menikahi wanita yang tidak disebutkan namanya yang berusia 9 tahun lebih muda darinya.

Perjalanan Karir
Pada tahun 1992, Park Jin-young memulai debutnya sebagai sebuah grup yang disebut ‘Park Jin-Young and the New Generation’, namun nasib grup ini bernasib buruk. Pada tahun 1994, ia memulai debutnya sebagai penyanyi solo dengan album Blue City menampilkan lagu “Do not Leave Me”, dan ternyata penampilan solonya berujung sukses.

Biografi Park Jin-young 2

Park Jin-young telah merilis banyak album. Setelah album Blue City, album keduanya “Tantara” dirilis pada tahun 1995. Album ketiganya “Summer Jingle Bell” diluncurkan pada tahun 1997 dan menampilkan lagu hit “She Was Pretty”. Album keempatnya “Even After 10 Years” (1998) menampilkan lagu “Honey”, album keenamnya “Game” (2001) menampilkan lagu “Swing Baby”, dan album ketujuh “Back To Stage” (2007) menampilkan lagu “Kiss”.

Pada bulan Mei 2008, Park Jin-young berkolaborasi dengan Jackie Chan untuk membentuk Proyek “I Love Asia”, yang didorong oleh tragedi gempa bumi di China. Ia menghasilkan lagu ‘Smile Again’, bersama dengan Jackie Chan dan sutradara Korea Kang Je-gyu untuk mengumpulkan dana bantuan di Sichuan. Lagu tersebut menampilkan berbagai bintang Korea, termasuk berbagai aktor dan penyanyi, juga selebritis model Kim Yuna. Video musik tersebut dirilis di saluran YouTube JYP Entertainment pada tanggal 30 Juni.

Biografi Park Jin-young 3

Pada tanggal 3 Desember 2009, Park Jin-young merilis singlenya, “No Love No More”. Ia lalu berkolaborasi dengan Ga Gaun Brown Eyed Girls, merilis lagu duet berjudul “Someone Else.” Lagu ini dipetakan di nomor dua di Gaon Digital Chart dan terjual lebih dari 1 juta eksemplar. Ini adalah lagu pertama Park Jin-young yang dirilis sekitar dua tahun. Park Jin-young menindaklanjuti kesuksesan single “Someone Else” dengan merilis single berjudul “You’re the One” pada tanggal 28 April 2012. Lagu ini dipetakan di nomor tiga dan terjual lebih dari 1,5 juta kopi.

Pada tahun 2013, Park Jin-young merilis sebuah album berjudul “White in Snow”. Sambil mempertahankan statusnya sebagai artis yang sukses, ia juga telah menyusun dan memproduksi lebih dari 31 charting single dan 25 album untuk berbagai karir musik di Korea Selatan. Dia berperan sebagai penulis lagu dan produser dalam rumah untuk sejumlah tindakan labelnya yang paling menonjol termasuk grup k-pop grup G.o.d generasi pertama, penyanyi aktor Rain, boyband 2PM dan mantan grup wanita Wonder Girls.

Tahun lalu, Park Jin-young merilis single berjudul ‘Still Alive’. Selama periode yang sama, ia tampil di Conan O’Brien khusus ‘Conan in Korea’, merekam sebuah lagu dengan Conan O’Brien, Steven Yeun dan Park Ji-min berjudul ‘Fire’, dengan label-Wonder Girls dan TWICE tampil di video musik. Lagu ini dirilis di saluran YouTube Conan O’Brien pada tanggal 9 April.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − 15 =