Profil & Biografi Leonard Kleinrock

Loading...

Bagi Sobat yang sedang menikmati lancarnya berselancar ria di internet, Anda patut berterima kasih kepada Bapak Internet, Leonard Kleinrock. Beliau membuat kontribusi penting dalam beberapa bidang jaringan komputer, terutama untuk sisi teoretis jaringan komputer dan dunia jaringan. Ingin tahu lebih tentang Bapak Internet? Mari simak profil Leonard Kleinrock dimulai dari pendidikannya hingga penghargaan yang diraih.

Biografi Leonard Kleinrock 1

Pendidikan dan Karir
Leonard Kleinrock lahir di New York City pada tanggal 13 Juni 1934 dari keluarga Yahudi, dan lulus dari Bronx High School of Science pada tahun 1951. Ia memperoleh gelar Sarjana Teknik Elektro pada tahun 1957 dari City College of New York , dan gelar master dan doktor (Ph.D.) di bidang teknik elektro dan ilmu komputer dari Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1959 dan 1963. Dia kemudian bergabung dengan fakultas di University of California di Los Angeles (UCLA), dimana dia tinggal sampai sekarang. Selama 1991-1995 ia menjabat sebagai Ketua Departemen Ilmu Komputer di sana.

Prestasi
Karya Leonard Kleinrock yang paling terkenal dan penting adalah karya awalnya pada teori antrian, yang memiliki aplikasi di banyak bidang, di antaranya sebagai latar belakang matematis kunci untuk packet switching, salah satu teknologi dasar Internet. Kontribusi awalnya untuk bidang ini adalah tesis doktoralnya di Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1962, yang diterbitkan dalam bentuk buku pada tahun 1964. Dia kemudian menerbitkan beberapa karya standar tentang subjek ini.

Biografi Leonard Kleinrock 2

Pada tahun 2001, ia menerima Draper Prize “untuk pengembangan Internet”. Namun, kontribusi Kleinrock terhadap packet switching diperdebatkan oleh beberapa orang, termasuk Robert Taylor, Paul Baran dan Donald Davies. Karya teoritisnya pada perutean hierarkis pada akhir 1970an dengan siswa Farouk Kamoun tetap dianggap fenomenal untuk pengoperasian Internet saat ini.

ARPANET
Pesan pertama di ARPANET dikirim oleh pemrogram mahasiswa UCLA, Charley Kline, pukul 10.30 malam, pada tanggal 29 Oktober 1969 dari Boelter Hall 3420, gedung teknik utama sekolah tersebut. Dibimbing oleh Leonard Kleinrock, Kline mentransmisikan dari komputer host SDS Sigma 7 ke komputer host SDS 940 Stanford Research Institute. Teks pesan adalah kata “login”; huruf “l” dan “o” dikirim, tapi sistemnya kemudian crash. Oleh karena itu, pesan pertama secara harfiah dari ARPANET adalah “lo”. Sekitar satu jam kemudian, setelah pulih dari kecelakaan itu, komputer SDS Sigma 7 melakukan “login” penuh. Tautan ARPANET permanen pertama didirikan pada tanggal 21 November 1969, antara IMP di UCLA dan IMP di Stanford Research Institute. Pada tanggal 5 Desember 1969, seluruh jaringan empat node didirikan.

Pada tahun 1988, Leonard Kleinrock adalah ketua kelompok yang mempresentasikan laporan Toward a National Research Network ke Kongres A.S. Laporan ini sangat berpengaruh dan digunakan untuk mengembangkan High Performance Computing Act tahun 1991, yang berpengaruh dalam perkembangan Internet seperti yang diketahui saat ini. Pendanaan dari RUU tersebut digunakan dalam pengembangan web browser 1993 Mosaic, di National Center for Supercomputing Applications (NCSA).

Biografi Leonard Kleinrock 3

Penghargaan
Sampai detik ini, Leonard Kleinrock telah menerima banyak penghargaan profesional. Ia terpilih untuk menerima Medali Ilmiah Sains bergengsi, penghargaan ilmiah tertinggi bangsa, dari Presiden George W Bush di Gedung Putih pada tanggal 29 September 2008. Pada tahun 2010, ia mendapatkan Dan David Prize. Dua tahun kemudian, Leonard Kleinrock dilantik dalam Internet Hall of Fame oleh Society Internet.

Selain itu, ia dilantik menjadi IEEE-Eta Kappa Nu (IEEE-HKN) pada tahun 2011 sebagai Anggota Eminent. Penunjukan Anggota Unggulan adalah kelas keanggotaan tertinggi organisasi dan diberikan pada beberapa orang terpilih yang pencapaian teknis dan kontribusinya yang luar biasa melalui kepemimpinan di bidang teknik listrik dan komputer telah memberi manfaat bagi masyarakat secara signifikan.

Pada bulan September 2014, Leonard Kleinrock dianugerahi ACM SIGMOBILE Outstanding Contribution Award di MobiCom 2014. Leonard Kleinrock juga telah diberi penghargaan BBVA Foundation Frontiers of Knowledge Award 2014 untuk kontribusinya terhadap teori dan perkembangan praktis Internet, menurut kutipan juri.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × three =