Profil & Biografi Linus Torvalds

Loading...

Linus Torvalds adalah seorang insinyur perangkat lunak asal Finlandia-Amerika yang menciptakan dan pengembang utama kernel Linux, yang menjadi kernel untuk sistem operasi seperti sistem operasi Linux, Android, dan Chrome OS. Dia juga menciptakan sistem kontrol revisi terdistribusi Git dan software logging dan planning Subsurface. Dia diberi penghargaan terhormat, bersama dengan Shinya Yamanaka, dengan Hadiah Teknologi Milenium 2012 oleh Akademi Teknologi Finlandia Ia juga merupakan penerima Penghargaan Pioneer Komputer Masyarakat IEEE 2014. Saat ini, ia termasuk salah satu pelopor teknologi seperti Leonard Kleinrock.

Biografi Linus Torvalds 1

Kehidupan Awal
Dengan nama lengkap Linus Benedict Torvalds lahir di Helsinki, Finlandia pada tanggal 28 Desember 1969. Dia adalah anak dari pasangan jurnalis Anna dan Nils Torvalds, dan cucu ahli statistik Leo Törnqvist dan penyair Ole Torvalds. Kedua orang tuanya adalah orang-orang radikal kampus di Universitas Helsinki pada tahun 1960an. Namanya terinspirasi dari Linus Pauling, ahli kimia Amerika pemenang Hadiah Nobel.

Dalam riwayat pendidikannya, Linus Torvalds pernah berkuliah di Universitas Helsinki antara tahun 1988 dan 1996, hingga lulus dengan gelar master dalam ilmu komputer dari kelompok penelitian NODES. Karir akademisnya terganggu di tahun pertamanya belajar ketika dia bergabung dengan brigade Angkatan Darat Finlandia Uusimaa, pada musim panas 1989, memilih program pelatihan perwira 11 bulan untuk memenuhi wajib militer Finlandia.

Biografi Linus Torvalds 2

Ketertarikannya di bidang komputer berawal saat ia membeli buku profesor ilmu komputer dari Andrew Tanenbaum berjudul Operating Systems: Design and Implementation. Pada tahun 1990, dia melanjutkan studinya di universitas, dan belajar UNIX untuk pertama kalinya, dalam bentuk DEC MicroVAX yang menjalankan ULTRIX. Gelar M.Sc. miliknya padatesis itu berjudul Linux: A Portable Operating System.

Perjalanan Karir
Minatnya pada komputer dimulai dengan Commodore VIC-20, pada usia 11 tahun pada tahun 1981, yang awalnya memprogram di BASIC, namun kemudian secara langsung mengakses CPU 6502 dalam kode mesin. Dia tidak menggunakan bahasa assembly. Setelah VIC-20, Linus Torvalds membeli Sinclair QL, yang dimodifikasi secara ekstensif, terutama sistem operasinya. Dia dikenal telah menulis sebuah klon Pac-Man bernama Cool Man. Pada tanggal 5 Januari 1991, ia membeli sebuah tiruan Intel 80386 berbasis IBM PC sebelum menerima salinan MINIX-nya, yang pada gilirannya memungkinkannya untuk mulai mengerjakan Linux.

Biografi Linus Torvalds 3

Prototipe pertama Linux dirilis pada tahun itu (1991). Versi 1.0 dirilis pada tanggal 14 Maret 1994. Linus Torvalds pertama kali bertemu dengan Proyek GNU pada tahun 1991, setelah seorang mahasiswa ilmu komputer berbahasa Swedia lainnya, Lars Wirzenius, membawanya ke University of Technology untuk mendengarkan pidato perangkat lunak bebas dari guru Richard Stallman. Ia lalu menggunakan GNU General Public License versi 2 (GPLv2) milik Stallman untuk kernel Linux-nya.

Setelah kunjungan ke Transmeta pada akhir 1996, Linus Torvalds menerima posisi di perusahaan di California, di mana dia akan bekerja dari bulan Februari 1997 sampai Juni 2003. Dia kemudian pindah ke Lab Pengembangan Sumber Terbuka, yang sejak itu bergabung dengan Free Standards Group menjadi Linux Foundation, di bawah naungan mana dia terus bekerja. Pada bulan Juni 2004, Torvalds dan keluarganya pindah ke Dunthorpe, Oregon, untuk lebih dekat ke markas besar OSDL Beaverton, Oregon.

Pada tahun 1999, Red Hat dan VA Linux, keduanya merupakan pengembang perangkat lunak berbasis Linux, memberikan opsi saham kepada para pemegang saham atas penghargaan atas produknya. Pada tahun yang sama kedua perusahaan go public dan nilai saham Linus Torvalds untuk sementara melonjak menjadi sekitar US $20 juta.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 5 =