Profil & Biografi Mamamoo

Loading...

Mamamoo adalah grup wanita Korea Selatan yang dibentuk oleh Rainbow Bridge World (sebelumnya WA Entertainment) pada tahun 2014. Grup ini secara resmi memulai debutnya pada tanggal 19 Juni 2014 dengan lagu “Mr. Ambiguous”. Debut mereka dianggap oleh beberapa kritikus sebagai salah satu debut K-pop terbaik tahun 2014. Mereka dikenali untuk konsep retro, jazz, dan R&B, juga disebut-sebut selalu menampilkan pertunjukan vokal yang kuat. Berikut ini Profil Mamamoo yang dapat Anda ketahui.

Biografi Mamamoo 1

Perjalanan Karir
Sebelum melakukan debut resmi mereka, Mamamoo berkolaborasi dengan beberapa artis. Kolaborasi pertama mereka bertajuk “Do not Be Happy” bersama Bumkey dirilis pada 8 Januari 2014. Kolaborasi kedua dengan K.Will berjudul “Peppermint Chocolate” yang menampilkan Wheesung dirilis pada tanggal 11 Februari 2014. “Peppermint Chocolate” menempati peringkat 11 di Gaon Digital Chart pada minggu pertama. Di tanggal 30 Mei tahun itu, Mamamoo merilis kolaborasi ketiga dengan duo rap Geeks yang disebut “Hi Hi Ha He Ho”.

Kelompok ini membuat debut resminya pada 19 Juni 2014 dengan single utama “Mr Ambiguous” dari album mini pertama mereka bertajuk “Hello”. Video musik untuk “Mr. Ambiguous” berisi penampilan cameo dari banyak tokoh industri K-pop ternama seperti Jonghyun CNBLUE, Baek Ji-young, Wheesung, Jung Joon-young, Bumkey, K.Will, dan Rhymer Brand New Musik. Album ini berisi tiga kolaborasi yang telah dirilis sebelumnya dan empat lagu baru. Kelompok ini membuat penampilan live pertama mereka pada episode 19 Juni di acara “M! Countdown”. Di bulan Juli, Mamamoo merilis kontribusi soundtrack orisinil pertama mereka berjudul “Love Lane” untuk drama Korea “Marriage, Not Dating”.

Biografi Mamamoo 2

Pada tanggal 21 November 2014, Mamamoo merilis mini-album kedua Piano Man mereka dengan judul lagu dengan nama yang sama. Karya ini memuncak di 41 di chart Digital Gaon. Saat akhir tahun, Mamamoo berada di urutan kesepuluh tertinggi di antara kelompok gadis idola untuk penjualan digital, penjualan album ke-19, dan penjualan keseluruhan 11 berdasarkan rangking akhir tahun Gaon.

Ketika bulan April 2015, Mamamoo merilis “Ahh Oop!”, Single pertama dari mini album ketiga mereka berjudul Pink Funky. “Ahh Oop!” menandai kolaborasi kedua kelompok itu dengan label selebriti Esna, setelah dia ditampilkan di “Gentleman” di mini-album Piano Man kedua mereka. Pada tanggal 13 Juni, kelompok tersebut melakukan perjalanan ke Ulanbaatar, Mongolia, untuk tampil di sebuah acara yang disponsori oleh Kedutaan Besar Korea Selatan dengan Crayon Pop dan K-Much. Acara tersebut merupakan konser peringatan yang diadakan untuk menghormati ulang tahun ke 25 hubungan diplomatik antara Korea Selatan dan Mongolia.

Biografi Mamamoo 3

Pada tanggal 26 Januari 2016, Mamamoo telah merilis single balada R&B, “I Miss You”, dari album full-length pertama merekag” berjudul “Meltin. Lagu lainnya, berjudul “1cm/Taller than You” telah dirilis sebelumnya dengan sebuah video musik. Album penuh dirilis pada 26 Februari, memulai debutnya di nomor 3 di chart Gaon. Judul lagu “You’re the Best ” juga memulai debutnya di nomor tiga namun memuncak di nomor satu minggu berikutnya, menjadi single nomor satu mereka yang pertama.

Pada tanggal 31 Agustus, Mamamoo merilis single “Angel” dan “Dab Dab” sebagai subkelompok yang terdiri dari vokalis (Solar dan Wheein) dan rapper (Moonbyul dan Hwasa). Bulan depannya, Mamamoo merilis single digital follow-up “New York” dan video musik yang menyertainya. Setelah membungkus promosi untuk “New York”, agensi Mamamoo mengumumkan bahwa grup tersebut akan membuat comeback mereka pada tanggal 7 November dengan mini album keempat mereka, Memory. Single utama untuk Memory diumumkan sebagai “Décalcomanie.” Tak lama kemudian, Mamamoo berpartisipasi dalam beberapa penghargaan akhir tahun, sementara juga menampilkan OST berjudul “Love” untuk serial TV populer Goblin, yang dimainkan oleh Gong Yoo dan Kim Go Eun.

Mamamoo mengumumkan perilisan mini album kelima mereka berjudul Purple pada 22 Juni 2017, dengan judul lagu “Yes I Am”. Lagu ini dengan cepat naik ke posisi nomor satu di chart real-time Melon. Setelah satu hari, Mamamoo merekam rekaman pendengar unik 24 jam pertama dengan “Yes I Am” di Melon untuk girl group. Saat tanggal 27 Juni tahun lalu, mereka menerima pertunjukan musik pertama mereka di The Show, diikuti oleh kemenangan di Show Champion, M Countdown, dan Show! Music Core.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − eleven =