Profil & Biografi Douglas Engelbart

Loading...

Siapa itu Douglas Engelbart? Bisa dikatakan Beliau adalah salah satu paling berpengaruh dalam dunia teknologi, selain Bill Gates dan tokoh lainnya. Douglas Engelbart ialah penemu teknologi tetikus atau mouse komputer dan seorang pelopor dalam bidang interaksi antarmuka komputer yang mengembangkan konsep hiperteks. Bayangkan saja bagaimana jadinya masa kini jika Douglas Engelbart tidak menemukan mouse? Yang pasti kita lebih susah mengendalikan komputer. Ingin tahu mengenai Bapak mouse ini? Mari simak Profil Douglas Engelbart berikut ini.

Biografi Douglas Engelbart 1

Kehidupan Pribadi
Douglas Carl Engelbart lahir di Portland, Oregon, pada tanggal 30 Januari 1925, dari pasangan Carl Louis Engelbart dan Gladys Charlotte Amelia Munson Engelbart. Nenek moyangnya keturunan Jerman, Swedia dan Norwegia. Bapak berjasa dibidang teknologi meninggal dunia dengan damai diusianya ke 88 tahun, pada tanggal 2 Juli 2013 di Atherton, California.

Dia adalah anak tengah dari tiga anak, dengan seorang saudara perempuan bernama Dorianne (tiga tahun lebih tua), dan seorang saudara laki-laki David (14 bulan lebih muda). Keluarga tersebut tinggal di Portland, Oregon, pada tahun-tahun awalnya, dan pindah ke daerah pedesaan di sepanjang Johnson Creek saat Douglas berusia 8 tahun. Ayahnya meninggal satu tahun kemudian. Dia juga lulusan dari Sekolah Tinggi Franklin di Portland pada tahun 1942.

Di tengah studi kuliahnya di Oregon State College di Corvallis, menjelang akhir Perang Dunia II, dia ditugaskan ke Angkatan Laut Amerika Serikat, melayani dua tahun sebagai teknisi radar di Filipina. Di sebuah pulau kecil, di sebuah gubuk kecil yang ditinggalinya, dia membaca artikel Vannevar Bush berjudul “As We May Think”, yang sangat menginspirasinya.

Biografi Douglas Engelbart 2

Dia lalu kembali ke Oregon State College dan menyelesaikan gelar sarjana teknik elektro di tahun 1948. Sementara saat di Oregon State College, dia adalah anggota persaudaraan sosial Sigma Phi Epsilon. Dia dipekerjakan oleh National Advisory Committee for Aeronautics di Ames Research Center, di mana dia bekerja di bidang perawatan terowongan angin. Di jam-jam liburnya dia menikmati hiking, camping, dan tarian rakyat. Di sanalah ia bertemu Ballard Fish yang baru saja menyelesaikan pelatihannya untuk menjadi terapis okupasi. Mereka menikah pada tanggal 5 Mei 1951, di Portola State Park. Segera setelah itu, Engelbart meninggalkan Ames untuk mengejar gelar PhD di UC Berkeley.

Karir
Douglas Carl Engelbart adalah seorang insinyur dan penemu asal Amerika, dimana ia juga perintis komputer dan internet di masa awal. Dia terkenal karena karyanya tentang pendirian bidang interaksi manusia-komputer, terutama saat dia di Laboratorium Pusat Penelitian Augmentation di SRI International, yang menghasilkan mouse komputer, dan pengembangan hypertext, komputer network, dan prekursor untuk antarmuka pengguna grafis (GUI). Penemuannya ini ditunjukkan pada The Mother of All Demos pada tahun 1968. Hukum Engelbart, pengamatan bahwa tingkat intrinsik kinerja manusia eksponensial, dinamai menurut namanya.

Pada awal 1950-an, dia memutuskan bahwa alih-alih “memiliki pekerjaan tetap”, seperti posisinya di Ames Research Center, dia akan fokus untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Dia beralasan bahwa karena kompleksitas masalah dunia semakin meningkat, dan bahwa setiap usaha untuk memperbaiki dunia memerlukan koordinasi kelompok orang, cara paling efektif untuk memecahkan masalah adalah dengan meningkatkan kecerdasan manusia dan mengembangkan cara membangun kecerdasan kolektif.

Biografi Douglas Engelbart 3

Dia percaya bahwa komputer, yang pada waktu itu dianggap hanya sebagai alat untuk otomatisasi, akan menjadi alat penting bagi pekerja pengetahuan masa depan untuk memecahkan masalah tersebut. Dia adalah pendukung vokal yang berkomitmen dan tekun dalam pengembangan dan penggunaan komputer, serta jaringan komputer untuk membantu mengatasi masalah dunia yang semakin mendesak dan kompleks. Engelbart memasukkan seperangkat prinsip pengorganisasian di laboratoriumnya, yang disebutnya “bootstrapping”. Keyakinannya adalah bahwa ketika sistem dan sistem alat manusia selaras, sedemikian rupa sehingga para pekerja menghabiskan waktu dalam memperbaiki alat mereka sendiri, sehingga alat semacam itu akan menghasilkan tingkat kemajuan yang meningkat.

Di bawah bimbingan Engelbart, Pusat Penelitian Augmentation dikembangkan, dengan pendanaan terutama dari DARPA, NLS untuk menunjukkan banyak teknologi, yang sebagian besar sekarang banyak digunakan, yang termasuk mouse komputer, layar bitmapped, hypertext, dimana semuanya dipajang di “The Mother of All Demos” pada tahun 1968. Laboratorium dipindahkan dari SRI ke Tymshare pada akhir 1970an, yang diakuisisi oleh McDonnell Douglas pada tahun 1984, dan NLS diubah namanya menjadi Augment. Pada kedua Tymshare dan McDonnell Douglas, Douglas Engelbart dibatasi oleh kurangnya minat pada gagasan dan pendanaannya untuk mengejar mereka, sehingga memutuskan pensiun pada tahun 1986.

Pada tahun 1988, Douglas Engelbart dan putrinya Christina meluncurkan Institut Bootstrap, yang kemudian dikenal sebagai Institut Doug Engelbart untuk mempromosikan visinya, terutama di Stanford University. Upaya ini menghasilkan beberapa pendanaan DARPA untuk memodernisasi antarmuka pengguna Augment. Pada bulan Desember 2000, Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton memberikan Engelbart National Medal of Technology, penghargaan teknologi tertinggi A.S. Pada bulan Desember 2008, Engelbart dihormati oleh SRI pada peringatan 40 tahun “Mother of All Demos”.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × one =