Profil & Biografi Norman Abramson

Loading...

Norman Manuel Abramson, yang lahir pada tanggal 1 April 1932 di Boston, Massachusetts adalah penemu wifi dan LAN yang namanya semakin terkenal karena wifi saat ini banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Bapak wifi yang berjasa ini menyelesaikan pendidikannya di Harvard University tahun 1953 lalu. Ingin tahu lebih banyak mengenai Abramson? Mari simak profil Norman Abramson di artikel kali ini.

Biografi Norman Abramson 1

Setelah tahu biografi Douglas Engelbart yang menciptakan mouse komputer, kali ini kita akan membahas mengenai Norman Abramson. Setelah lulus dari Harvard, ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke UCLA dan berhasil menyelesaikannya pada tahun 1955. Setelah itu, pria yang dikenal sebagai pelajar yang sangat cerdas ini lalu mengambil pendidikan di Universitas Stanford dan berhasil meraih gelar pada tahun 1958. Seluruh proses belajar berhasil dilakukannya dalam waktu yang relatif cepat.

Bukan hanya itu, ada sesuatu yang menarik lagi tentang Norman Abramson yaitu setelah berhasil menyelesaikan proses studinya, ia tidak langsung membuat wifi karena telah membuat namanya dikenal dunia. Norman terlebih dahulu bekerja di sebuah perusahaan yang pada akhirnya memberikannya kesempatan untuk melakukan banyak penelitian berguna untuk membuat penemuannya. Jika Anda pernah menggunakan wifi, tentu sangat menarik untuk mendengarkan beberapa fakta menarik lainnya mengenai Bapak wifi berusia 85 tahun ini.

Bekerja di Perusahaan Pesawat Terbang
Setelah menyelesaikan studinya, Norman Abramson bekerja di sebuah perusahaan pesawat terbang bernama Hughes Aircraft Company sejak tahun 1955. Sebenarnya dia telah tertarik untuk bekerja di perusahaan ini sejak dia masih menjadi mahasiswa di Universitas Stanford.

Biografi Norman Abramson 2

Langkah tersebut kemudian menjadi langkah awal untuk mengejar karirnya yang lebih tinggi. Norman Abramson telah mendapatkan banyak ilmu sejak bekerja untuk perusahaan pesawat terbang ini. Sebenarnya, ia kemudian mendapatkan banyak cara mudah untuk mengenali banyak tokoh hebat yang membantu karirnya.

Membantu Beberapa Tokoh Besar
Setelah bekerja di sebuah perusahaan pesawat terbang, Norman kemudian diberi kesempatan untuk menjadi profesor teknik elektro dan ilmu komputer. Pertama, ia menjadi profesor di Universitas Carolifonia pada tahun 1966. Setelah itu, Norman pun kembali sebagai profesor di University of Berkeley dan menjadi Direktur Aloha System.

Dalam perusahaan Aloha sistem itulah yang membuat Norman akhirnya berhasil membuat jaringan wireless atau wifi. Tapi sebelumnya, dia melakukan penelitian tentang radar dan kemudian menginspirasinya untuk membuat jaringan wifi yang sekarang sudah sangat banyak digunakan.

Biografi Norman Abramson 3

Menemukan Wifi dan Mendapatkan Banyak Penghargaan
Setelah karirnya sebagai direktur Aloha System dimulai, Norman Abramson kemudian memperoleh banyak penghargaan dari berbagai pihak. Pada tahun 1972, ia dianugerahi Penghargaan Keenam untuk Kontribusi Teori Informasi dan Pengkodean. Tidak hanya itu, Norman dianugerahi IEEE Koji Kobayashi Computers and Communications Awards untuk Pengembangan Sistem Aloha pada tahun 1995.

Jaringan nirkabel, yang awalnya hanya sebagai penelitian media, kini telah menjadi salah satu hal paling mendasar yang digunakan di berbagai belahan dunia. Bahkan jaringan wireless, LAN atau wifi kini semakin banyak digunakan baik sebagai sarana untuk memajukan pendidikan sekaligus salah satu cara untuk menemukan informasi secara cepat dan tepat melalui dunia maya.

Salah satu karya yang dibuat oleh Norman Abramson dan berjudul “Komputer dan Jaringan Komunikasi” pada tahun 1973 juga semakin dikenal di dunia dan menjadi salah satu referensi paling dicari di dunia TI. Bagi Anda yang kerap menggunakan jaringan wireless untuk berselancar di dunia maya, tentunya karakter Norman Abramson adalah sosok yang sangat menarik untuk diketahui.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + 11 =