Profil & Biografi Martin Cooper

Loading...

Selain Norman Abramson dan Douglas Engelbart, orang yang paling berpengaruh dalam dunia teknologi lainnya yaitu Martin Cooper. Jika tidak ada Beliau, maka dunia yang kita tempati ini akan sangat susah karena jika ingin kirim-mengirim harus lewat surat terlebih dahulu. Ya, Martin Cooper ialah penemu handphone alias telpon genggam, meskipun saat awal ditemukan, ponsel tidak sekecil dan setipis sekarang. Penasaran kan dengan Bapak handphone? Kalau begitu mari simak profil Martin Cooper di bawah ini.

Martin Cooper, chairman and CEO of ArrayComm, holds a Motorola DynaTAC, a 1973 prototype of the first handheld cellular telephone on Market Street in San Francisco, Wednesday April 2, 2003. 30 years ago the first call was made from a handheld cellular telephone.(AP Photo/Eric Risberg)

Kehidupan Pribadi
Martin Cooper lahir pada tanggal 26 Desember 1928 di Chicago, Illinois, adalah seorang insinyur Amerika yang menjadi pelopor dan visioner di industri komunikasi nirkabel. Dengan sebelas paten di lapangan, ia dikenal sebagai inovator dalam manajemen spektrum radio. Ia lulus dari Illinois Institute of Technology (IIT) pada tahun 1950. Setelah lulus, Martin Cooper terdaftar di United States Navy Reserve dimana dia bertugas sebagai perwira kapal selama Perang Korea. Pada tahun 1957, Cooper melanjutkan meraih gelar masternya dari IIT di bidang teknik elektro dan pada tahun 2004, IIT memberi gelar doktor kehormatan. Dia juga berada di Dewan Pengawas Universitas.

Sementara sedang bekerja di Motorola pada 1970-an, ia menemukan ponsel genggam pertama (berbeda dari telepon seluler) pada tahun 1973 dan memimpin tim yang mengembangkannya dan membawanya ke pasaran pada tahun 1983. Dia dianggap sebagai “bapak dari ponsel” dan juga disebut sebagai orang pertama dalam sejarah yang melakukan panggilan telepon genggam di tempat umum.

Biografi Martin Cooper 2

Perjalanan Karir
Martin Cooper meninggalkan pekerjaan pertamanya di Teletype Corporation di Chicago pada tahun 1954 dan bergabung dengan Motorola, Inc. sebagai insinyur pengembangan senior di kelompok peralatan bergerak. Dia mengembangkan banyak produk termasuk sistem radio genggam portabel pertama, yang diproduksi untuk departemen kepolisian Chicago pada tahun 1967.

Pada awal 1970-an, Martin Cooper memimpin divisi sistem komunikasi Motorola. Di sini, ia membayangkan telepon seluler portabel pertama di tahun 1973 dan memimpin proses 10 tahun demi membawa produk itu ke pasaran. Meski telepon mobil telah digunakan secara terbatas di kota-kota besar A.S. sejak tahun 1930an, namun ia menantang visi sempit industri telepon mobil dan memperjuangkan telepon seluler untuk komunikasi pribadi dan portabel. Martin Cooper tahu bahwa orang membutuhkan kebebasan kapan pun, di manapun melalui telephon. Dia tahu telepon seluler itu harus menjadi telepon pribadi, sesuatu yang akan mewakili seseorang sehingga Anda bisa memberi nomor, bukan ke suatu tempat, bukan ke meja kerja, bukan ke rumah, tapi juga untuk seseorang. Meskipun telah dinyatakan, visi Cooper untuk perangkat genggam terinspirasi oleh Kapten James T. Kirk dengan menggunakan Communicatornya di acara televisi Star Trek, ia kemudian membantahnya, yang menyatakan bahwa ilhamnya sebenarnya adalah Dick Tracy.

Manajemen puncak di Motorola mendukung konsep ponsel Cooper, dengan menginvestasikan $100 juta antara tahun 1973 dan 1993 sebelum pendapatan pun direalisasikan. Ia mengumpulkan tim yang merancang dan mengumpulkan produk yang belum pernah dibangun, sebuah tugas yang mereka capai dalam waktu kurang dari 90 hari. Handset asli itu, yang disebut DynaTAC 8000x (DYNamic Adaptive Total Area Coverage) beratnya 2,5 pound (1,1 kg), berukuran panjang 10 inci (25 cm) dan dijuluki “bata” atau “sepatu”. Bagian DynaTAC yang sangat besar adalah baterai yang beratnya empat sampai lima kali lipat daripada ponsel modern masa kini. Telepon ini pun hanya memiliki 20 menit waktu bicara sebelum memerlukan pengisian ulang 10 jam tapi menurut Cooper, “Masa pakai baterai tidak benar-benar menjadi masalah karena Anda tidak dapat menahan gagang telepon selama itu!”. Pada tahun 1983 dan setelah empat iterasi, telepon itu dikurangi menjadi setengah dari berat aslinya.

Biografi Martin Cooper 3

Martin Cooper adalah penemu utama yang dinamai “sistem telepon radio” yang diajukan pada tanggal 17 Oktober 1973 dengan Kantor Paten A.S. dan kemudian diterbitkan sebagai Paten A.S. 3.906.166. John Francis Mitchell, Kepala Produk Komunikasi Portable Motorola (dan Manajer dan Mentor Cooper) dan para insinyur yang bekerja untuk Cooper dan Mitchell juga diberi nama berdasarkan hak paten.

Pada tanggal 3 April 1973 Cooper dan Mitchell mendemonstrasikan dua telepon yang berfungsi untuk media dan orang-orang yang lewat sebelum mengikuti konferensi pers yang dijadwalkan di New York Hilton di tengah kota Manhattan. Dikenalkan di Sixth avenue di dekat Hilton, Cooper melakukan panggilan telepon genggam pertama di depan umum dari prototipenya DynaTAC. Panggilan tersebut menghubungkannya dengan stasiun pangkalan Motorola yang dipasang di atap Rumah Burlington (sekarang Gedung AllianceBernstein) dan masuk ke sistem telepon garis darat AT&T.

Wartawan dan penonton menyaksikan Martin Cooper memanggil nomor pesaing utamanya Dr. Joel S. Engel di ATT. “Joel, ini Marty, saya memanggil Anda dari telepon seluler, telepon genggam portabel yang sebenarnya.” Demonstrasi publik tersebut mendatangkan DynaTAC pada sampul majalah Popular Science bulan Juli 1973.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 1 =