Profil & Biografi Tim Berners-Lee

Loading...

Sir Timothy John Berners-Lee OM KBE FRS FREng FRSA FBCS, juga dikenal sebagai TimBL, adalah seorang insinyur Inggris dan ilmuwan komputer, yang paling dikenal sebagai penemu World Wide Web (WWW). Dia saat ini adalah Profesor Ilmu Komputer di Universitas Oxford. Dia membuat sebuah proposal untuk sistem manajemen informasi pada bulan Maret 1989, dan dia menerapkan komunikasi pertama yang sukses antara klien dan server Hypertext Transfer Protocol (HTTP) via internet pada pertengahan November tahun yang sama. Jadi tidak heran jika Tim Berners-Lee termasuk orang paling berpengaruh di dunia teknologi, di samping Douglas Engelbart, Martin Cooper, dan lainnya. Adapun profil Tim Berners-Lee bisa Anda lihat di bawah ini.

Biografi Tim Berners-Lee 1

Kehidupan awal dan pendidikan
Tim Berners-Lee lahir di London, Inggris, pada tanggal 8 Juni 1955, dan merupakan satu dari empat anak yang lahir dari Mary Lee Woods dan Conway Berners-Lee. Orang tuanya bekerja di komputer komersial pertama yang dibangun, Ferranti Mark 1. Dia pernah bersekolah di Sheen Mount Primary School, dan kemudian melanjutkan ke sekolah Emanuel selatan barat London dari tahun 1969 sampai 1973, yang menjadi sekolah independen pada tahun 1975. Sebagai seorang trainer yang antusias saat kecil, ia belajar tentang elektronik dari bermain-main dengan model kereta api model. Ia lalu belajar di The Queen’s College, Oxford, dari tahun 1973 sampai 1976, dimana ia menerima gelar sarjana seni kelas satu di bidang fisika.

Perjalanan Karir
Setelah lulus kuliah, Tim Berners-Lee bekerja sebagai insinyur di perusahaan telekomunikasi Plessey di Poole, Dorset. Pada tahun 1978, ia bergabung dengan D. G. Nash di Ferndown, Dorset, di mana ia membantu membuat perangkat lunak pengaturan tipe untuk printer.

Biografi Tim Berners-Lee 2

Kemudian, Tim bekerja sebagai kontraktor independen di CERN dari bulan Juni sampai Desember 1980. Sementara di Jenewa, dia mengusulkan sebuah proyek berdasarkan konsep hypertext, untuk memfasilitasi berbagi dan memperbarui informasi di antara para periset. Untuk mendemonstrasikannya, ia membangun sebuah sistem prototipe bernama ENQUIRE.

Setelah meninggalkan CERN pada akhir 1980, dia bekerja di Image System Systems milik John Poole, Ltd, di Bournemouth, Dorset. Dia menjalankan tim teknis perusahaan selama tiga tahun. Proyek yang ia kerjakan adalah “real-time remote procedure call” yang memberinya pengalaman dalam jaringan komputer. Pada tahun 1984, ia kembali ke CERN.

Biografi Tim Berners-Lee 3

Tim Berners-Lee menulis proposalnya pada bulan Maret 1989 dan, pada tahun 1990, mendistribusikannya kembali. Kemudian diterima oleh manajernya, Mike Sendall. Dia menggunakan ide serupa pada sistem ENQUIRE yang menciptakan World Wide Web, yang dengannya dia merancang dan membangun browser Web pertama. Perangkat lunaknya juga berfungsi sebagai editor (disebut WorldWideWeb, berjalan pada sistem operasi NeXTSTEP), dan server Web pertama, CERN HTTPd (singkatan dari Hypertext Transfer Protocol daemon). Situs web pertama dibangun di CERN. Meskipun ini merupakan organisasi internasional yang diselenggarakan oleh Swiss, kantor yang digunakan Berners-Lee berada tepat di seberang perbatasan di Prancis.

Pada tahun 1994, Tim Berners-Lee mendirikan W3C di Massachusetts Institute of Technology. Perusahaan ini terdiri dari berbagai perusahaan yang bersedia membuat standar dan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas Web. Berners-Lee membuat idenya tersedia secara bebas, tanpa hak paten dan tanpa royalti. Konsorsium World Wide Web memutuskan bahwa standarnya harus didasarkan pada teknologi bebas royalti, sehingga mudah dikenali oleh siapa pun.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 1 =