Profil & Biografi Lin Shaye

Loading...

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan film horor yang mencekam berjudul Insidious. Ya, film ini bahkan termasuk film terlaris di tahun perilisannya, dimana sudah empat seri yang ditayangkan sejak tahun 2010 hingga 2018 ini. Dalam film Insidious, pastinya akan terasa kurang tanpa kehadiran Lin Shaye, yang memainkan peran Elise Rainier. Penasaran bukan dengan sosok ibu yang dijuluki “Scream Queen” ini? Kalau begitu, mari simak profil Lin Shaye berikut ini.

Biografi Lin Shaye 1

Kehidupan Pribadi
Linda “Lin” Shaye yang lahir pada tanggal 12 Oktober 1943 di Detroit, Michigan ini adalah seorang aktris teater, film, dan televisi asal Amerika. Dia dianggap sebagai scream queen karena perannya di berbagai film waralaba horor termasuk “A Nightmare on Elm Street”, “Critters”, “Insidious”, “Dead End”, “2001 Maniacs” dan sekuelnya “2001 Maniacs: Field of Screams”, “Alone in the Dark”, “Amityville: A New Generation”, “Tales of Halloween”,“Ouija”, dan prekuelnya “Ouija: Origin of Evil”. Namun, Lin Shaye juga pernah berperan dalam film komedi garapan Farrelly brothers, termasuk “Dumb and Dumber”, “Kingpin”, dan “There’s Something About Mary” yang diperankan oleh Cameron Diaz.

Lin Shaye merupakan seorang putri dari Dorothy, seorang ibu rumah tangga, dan Max Mendle Shaye, seorang pelukis dan pemilik supermarket. Kakaknya adalah eksekutif film bernama Robert Shaye. Keluarganya adalah Yahudi, dimana ibunya lahir di Rusia, dan kakek dari pihak ayah berasal dari Rumania. Ia belajar akting di University of Michigan sebelum pindah ke New York untuk tampil di produksi Off Broadway. Pada tahun 1977, dia pindah ke Los Angeles untuk melanjutkan karir aktingnya.

Dalam kehidupan asmaranya, Lin Shaye telah menikah sebanyak dua kali. Suaminya yang pertama meninggal pada tahun 1968. Pada tahun 1988, dia menikahi aktor Clayton Landey, yang dengannya dia tampil di “Wish You Were Dead” tahun 2002. Pasangan itu memiliki satu anak sebelum bercerai pada tahun 2003.

Biografi Lin Shaye 2

Perjalanan Karir
Pada tahun 1975, Lin Shaye membuat debut filmnya dengan peran kecil di “Hester Street”, diikuti oleh peran kecil di beberapa film dan acara televisi. Pada tahun 1978, ia muncul di film garapan Jack Nicholson, berjudul “Goin’ South”. Dari tahun 1980 sampai 1996, ia telah muncul dalam empat film oleh sutradara Walter Hill yaitu“The Long Riders”, “Brewster’s Millions”, “Extreme Prejudice” dan “Last Man Standing”. Pada tahun 1984, Lin Shaye berperan sebagai guru di “A Nightmare on Elm Street”. Film ini didistribusikan oleh New Line Cinema, perusahaan yang didirikan oleh aktris ‘kakak laki-laki Robert Shaye. Dia telah mengakui bahwa koneksi keluarga membantu sedikit dalam karirnya.

Pada tahun 1994, dia memiliki peran komedian Miss Nuegeboren di ‘’Dumb and Dumber” oleh Farrelly Brothers. Film ini dirilis pada tanggal 16 Desember 1994. Meskipun mendapat banyak ulasan dari para kritikus, ini merupakan kesuksesan komersial dan mengembangkan sebuah kultus setelah tahun-tahun sejak diluncurkan. Farrelly kemudian menunjuknya untuk bermain di “Kingpin”. Belakangan itu, lagi-lagi Farelly memberinya peran sebagai karakter komedian dalam film hit tahun 1998,“There’s Something About Mary”. Untuk penampilannya, Shaye dinominasikan oleh Blockbuster Entertainment Award untuk Favorite Supporting Actress-Comedy.

Pada tahun 2003, Lin Shaye tampil bersama Cuba Gooding Jr. dan Horatio Sanz dalam Boat Trip sebagai Sonya, pelatih penyamaran horny yang mulai menguntit karakter Sanz. Pada tahun yang sama ia bersama-sama dengan Ray Wise dan Alexandra Holden dalam film horor kultus Dead End sebagai Laura Harrington, dan sebagai Jenny Buono, ibu dari pembunuh serial tahun 1970-an Los Angeles Angelo Buono di The Hillside Strangler. Untuk perannya di Dead End, Shaye mendapat ulasan positif dan dinominasikan untuk Fangoria Chainsaw Award untuk Best Supporting Actress.

Biografi Lin Shaye 3

Pada tahun 2005, Lin Shayetampil di film “2001 Maniacs” sebagai Granny Boone dan mengulangi perannya di sekuel “2001 Maniacs: Field of Screams”. Tahun berikutnya ia memiliki peran pendukung dalam thriller “Snakes on a Plane”, berperan sebagai Grace, pramugari senior yang bertindak sebagai purser penerbangan.

Meloncat ke tahun 2011, ia memainkan peran Elise, dalam film horor Insidious. Film ini dirilis pada tanggal 1 April 2011, dan banyak menerima ulasan positif. Bahkan, film garapan James Wan itu menghasilkan total $97.009.150 di seluruh dunia, menjadikan film paling menguntungkan tahun 2011. Lin Shaye juga mendapat ulasan positif dan dinominasikan untuk Fangoria Chainsaw Award untuk Best Supporting Actress, Fright Meter Award untuk Best Supporting Actress, dan Saturn Award untuk Aktris Pendukung Terbaik.

Pada tanggal 19 November 2012, secara resmi diumumkan bahwa Shaye, Patrick Wilson, dan Rose Byrne akan menampilkan kembali peran mereka dari film pertama. Film ini dirilis 13 September 2013. Mengulangi kesuksesannya, film Insidious kedua itu mendapat ulasan yang beragam dan merupakan kesuksesan box office.

Shaye kembali sebagai Elise, kali ini dalam peran utama, di angsuran ketiga dan keempat dari franchise Insidious, “Insidious: Chapter 3” dan “Insidious: The Last Key”. Sekuel ketiga mendapat tanggapan beragam dari para kritikus, dan penampilan Shaye diterima dengan baik oleh kritikus dan penonton.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six − 2 =