Profil & Biografi Engin Akyürek

Loading...

Engin Akyürek adalah seorang aktor dan jurnalis dari Turki. Aktor ini memiliki postur tubuh yang sangat profesional, dengan paras yang tampan serta menawan, yang dapat memikat segala fans yang melihatnya. Dan Engin Akyürek disebut sebagai aktor pria yang dianggap punya wajah tampan yang tidak kalah tampan dengan aktor Hollywood Chris Evans. Engin Akyürek pun sudah tidak asing lagi di Indonesia apalagi untuk Anda yang pernah menonton serial Cinta Elif dan Fatmagul. Sosok Engin Akyurek yang memerankan karakter Kerem ini pun mulai dikenal di kalangan penikmat serial Turki di Indonesia. Berikut ini profil Engin Akyürek yang bisa Anda ketahui.

Biografi Engin Akyürek 1

Kehidupan Pribadi
Engin Akyürek lahir di Ankara, Turki pada tanggal 12 Oktober 1981. Engin pun dibesarkan oleh kedua orang tuanya di Turki. Ayahnya adalah pejabat pemerintah dan ibunya adalah ibu rumah tangga. Dia memiliki adik laki-laki.

Karir
Setelah Akyürek lulus dari Universitas Ankara pada tahun 2002, dimana dia belajar di jurusan sejarah. Pada tahun 2004, dua tahun setelah lulus dari universitas, Engin Akyürek ambil bagian dalam kompetisi TV “Turkiye’nin Yildizlari” (Turki’s Star). Juara pertamanya di kompetisi ini memberinya peran pendukung dalam serial TV, Yabanci Damat (2004-2007), diproduksi oleh Yagmur Taylan dan Durul Taylan. Hingga kini aktor pria ini telah membintangi dua film dan lima sinetron televisi.

Biografi Engin Akyürek 2

Ia juara pertamanya di kompetisi ini memberinya peran pendukung dalam serial TV, Yabanci Damat (2004-2007), diproduksi oleh Yagmur Taylan dan Durul Taylan. Penampilannya saat Kadir Sadıkoglu berhasil mendapat pujian kritis dan menghasilkan debut film pertamanya di Kader Zeki Demirkubuz (2006). Untuk penggambaran Cevat dalam film ini, Engin Akyürek menerima penghargaan “Most Promising Actor” untuk kedua Turkish Cinema Awards dan untuk Penghargaan CASOD (Cagdas Sinema Oyuncuları Dernegi) pada tahun 2006. Pada tahun 2007, Engin Akyürek bertindak dalam produksi Inanoglu Turker asli “Romantika Muzikali,” yang disutradarai oleh Sakir Gurzumar, dimana dia memainkan peran utama Ceto, orang lingkungan yang pemberani.

Biografi Engin Akyürek 3

Dia pun memainkan peran romantis pria, Kerim Ilgaz, di Fatmagul’un Sucu Ne? (2010-2012), serial TV tentang masalah sosial seputar korban pemerkosaan. Skenario asli Fatmagul’un Sucu Ne? oleh Vedat Turkali, ditulis oleh Ece Yorenc dan Melek Gencoglu untuk Drama TV dan diproduksi oleh Kerem Catay. Ia memainkan karakter bernama Tekin dalam film berjudul Bi Küçük Eylül Meselesi yang ditulis dan disutradarai oleh Kerem Deren. Film ini berlangsung di Bozcaada (2014). Dia kembali ke layar TV dengan karakter Omer di serial Kara Para Aşk TV pada tahun 2014 dimana dia memenangkan aktor terbaik di Seoul International Drama Awards (2015) dan dinominasikan untuk Penghargaan Emmy Internasional dalam kategori aktor terbaik.

Dia juga adalah salah satu aktor paling terkemuka di Negara Turki dan juga penerima beberapa penghargaan, termasuk International Drama Awards Seoul, tiga Penghargaan Televizyon Dizisi, dan Penghargaan Kristal Fare.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + 19 =