Profil & Biografi Ryan Coogler

Loading...

Ryan Coogler adalah seorang sutradara film Amerika dan penulis skenario. Film pertamanya, Fruitvale Station (2013), memenangkan penghargaan tertinggi dan penghargaan grand jury dalam kompetisi dramatis A.S. pada 2013 di Sundance Film Festival. Sejak itu dirinya telah menulis bersama dan menyutradarai film ketujuh dalam film Rocky, Creed (2015), dan film superhero Marvel Cinematic Universe Black Panther (2018). Karyanya telah mendapat pujian kritis dan kesuksesan komersial. Dia sering berkolaborasi dengan aktor Michael B. Jordan, yang telah tampil di semua film yang disutradarainya. Berikut profil Ryan Coogler yang bisa diketahui.

Biografi Ryan Coogler 1

Kehidupan Pribadi
Ryan Coogler memiliki nama asli Ryan Kyle Coogler, lahir pada tanggal 23 Mei 1986 di Oakland, California. Ibunya, Joselyn (née Thomas), adalah komunitas organizer, dan ayahnya, Ira Coogler, adalah konselor remaja. Kedua orang tuanya lulus dari California State University, Hayward. Dia memiliki dua saudara laki-laki, Nuh dan Keenan.

Coogler tinggal di Oakland, sampai usia delapan tahun, kemudian ia pindah ke Richmond, California. Dia memulai perjalanan kuliahnya di Saint Mary’s College of California, dengan beasiswa sepak bola sebagai penerima ulang tahun yang redshirt pada semester pertamanya yang ingin belajar kimia. Sementara dia berada di sana, profesor bahasa Inggrisnya, Rosemary Graham, mendorongnya untuk berkarir di bidang penulisan naskah. Setelah Saint Mary membatalkan program sepak bolanya pada bulan Maret 2004, dia mendapatkan beasiswa di Sacramento State. Di Sacramento, dia mengambil jurusan keuangan dan mengambil banyak kelas film karena dia bisa menyesuaikan diri dengan kerasnya sepak bola perguruan tinggi. Setelah lulus ia melanjutkan di USC School of Cinematic Arts, dimana ia membuat serangkaian film pendek.

Biografi Ryan Coogler 2

Ryan Coogler telah menikah dengan Zinzi Evans pada tahun 2016. Zinzi Evans merupakan asisten direktur dan produser hebat dan dia telah banyak mengajarkan tentang produksi dan pengarahan. Dia berperan besar menjadi asisten suaminya sendiri berdiri di latar belakang dan tidak banyak yang tahu bahwa dia adalah bagian dari ‘Black Panther’ sampai sekarang.

Karir
Sementara di USC, Coogler menyutradarai empat film pendek, tiga di antaranya menang nominasi untuk berbagai penghargaan: Locks (2009), yang diputar di Tribeca Film Festival dan memenangkan Penghargaan Dana dan Albert Broccoli untuk Penghargaan Filmmaking. Fig (2011), yang dinominasikan untuk Film Pendek Independen oleh Penghargaan Black Reel. The Sculptor (2011), dan Gap (2011), yang memenangkan Jack Nicholson Award untuk pencapaian directingnya, dan memiliki naskah drama yang ditulis oleh Carol S. Lashof.

Biografi Ryan Coogler 3

Pada bulan Juli 2013, dilaporkan bahwa MGM telah menawarkan Coogler untuk mengarahkan Creed, sekuel spin-off film Rocky, yang telah dia tulis dengan Aaron Covington. Creed, yang dirilis pada 25 November 2015 di Amerika Serikat, menyatukan kembali Coogler dengan Michael B. Jordan, yang berperan sebagai putra Apollo Creed, Adonis.

Pada bulan Januari 2016, Coogler menandatangani kontrak untuk turut menulis dan mengarahkan film Marvel Cinematic Universe Black Panther. Film yang dibintangi Chadwick Boseman sebagai karakter tituler, mulai diproduksi pada bulan Januari 2017, dan dirilis pada 2018. Michael B. Jordan tampil sebagai antagonis utama Erik Killmonger. Sutradara Black Panther Ryan Cooler mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya atas sambutan hangat atas film yang dibuatnya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + fourteen =