Profil & Biografi Martin Freeman

Loading...

Penonton setia The Hobbit pastinya kenal dengan si Bilbo Baggins, pria pemberani ini diperankan oleh aktor Inggris bernama Martin Freeman. Martin Freeman pernah berperan sebagai Everett Ross di Captain America: Civil War(2016) yang merupakan film produksi Marvel Cinematic Universe. Dan di tahun 2018 ini dirinya juga tampil dalam film superhero, Black Panther. Untuk lebih jelas berikt profil Martin Freeman yang bisa diketahui.

Biografi Martin Freeman 1

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Martin Freeman
– Keluarga Martin Freeman
– Film yang diperankan oleh Martin Freeman
– Penghargaan yang didapat oleh Martin Freeman

Kehidupan Pribadi
Martin Freeman memiliki nama lengkap Martin John Christopher Freeman yang lahir di Aldershot, Hampshire pada tanggal 8 September 1971. Dirinya merupakan anak bungsu dari lima bersaudara. Orang tuanya bernama Philomena (née Norris) dan Geoffrey Freeman. Freeman berpisah dengan ayahnya sejak masih anak-anak karena ayahnya adalah seorang perwira angkatan laut. Ketika Freeman berusia 10 tahun, ayahnya meninggal karena serangan jantung. Sebelum Freeman kuliah di Brooklands College, ia pernah bersekolah di Salesian School, Chertsey.

Biografi Martin Freeman 2

Dikutip dari IMDb.com, Freeman tinggal di Potters Bar di Hertfordshire bersama pasangannya, Amanda Abbington. Mereka memiliki dua anak bernama Joseph (lahir tahun 2006) dan Grace (lahir tahun 2008). Namun sayang, pada tanggal 22 Desember 2016 Freeman mengumumkan bahwa dia dan Abbington telah berpisah.

Karir
Di Central School of Speech and Drama Freeman telah tampil setidaknya di 18 acara TV, 14 produksi teater, dan tampil di beberapa produksi radio. Dia terkenal karena perannya sebagai Tim Canterbury di The Office. Ia juga tampil di beberapa film, termasuk Ali G Indahouse (2002) dan Love Actually (2003). Dia mulai beralih ke peran dramatis yang lebih serius di televisi dengan penampilannya sebagai Lord Shaftesbury dalam drama sejarah BBC 2003 Charles II: The Power and The Passion. Ia juga terlihat tampil singkat di episode pertama seri kedua This Life.

Biografi Martin Freeman 3

Pada tahun 2007, ia tampil di The All Together yang ditulis dan disutradarai oleh Gavin Claxton, serta produksi teater Bill Kenwright dari The Last Laugh. Dia ditampilkan dalam video untuk cover Faith No More dari “I Started a Joke”. Atas penampilannya dalam peran “A Study in Pink”(2010), ia memenangkan penghargaan BAFTA untuk Best Supporting Actor, 2011 dan Primetime Emmy Award untuk Aktor Pendukung Terbaik di Miniseri atau Film.

Dia memainkan Bilbo Baggins, tokoh utama, dalam serial Peter Jackson tiga bagian seri The Hobbit. Penampilannya di bagian pertama, The Hobbit: An Unexpected Journey, membuatnya mendapatkan penghargaan sebagai Best Hero di 2013 MTV Movie Awards dan Aktor Terbaik di 18th Empire Awards. Dalam film tersebut ia bermain bersama aktor profesional, Andy Serkis yang berperan sebagai Gollum. Dia juga bermain sebagai Everett Ross di Captain America: Civil War, yang dirilis pada bulan Mei 2016.

Pada tahun 2017, Freeman membintangi Cargo, yang ditayangkan perdana di Festival Film Adelaide. Kemudian di tahun yang sama ia muncul di hadapan Tamsin Greig dalam Labor of Love di Noel Coward Theatre.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 2 =