Profil & Biografi Lupita Nyong’o

Loading...

Lupita Nyong’o, wanita berparas manis berkulit hitam yang memiliki nama asli Lupita Amondi Nyong’o ini adalah seorang aktris dan sutradara berkebangsaan Kenya-Meksiko. Dirinya pernah menjadi pengisi suara salah satu peran sebagai Maz Kanata dalam trilogi sekuel Star Wars. Nyong’o juga membintangi peran Nakia dalam film superhero Marvel Cinematic Universe Black Panther di tahun 2018 ini. Berikut profil Lupita Nyong’o yang bisa diketahui.

NEW YORK, NY - JANUARY 09: Actor Lupita Nyong'o attends The National Board Of Review Annual Awards Gala at Cipriani 42nd Street on January 9, 2018 in New York City. (Photo by Dimitrios Kambouris/Getty Images for National Board of Review)

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Lupita Nyong’o
– Silsilah keluarga Lupita Nyong’o
– Debut film yang dibintanginya
– Beberapa penghargaan yang didapatnya

Kehidupan Pribadi
Lupita Nyong’o lahir di Mexico City, Meksiko, pada tanggal 1 Maret 1983. Dirinya adalah putri dari pasangan Dorothy Ogada Buyu dan Dorothy Ogada Buyu. Ayahnya merupakan mantan Menteri Pelayanan Kesehatan di pemerintahan Kenya dan seorang dosen ilmu politik perguruan tinggi di El Colegio de México di Mexico City. Dia adalah keturunan Luo dari keluarganya, dan merupakan anak kedua dari enam bersaudara.

Biografi Lupita Nyong'o 2

Nyong’o lulusan dari St. Mary’s School di Nairobi, di mana dia menerima Diploma IB pada tahun 2001. Kemudian dia pergi ke Amerika Serikat untuk kuliah, lulus dari Hampshire College dengan gelar di bidang studi film dan teater. Dikutip dari Kapanlagi.com, Lupita Nyong’o tergolong wanita middle class yang mahir bicara bahasa Luo, Inggris, Swahili dan Spanyol. Pendidikan tinggi yang ditempuhnya membuatnya menjadi salah satu sosok yang sangat dikagumi di negaranya.

Karir
Nyong’o memulai karirnya sebagai bagian dari kru produksi untuk beberapa film, termasuk Fernando The Meirelles’s The Constant Gardener (2005), Namesake Mira Nair (2006), dan Salvatore Stabile’s Where God Left His Shoes (2007). Pada tahun 2008, Nyong’o membintangi film pendek “East River” yang disutradarai oleh Marc Gray. Dia kembali ke Kenya pada tahun yang sama dan muncul di televisi Kenya serial Shuga, drama MTV Base Africa/UNICEF tentang pencegahan HIV/AIDS.

Pada tahun 2009, dia menulis, mengarahkan, dan memproduksi film dokumenter In My Genes, tentang perlakuan diskriminatif terhadap populasi albino Kenya. Nyong’o juga menyutradarai video musik “The Little Things You Do” oleh Wahu, yang menampilkan Bobi Wine, yang kemudian dinominasikan untuk Best Video Award di MTV Africa Music Awards 2009. Nyong’o mendaratkan peran dalam drama sejarah Steve McQueen 12 Years a Slave (2013).

Biografi Lupita Nyong'o 3

Nyong’o dinominasikan dan memenangkan beberapa penghargaan termasuk Golden Globe Award untuk Aktris Pendukung Terbaik, sebuah penghargaan BAFTA untuk Aktris Terbaik dalam Peran Pendukung, dan dua Screen Actors Guild Awards, termasuk Aktris Pendukung Terbaik. Dia juga dianugerahi Academy Award untuk Aktris Pendukung Terbaik, menjadi aktris kulit hitam keenam untuk memenangkan penghargaan tersebut. Dia adalah aktris Kenya pertama yang memenangkan Oscar, dan orang Meksiko pertama yang memenangkan penghargaan tersebut. Nyong’o mendapatkan peran pendukung dalam aksi-thriller Non-Stop (2014).

Nyong’o ikut membintangi Star Wars: The Force Awakens (2015) bersama Ewan Mcgregor sebagai pengisi suara Maz Kanata, karakter CGI yang dibuat dengan menggunakan teknologi motion capture. Nyong’o dinominasikan untuk Aktris Pendukung Terbaik di Penghargaan Saturnus ke-42 dan Pertunjukan Virtual Terbaik di Bioskop MTV 2016 untuk perannya. Pada tahun 2015 Nyong’o kembali ke panggung dengan peran utama sebagai gadis yang tidak disebutkan namanya dalam drama Eclipsed, yang ditulis oleh Danai Gurira. Nyong’o ikut membintangi Jon Jungle’s Jungle Book (2016).

Nyong’o kembali menerima perannya sebagai Maz Kanata dalam Star Wars Rian Johnson: The Last Jedi (2017). Tahun berikutnya, dia membintangi sebagai mata-mata Nakia, mantan anggota Dora Milaje, sebuah tim wanita yang menjadi kekuatan khusus Wakanda dan pengawal pribadi untuk T’Challa (Chadwick Boseman), dalam film superhero yang disutradarai Ryan Coogler, Black Panther (2018), yang menandai film kedelapan belas di Marvel Cinematic Universe. Dalam film tersebut Nyong’o belajar untuk berbicara bahasa Xhosa, dan berlatih di judo, jujitsu, silat dan bela diri Filipina. Black Panther memperoleh lebih dari $ 1 miliar untuk muncul sebagai film terlaris tahun 2018.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − six =