Profil & Biografi Andrea Dovizioso

Loading...

Pembalap motor profesional asal Italia yang saat ini berkompetisi di kejuaraan dunia MotoGP, untuk tim Ducati, siapa lagi kalau bukan Andrea Dovizioso. Pembalap tampan yang pernah menempati urutan ketiga di kelas MotoGP pada tahun 2011 dan telah menjadi pemenang balapan pada 8 kesempatan. Berikut profil Andrea Dovizioso yang bisa diketahui.

Biografi Andrea Dovizioso 1

Dalam artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Andrea Dovizioso
– Kisah asmara Andrea Dovizioso
– Kejuaaraan yang diikuti Andrea Dovizioso
– Kemenangan yang diraih Andrea Dovizioso

Kehidupan Pribadi
Andrea Dovizioso lahir di Forlimpopoli pada tanggal 23 Maret 1986. Dikutip dari Okezone.com, dirinya telah memiliki anak perempuan bernama Sari dari kekasihnya Denisa. Namun sangat disayangkan mereka berpisah, dan setelah hubungannya berakhir Dovizioso memantapkan diri untuk wanita lain bernama Alessandra Rossi sejak penghujung tahun 2013. Alessandra Rossi merupakan umbrella girl dan juga mantan kekasih pembalap Moto2 asal Australia, Anthony West.

Biografi Andrea Dovizioso 2

Perjalana Karir
Dovizioso pernah memenangkan Aprilia Challenge Italia 125cc pada tahun 2000. Pada tahun 2001 Dovizioso memenangkan Kejuaraan Eropa 125cc dan juga berkompetisi dalam lomba Kejuaraan Dunia pertamanya di Mugello. Pada tahun 2002 Dovizioso berkompetisi di Kejuaraan Dunia 125cc dengan Team Scot Honda, yang menepati urutan 16 dalam klasemen akhir. Hasil terbaiknya adalah dua tempat ke 9 di Le Mans dan Donington. Dia melanjutkan dengan tim pada tahun 2003, setelah menempati posisi kelima di klasemen akhir dan meraih empat podium.

Setelah menempati posisi lima semusim berselang, Dovizioso tampil sebagai juara dunia di tahun 2004 dengan jumlah poin 293 yang dikumpulkannya di akhir musim. Pada tahun 2005 Dovizioso pindah ke 250cc bergabung dengan tim Honda, yang ternyata merupakan keputusan tepat baginya karena nasib baik menaunginya. Dia juga memenangkan penghargaan Rookie of the Year. Dia memenangkan dua balapan di Barcelona dan Estoril dan selesai di podium 11 kali. Dia berjuang untuk kejuaraan sampai balapan terakhir musim ini, tetapi harus puas dengan tempat kedua di belakang Jorge Lorenzo.

Biografi Andrea Dovizioso 3

Pada tanggal 15 September 2007, Dovizioso mengumumkan bahwa dia akan pindah ke kelas MotoGP dengan tim yang sekarang. Pada debut kelas utamanya, Dovizioso meraih posisi keempat yang sangat luar biasa, pada pembuka musim di Qatar, melewati Valentino Rossi di lap terakhir. Sepanjang musim, Dovizioso adalah salah satu pembalap Honda yang paling konsisten, menempati posisi ke-4 dan ke-5 beberapa kali, dan meraih podium ke-3 di MotoGP Malaysia di Sepang. Dovizioso finish di posisi 5 klasemen akhir.

Untuk musim 2009, Dovizioso menjadi pembalap Honda Repsol yang resmi menggantikan Nicky Hayden. Pada bulan Juli 2009, Dovizioso memenangkan balapan pertamanya di MotoGP di Grand Prix Inggris. Dovizioso tetap bersama Honda Repsol untuk musim ketiga berturut-turut di tahun 2011. Dia mengakhiri musim ketiga di belakang Jorge Lorenzo dan Casey Stoner, namun memutuskan untuk pindah ke tim Tech 3 Yamaha untuk musim 2012. Dovizioso meraih posisi lima besar di tiga start pertama untuk Tech 3, dengan tempat kelima di Qatar dan di Jerez, serta tempat keempat di Grand Prix Portugis. Setelah kehilangan poin di Grand Prix Inggris karena kecelakaan, Dovizioso menempati posisi ketiga atau keempat di masing-masing enam balapan berikutnya, dengan empat podium untuk mempertahankan posisi keempat dalam kejuaraan di depan rekan setimnya Crutchlow.

Setelah langkah Valentino Rossi kembali ke tim Yamaha, Dovizioso dipilih oleh Ducati untuk menggantikan Rossi di tim mereka pad tahun 2013. Musim ini dimulai dengan cara yang positif bagi Dovizioso, yang memperoleh tiga dari lima hasil teratas dalam empat balapan pertama, termasuk Juara ketiga di Grand Prix Amerika di Texas. Pada thun 2017, Dovizioso memulai musim dengan finis di posisi kedua di Qatar. Dia menyelesaikan musim kedua, kalah dalam pertarungan kejuaraan dunia dengan Marc Marquez, dengan total 6 kemenangan. Pada tahun 2018, Dovizioso meraih kemenangan di pembukaan musim di Qatar, mengalahkan Marc Marquez.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 5 =