Profil & Biografi Robert Budi Hartono

Loading...

Robert Budi Hartono adalah seorang pengusaha Indonesia. Dia adalah putra kedua dari pendiri perusahaan Djarum Oei Wie Gwan. Total kekayaan Robert pada 2012 yang dicatat oleh Forbes mencapai US $ 6,5 miliar menempatkannya sebagai orang terkaya ke-146 di dunia dan orang terkaya pertama di Indonesia. Berikut Profil Robert Budi Hartono yang bisa diketahui.

biografi robert budi hartono 1

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Robert Budi Hartono
– Kehidupan dan keluarga Robert Budi Hartono
– Aset kekayaan Robert Budi Hartono

Kehidupan Pribadi
Menurut Viva.co.id, Robert Budi Hartono memiliki nama asli Oei Hwie Tjhong lahir di Semarang, 28 April 1940. Robert adalah keturunan Tionghoa-Indonesia. Ia memiliki saudara bernama Michael Bambang Hartono alias Oei Hwie Siang. Robert Budi Hartono menikahi seorang wanita bernama Widowati Hartono atau lebih akrab dengan nama Giok Hartono. Dengannya, pemilik PT Djarum ini akhirnya memiliki tiga putra yang semuanya telah menyelesaikan pendidikan mereka. Mereka adalah Victor Hartono, Martin Hartono, dan Armand Hartono.

Di sisi lain, Robert sangat suka olahraga bulutangkis. Berawal dari hobi, ia kemudian mendirikan PB Djarum pada tahun 1969. Salah satu pemain bulutangkis dari PB Djarum adalah Liem Swie King, yang terkenal dengan nama panggilannya “King Smash”.biografi robert budi hartono 2

Awal Mula Djarum
Berawal dari ayahnya (Oei Wie Gwan) yang membeli usaha kecil di bidang kretek bernama Djarum Gramophon pada tahun 1951 dan kemudian berganti nama menjadi Djarum yang sukses di pasaran. Pada tahun 1963, pabrik Djarum terbakar dan perusahaan berada dalam kondisi yang tidak stabil. Oei meninggal tidak lama setelah kejadian itu, Setelah ayahnya meninggal, Robert dan saudaranya Michael Bambang Hartono, melanjutkan bisnis. Djarum kembali bangkit dan memodernisasi peralatan di pabriknya.

Pada tahun 1972 Djarum mulai mengekspor produk rokoknya ke luar negeri. Tiga tahun kemudian Djarum memasarkan Djarum Filter, merek pertama yang diproduksi menggunakan mesin, diikuti oleh merek Djarum Super yang diperkenalkan pada tahun 1981. Di tangan mereka berdua, Djarum tumbuh menjadi perusahaan raksasa. Djarum saat ini memiliki pangsa pasar yang besar di Amerika Serikat. Di Indonesia, produksi Djarum mencapai 48 miliar batang per tahun atau 20% dari total produksi nasional.

biografi robert budi hartono 3

Pundi-Pundi Kekayaan
Robert memiliki kekayaan 4,2 miliar dollar AS atau sekitar 37,8 triliun rupiah yang akhirnya membuat ia tercatat di majalah Globe Asia pada tahun 2007 sebagai orang terkaya di Indonesia. Selain Djarum, Robert dan Michael adalah pemegang saham terbesar di Bank Central Asia (BCA). Mereka berdua melalui Farindo Holding Ltd. mengendalikan 51% saham di BCA. Tidak hanya itu bahkan dua saudara ini telah memiliki sejumlah aset di area perkebunan kelapa sawit seluas 65.000 hektar di Kalimantan Barat sejak 2008, serta sejumlah properti termasuk pemilik Grand Indonesia dan perusahaan elektronik di bawah bendera Polytron yang telah beroperasi selama lebih dari 30 tahun.

Ventures Global Digital Prima, Global Digital Niaga (Blibli.com), merupakan perusahaan baru yang dibuat mereka. Bahkan mereka telah membeli situs paling populer di Indonesia, Kaskus. Pada tahun 2012 versi forbes, Robert Budi Hartono mendapat predikat orang terkaya di Republik Indonesia. Dia menempati peringkat ke 146 di dunia yang memiliki kekayaan sebesar $ 6,5 miliar. Bahkan di tahun 2018 ini Robert Budi Hartono menempati posisi pertama dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

Meskipun kekayaan dan kesuksesan tersebut, Robert Budi Hartono adalah sosok yang hampir selalu menghindari sorotan publik. Tetapi orang yang baru mengenalnya secara pribadi mungkin terkejut ketika mengetahui betapa umum karakter seorang Budi. Tutur katanya yang halus, nada bicaranya selalu rendah dan santai membuat setiap orang baru yang mengenalnya terkejut dengan pembawaan yang biasa dari seorang Robert Budi Hartono. Dalam kehidupan sehari-hari, ia selalu menunjukkan kelasnya sebagai orang yang berintegritas tanpa harus memamerkan kekayaan dan kekuasaan. Robert Budi Hartono hidup bersahaja di balik predikatnya sebagai orang terkaya di Indonesia, di luar dugaan kita yang memandangnya sebagai sosok miliader.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + 15 =