Profil & Biografi Yaya Toure

Loading...

Yaya Toure merupakan sosok pemain sepak bola asal Pantai Gading yang menempati posisi sebagai gelandang di klub Inggris, Manchester City. Yaya Toure juga merupakan punggawa penting dari tim nasional Pantai Gading. Didukung oleh posturnya, Yaya Toure sulit dihentikan karena memiliki kemampuan mempertahankan bola yang sangat baik. Berikut profil Yaya Toure yang bisa diketahui.

Biografi Yaya Toure 1

Dalam artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Yaya Toure
– Istri Yaya Toure
– Klub-klub yang dibela Yaya Toure

Kehidupan Pribadi
Yaya Toure memiliki nama lengkap Gnégnéri Yaya Touré merupakan saudara dari pemain sepak bola Liverpool, Kolo Toure. Dirinya lahir di Bouaké, Pantai Gading, pada tanggal 13 Mei 1983. Dirinya menikah dengan sosok wanita bernama Gineba Toure dan hidup bahagia bersama. Yaya Toure memiliki perawakan yang tinggi dan besar, tingginya mencapai 1,92 meter membuatnya sering dijuluki sebagai “Colossus” oleh berbagai media. Dia juga diberi julukan “Human Train” atau kereta api manusia karena gaya permainannya yang sering berlari menerobos dari belakang ke area pertahanan musuh.

MANCHESTER, ENGLAND - OCTOBER 14: Yaya Toure of Manchester City during the Premier League match between Manchester City and Stoke City at Etihad Stadium on October 14, 2017 in Manchester, England. (Photo by Alex Livesey/Getty Images)

Perjalanan Karir
Sebelum berada di Manchester City seperti saat ini, Yaya Toure cukup sering berganti klub. ASEC Mimosas merupakan klub bola pertama yang dibelanya atas rekomendasi pelatih pertamanya, Patrick van Reijendam pada tahun 1996. Dari ASEC Mimosas, Yaya Toure menyeberang ke Eropa dan bergabung dengan klub Belgia, Beveren. Pada tahun terakhirnya bersama Beveren, Yaya Toure menjalani uji coba di Arsenal pada tahun 2003. Namun karena keraguan Arsene Wenger dan sulitnya mendapatkan izin kerja, Yaya Toure kemudian beralih ke klub Ukraina, Metalurh Donetsk.

Pada tahun 2005, Yaya Toure pindah ke Monako setelah satu setengah tahun di Ukraina. Menurut Wikipedia.org, Monaco membeli Yaya Toure setelah terpikat dengan permainanannya saat membela Pantai Gading di Piala Dunia 2006. Karena perselisihan dengan pelatih Monaco pada saat itu, László Bölöni, Yaya Toure terbukti menjadi pemain penting bagi Monaco setelah pelatih lamanya digantikan oleh pelatih baru, Laurent Banide. Dia juga membantu Monaco keluar dari ancaman degradasi.

Karena kinerjanya, ia diminati oleh klub-klub besar Eropa. Pada 2007, Yaya Toure memilih bergabung dengan raksasa Catalan, Barcelona. Dia mencetak gol pertamanya untuk Barcelona di Joan Gamper Trophy ketika dia menang 5-0 melawan Inter Milan. Gol resmi pertamanya terjadi pada 2 September 2007 di La Liga melawan Athletico Bilbao. Namun, di musin panas 2010, Barcelona mengumumkan telah mengizinkan Yaya Toure untuk menemukan klub baru pilihannya.

Biografi Yaya Toure 3

Peluang ini segera digunakan oleh Manchester City yang tertarik untuk membangun skuad. Manchester City mengontrak Yaya Toure pada 2 Juli 2010 dengan nilai transfer 24 juta poundsterling dan durasi 5 tahun. Pembelian Yaya Toure didasarkan pada alasan bahwa Yaya Toure adalah bagian dari Barcelona yang telah memenangkan 6 gelar dalam 1 tahun. Musim pertamanya berjalan cukup baik karena meskipun ia belum meraih gelar liga, tetapi Manchester City mampu memenangkan Piala FA setelah mengalahkan Stoke City di final, trofi yang ditunggu oleh para penggemar selama 35 tahun.

Seketika setelah itu Yaya Toure dengan cepat menjadi idola para penggemar The Eastlands. Musim kedua berjalan lebih baik karena selain berhasil membantu Manchester City memenangkan gelar Liga Premier pertama sejak 44 tahun, Yaya Toure juga memenangkan penghargaan individu sebagai Pemain Terbaik Afrika Tahun 2011. Penghargaan yang selama 12 edisi sebelumnya selalu jatuh pada pemain yang menempati posisi sebagai striker. Yaya Toure juga kembali dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika Tahun Ini pada 20 Desember 2012 di Accra, Ghana, meskipun sebenarnya ia gagal untuk mempersembahkan gelar di musim ketiganya, pada 2012-2013.

Yaya Toure memulai musim keempatnya musim 2013/2014 yang baru dengan Manchester City di bawah pelatih baru Manuel Pellegrini. Dia mencetak gol pertamanya musim tersebut dari tendangan bebas melawan Newcastle United dengan hasil akhir 4-0 untuk kemenangan City. Yaya Toure berikrar untuk selalu membela Manchester City. Dia tidak berpikir untuk pergi dari klub ini meskipun pasar transfer musim dingin akan segera dibuka. Sepanjang Premier League 2017-2018, Yaya Toure tidak pernah sekalipun dipercaya Manajernya, Josep Guardiola untuk membela Manchester City sebagai starter.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + four =