Profil & Biografi Didier Drogba

Loading...

Pantai Gading dikenal memiliki pesepak bola handal sebut saja ia Yaya Toure, Kolo Toure, dan tidak boleh ketinggalan satu lagi seorang Didier Drogba. Dia adalah salah satu pemain sepak bola yang bermain sebagai penyerang untuk tim nasional Montreal Impact dan Pantai Gading. Dia termasuk pemain yang mencetak gol terbanyak di Pantai Gading sepanjang masa dan merupakan pencetak gol urutan ke-empat terbanyak Chelsea sepanjang masa.

Didier-Drogba-Chelsea

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Didier Drogba
– Keluarga Didier Drogba
– Prestasi Didier Drogba
– Perjalanan karir Didier Drogba

Kehidupan Pribadi
Nama asli Drogba ialah Didier Yves Drogba Tébily. Dirinya lahir di Abidjan, Pantai Gading, pada tanggal 11 Maret 1978. Drogba memiliki dua saudara kandung yang juga pemain sepak bola bernama Joël dan Freddy Drogba.

Biografi Didier Drogba 2

Ibunya memberinya julukan “Tito”, terinspirasi oleh presiden Josip Broz Tito dari Yugoslavia, yang sangat dia kagumi. Kedua orang tuanya kehilangan pekerjaan mereka dan dia kembali lagi untuk tinggal bersama pamannya. Pada tahun 1991, orang tuanya juga pergi ke Perancis. Drogba menikah dengan Diakité Lalla, yang merupakan seorang wanita Mali yang ia temui di Paris. Dari pernikahan tersebut mereka memiliki tiga orang anak.

Awal Karir
Awal karir seorang Drogba bermain di tingkat junior dan kemudian memulai karir profesionalnya bersama Le Mans. Kemudian dia menandatangani kontrak sebagai pemain profesional ketika dia berumur 21 tahun. Untuk pertama kalinya dia menampilkan skuad Pantai Gading, pada September 2002 setelah ia resmi bergabung dengan tim Ligue 1 Guingamp pada musim 2002-03. Dia mencetak gol pertamanya untuk Pantai Gading pada Februari 2003 dan mencetak 17 gol dari 34 penampilan pertandingan di akhir musim tersebut.

Biografi Didier Drogba 3

Dikutip Merdeka.com, Drogba bergabung dengan Olympique Marseille pada 2003 dengan bayaran £ 3,3 juta. Dia berhasil membawa Marseille ke final Piala UEFA 2004 dan ketiga dalam pencetak gol terbanyak Ligue 1 dengan 19 gol. Drogba bergabung dengan Chelsea seharga £ 24 juta pada tahun 2004, yang akhirnya membuat dia menjadi pemain termahal di Pantai Gading. Dalam musim perdananya, Drogba berhasil membawa Chelsea meraih gelar Liga Premier pertama mereka dan gelar Premier League 2005 dengan mencetak gol di pertandingan terakhir.

Pada tahun 2006, Drogba kembali berhasil membawa Chelsea memenangkan gelar Liga Premier dan menjadi kapten tim nasional Pantai Gading untuk pertama kalinya. Dia menjadi pemain pertama yang mencetak gol untuk Pantai Gading di putaran final Piala Dunia 2006 dan juga terpilih sebagai Pemain Terbaik Afrika 2006. Pada akhir musim 2006-07, Drogba mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak Liga Premier dengan 20 gol. Dia berhasil membawa Chelsea memenangkan Piala Liga Inggris 2007 dan Piala FA 2007 dengan mencetak gol kemenangan di kedua partai terakhir.

Pada tahun 2009, ia berhasil membawa Chelsea ke gelar Piala FA 2009, mencetak gol penyeimbang di final. Selain itu, dia juga mencetak gol dalam kemenangan Chelsea atas Liverpool di Final Piala FA pada 2012. Pada 20 Juni 2012, ia mengumumkan Shanghai Shenhua menjadi klub terbarunya dan akan bergabung dengan tim tersebut mulai Juli 2012. Pada 28 Januari 2013, Drogba menyetujui kesepakatan satu setengah tahun (dengan opsi satu tahun lebih lanjut) dengan Tim Turki di Super Lig, Galatasaray.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − eight =