Profil & Biografi Harrison Ford

Loading...

Seorang aktor sekaligus produser film asal Amerika yang mendapatkan ketenaran di seluruh dunia karena peran utamanya sebagai pilot Han Solo dalam serial film Star Wars dan sebagai karakter arkeolog dalam film Indiana Jones, dirinya adalah Harrison Ford. Dalam Guinness Book of World Records tahun 2001, Ford terdaftar sebagai aktor pria terkaya di dunia.

Biografi Harrison Ford 1

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Harrison Ford
– Keluarga Harrison Ford
– Karir Harrison Ford

Kehidupan Pribadi
Putra dari Christopher Ford dan Dorothy (née Nidelman) lahir di Swedish Covenant Hospital di Chicago, Illinois pada tanggal 13 Juli 1942. Ayahnya adalah orang Irlandia dan ibunya adalah orang Yahudi. Adik laki-laki, Terence, lahir pada tahun 1945. Pada tahun 1960, Ford lulus dari Maine East High School di Park Ridge, Illinois.

Ford memiliki dua anak laki-laki, Benjamin (lahir 1966) dan Willard (lahir 1969), dengan istri pertamanya, Mary Marquardt, yang ia nikahi di tahun 1964 namun mereka memilih perceraian pada tahun 1979. Kemudian ia menikah dengan istri keduanya, seorang penulis skenario bernama Melissa Mathison pada Maret 1983 dan pada Agustus 2001 mereka akhirnya bercerai, dan ia memiliki dua anak lagi, Malcolm dan Georgia (lahir 1990).

Biografi Harrison Ford 2

Dikutip dari CNNIndonesia.com, Ford pernah mengalami kecelakaan pesawat di dekat bandara Santa Monica, Los Angeles. Meskipun tidak mengalami cedera yang berat, membuat sang istri, Calista Flockhart merasa khawatir dan mewanti-wanti Ford untuk berhenti terbang.

Perjalanan Karir
Awal karir Ford pernah memainkan peran kecil dalam banyak serial televisi sepanjang akhir tahun 1960-an dan awal 1970-an, termasuk Gunsmoke, Ironside, The Virginian, The F.B.I., Love, American Style, dan Kung Fu.

Karya Harrison Ford sebelumnya di American Graffiti akhirnya membuatnya mendapatkan peran utama dalam film pertamanya, ketika ia disewa oleh Lucas untuk ikut mendapat peran dalam film Star Wars-nya yang akan datang (1977). Dirinya berperan sebagai pilot Han Solo dalam serial film Star Wars. Disinilah Star Wars menjadi salah satu film paling sukses sepanjang masa dan menjadikan Ford sebagai superstar. Dia melanjutkan untuk membintangi sekuel Star Wars yang sama suksesnya, The Empire Strikes Back (1980) dan Return of the Jedi (1983), serta Star Wars Holiday Special (1978).

Biografi Harrison Ford 3

Status Ford sebagai aktor terkemuka semakin menanjak ketika ia membintangi arkeolog berotot dunia Indiana Jones dalam film Raiders of the Lost Ark (1981), sebuah film kolaborasi antara George Lucas dan Steven Spielberg. Ford kemudian membintangi prekuel Indiana Jones dan Temple of Doom (1984) dan sekuel Indiana Jones and the Last Crusade (1989). Dia kembali ke peran untuk episode 1993 dari serial televisi The Young Indiana Jones Chronicles, dan bahkan kemudian untuk film keempat Indiana Jones dan Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull (2008) .

Pada bulan Juli 2011, Ford membintangi film bersama Daniel Craig dan Olivia Wilde dalam film fiksi ilmiah barat berjudul Cowboys & Aliens. Pada tanggal 26 Februari 2015, Alcon Entertainment mengumumkan Ford akan mengulang kembali perannya sebagai Rick Deckard dalam Blade Runner 2049.

Pada 15 Maret 2016, Walt Disney Studios mengumumkan bahwa Ford dijadwalkan akan muncul di film kelima yang akan dirilis pada Juli 2019. Namun pada 25 April 2017, Walt Disney Studios mengumumkan bahwa film ini akan dirilis pada 10 Juli 2020.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 11 =