Profil & Biografi Franck Ribery

Loading...

Sosok pemain bola profesional asal Perancis yang satu ini memiliki nama lengkap Franck Henry Pierre Ribery atau dalam klub lebih dikenal dengan nama Franck Ribery. Dia adalah mantan pemain tim nasional Perancis yang kini bermain untuk klub Jerman Bayern Munich. Dirinya keturunan Aljazair dan bermain sebagai pemain sayap yang dikenal memiliki kecepatan, energi dan keterampilan yang tepat dalam mengontrol bola.

Biografi Franck Ribery 1

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Franck Ribery
– Kehidupan pribadi Franck Ribery
– Karir Franck Ribery
– Penghargaan Franck Ribery

Kehidupan Pribadi
Ribery dilahirkan pada 7 April 1983 di Boulogne-sur-Mer, Pas-de-Calais dan dibesarkan di lingkungan berpenghasilan rendah di pinggiran kota. Ketika dia berumur dua tahun, dia dan keluarganya terlibat dalam kecelakaan mobil di kota kelahirannya. Ribery menderita luka wajah serius yang membuat wajahnya harus dijahit hingga seratus jahitan dan yang meninggalkan dua bekas luka panjang di sisi kanan wajahnya, dan juga di seluruh pinggir alisnya.

Biografi Franck Ribery 2

Karir
Karir Ribery dimulai pada tahun 1989 sebagai pemain remaja untuk klub kampung halaman lokal Conti Boulogne. Dikutip dari Wikipedia.org, pada tahun 1999, Ribery bergabung dengan Boulogne AS, di mana ia bermain selama dua tahun. Pada tahun 2004, Ribery pindah ke klub Ligue 1 FC Metz selama enam bulan. Kemudian Ribery pindah ke Turki pada Januari 2005 untuk bergabung dengan Galatasaray, di mana ia memenangkan Piala Turki.

Setelah enam bulan di Galatasaray, ia meninggalkan klub dengan cara kontroversial untuk kembali ke Perancis dan bergabung dengan Marseille. Ribery menghabiskan dua musim di klub, membantu Marseille mencapai final Coupe de France di musim-musim ia kembali. Pada tahun 2007, Ribery bergabung dengan klub Jerman, Bayern Munich, dengan biaya klub sebesar € 25 juta. Bersama Bayern, ia telah memenangkan delapan gelar Bundesliga, lima DFB-Pokal, satu Liga Champions UEFA dan satu Piala Dunia Klub FIFA, yang mencakup empat ganda dan satu treble.

Biografi Franck Ribery 3

Wujudnya untuk Bayern di musim 2012 -13 treble klub itu membuatnya dinominasikan bersama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo pada daftar tiga pemain untuk FIFA Ballon d’Or tahun 2013. Sejak bergabung dengan Bayern, ia telah diakui di panggung dunia bola sebagai salah satu pemain Perancis terbaik di generasinya. Salah satu pemain dari tim nasional Perancis, Zinedine Zidane, telah menyebut Ribery sebagai “permata sepakbola Perancis”.

Antara 2006 dan 2014, Ribery mewakili tim nasional sepak bola Perancis sebanyak 81 kali. Ribery telah mewakili bangsanya di dua Piala Dunia FIFA (2006, 2010) dan dua Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA (2008, 2012). Dia membuat debut internasionalnya pada Mei 2006 melawan Meksiko. Pada Piala Dunia 2006, Ribery mencetak gol internasional pertamanya melawan Spanyol dan bermain di pertandingan final melawan Italia.

Secara individu, Ribery menjadi pemenang tiga kali untuk French Player of the Year dan juga telah memenangkan German Footballer of the Year yang membuatnya menjadi pemain bola pertama yang memegang kedua gelar kehormatan. Dia juga dinobatkan sebagai anggota UEFA Team of the Year dan mengumumkan Young Player of the Year di Perancis. Pada 2013, Ribery memenangkan UEFA Best Player di Europe Award. Pada 2013, ia juga menempati peringkat keempat dalam daftar pemain terbaik The Guardian di dunia. Ribery memperpanjang kontraknya dengan Bayern Munich pada tahun berikutnya hingga Juni 2018, pada 27 November 2016.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − three =