Profil & Biografi Seydou Keita

Loading...

Seydou Keita adalah pemain sepak bola asal Mali yang menempati posisi sebagai gelandang tengah maupun gelandang bertahan untuk klub A.S Roma. Keita mewakili Mali sejak usia 18 tahun, tampil di tujuh turnamen Piala Afrika dan memenangkan 102 caps. Seydou Keita menjadi salah satu pemain yang memiliki ketajaman yang apik dalam mengendalikan bola.

Biografi Seydou Keita 1

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Seydou Keita
– Kehidupan Pribadi Seydou Keita
– Karir Seydou Keita

Kehidupan Pribadi
Seydou Keita menjadi putra dari pasangan Diego Keita dan Hawa Doumbia yang terlahir di Bamako, Mali, pada 16 Januari 1980. Keita menikahi Zubaida Johnson, keturunan Cape Verde. Pada 12 Mei 2008 ia menjadi ayah dari seorang putra, Mohammed, yang lahir di Sevilla. Dirinya menjadi sosok pemain muslim terbaik sama seperti Adnan Januzaj yang bermain sebagai pemain sayap untuk klub Manchester United.

Karir
Keita menyelesaikan formasi sepak bolanya di Perancis bersama Olympique de Marseille, bergabung dengan klub pada usia 17 tahun. Ia bermain untuk skuad cadangan selama tiga tahun masa jayanya. Keita membuat debut Ligue 1 untuk L’OM pada 19 September 1999 dalam kemenangan kandang 1-0 melawan Troyes AC, menambahkan tiga pertandingan di UEFA Champions League musim ini. Pada musim panas 2000, dia meninggalkan klub ini.

Biografi Seydou Keita 2

Pada tahun 2001, Keita menandatangani untuk FC Lorient di Ligue 2 saat tim dipromosikan ke tingkat teratas. Pada tahun 2002, Keita bergabung dengan sesama klub liga RC Lens, yang akhirnya menjadi kapten dan mencetak 11 gol terbaik dalam karirnya pada musim 2006-2007. Pada 11 Juli 2007, Keita menandatangani kontrak empat tahun dengan Sevilla FC dengan biaya transfer € 4 juta, ditambah keuntungan modal 10–15% untuk klub jika menjual pemain di atas € 4 juta.

Dia muncul di kedua kaki tahun itu Supercopa de España, kemenangan agregat 6-3 melawan Real Madrid. Keita adalah pilihan pertama untuk Andalusia selama kampanye 2007–2008, membantu tim ke posisi kelima di liga. Pada 3 November 2007 ia mencetak gol dari jarak jauh dalam kemenangan kandang 2-0 juga melawan Real Madrid dan menambahkan tiga dari sembilan pertandingan di Liga Champions, termasuk satu melawan Arsenal dalam sukses tim tuan rumah fase grup 3-1 adalah kekalahan pertama oposisi dari kampanye.

Pada tanggal 26 Mei 2008, Keita menyetujui kontrak empat tahun dengan FC Barcelona yang membayar € 14 juta buy-out klausa (membuat Lens memenuhi syarat untuk menerima € 1.3 juta dari Sevilla). Dia menjadi pemain Mali pertama yang mewakili Catalan, dan klausul rilis barunya ditetapkan sebesar € 90 juta. Keita melakukan debut resminya untuk Barcelona dalam kualifikasi Liga Champions melawan Polandia, Wisła Kraków pada 13 Agustus 2008, kemenangan kandang 4-0.

Biografi Seydou Keita 3

Keita mencetak gol pertamanya untuk tim pada 16 November 2008, dalam kemenangan 2-0 di Recreativo de Huelva. Minggu berikutnya dia menambahkan lagi, dalam imbang 1-1 melawan Getafe CF, dia menyelesaikan musim pertamanya di Camp Nou dengan 46 pertandingan resmi saat Barça memenangkan treble. Dia bermain 20 menit di final Liga Champions, mengambil tempat Thierry Henry dalam kemenangan 2-0 melawan Manchester United.

Pada 25 Oktober 2009, dilansir dari Detik.com, Keita mencetak hat-trick pertamanya, dalam kemenangan kandang 6-1 melawan Real Zaragoza. Dalam kampanye 2010–11 ia membuat lebih banyak penampilan daripada pemain lapangan lainnya dan pada 31 Agustus, ia menandatangani perpanjangan kontrak yang akan menghubungkannya dengan klub hingga 2014. Pada 7 Juli 2012, Keita mengumumkan ia akan meninggalkan Barcelona setelah empat musim, mengajukan klausul dalam kontraknya yang memungkinkan dia untuk meninggalkan klub meskipun ia masih memiliki sisa dua tahun.

Hari berikutnya, dia menandatangani kontrak dua setengah tahun dengan klub Liga Super China, Dalian Aerbin FC, dilaporkan dibayar € 14 juta per tahun. Pada 30 Januari 2014, Keita kembali ke Spanyol setelah menandatangani kontrak dengan Valencia CF, dengan pemain berusia 34 tahun menyetujui kontrak enam bulan dengan opsi untuk satu tahun tambahan.

Pada 5 Juni 2014, Keita menandatangani kontrak satu tahun dengan klub Serie A A.S. Roma. Dia membuat debut resminya di hari pembukaan musim, melawan ACF Fiorentina (kemenangan 2-0), dan mencetak gol pertamanya pada 9 November untuk membantu mengalahkan Torino F.C. 3-0 juga di Stadion Olimpico. Keita menyetujui kontrak satu tahun baru di musim 2015.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 20 =