Profil & Biografi David Fincher

Loading...

David Fincher adalah seorang sutradara kenamaan yang pernah menjadi pengarah film untuk aktris cantik Hollywood, Dakota Johnson. Tidak hanya menjadi sutradara, Fincher juga seorang produser Amerika untuk film, serial televisi, dan video musik. Film The Curious Case of Benjamin Button (2008) dan The Social Network (2010) berhasil membawanya menerima nominasi dalam Academy Award sebagai Sutradara Terbaik.

Biografi David Fincher 1

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil David Fincher
– Keluarga David Fincher
– Karir David Fincher
– Judul film yang disutradarainya
– Penghargaan yang pernah diraihnya

Kehidupan Pribadi
Dirinya terlahir dengan nama lengkap David Andrew Leo God Fincher yang lahir di Denver, Colorado, pada tanggal 28 Agustus 1962. Dirinya putra dari Claire Mae (née Boettcher) dan Howard Kelly “Jack” Fincher. Fincher pindah ke Ashland, Oregon, di sana ia lulus dari Ashland High School. Selama sekolah menengah, ia pernah menyutradarai drama di sekolahnya. Sejak remaja, memang sudah terlihat bakat dan minat mengarahkan film dari sutradara yang berhasil memenangkan nominasi Golden Globe Award untuk Sutradara Terbaik dan Penghargaan BAFTA untuk Best Direction.

Perjalanan Karir
Fincher dipekerjakan di Korty Films sebagai kepala produksi. Dia naik pangkat dan menjadi produser efek visual, mengerjakan animasi Twice Upon a Time (1983). Dia dipekerjakan oleh Industrial Light & Magic (ILM) pada tahun 1983 sebagai asisten juru kamera dan fotografer matte, dan bekerja pada Return of the Jedi (1983) dan Indiana Jones dan Temple of Doom (1984). Pada tahun 1984, ia meninggalkan ILM dan mengarahkan iklan untuk American Cancer Society.

Biografi David Fincher 2

Keberuntungan menyapa Fincher sehingga ia mendapat perhatian para produsen di Los Angeles, dan ia diberi kesempatan untuk mengarahkan dokumenter Rick Springfield 1985 The Beat of the Drum. Ditetapkan pada karier mengarahkan, Fincher turut mendirikan perusahaan produksi video Propaganda Films dan memulai penyutradaraan video musik dan iklan. Seperti Fincher, sudah banyak sutradara sebut saja Antoine Fuqua, Spike Jonze, Alex Proyas, Mark Romanek, Zack Snyder, dan lain-lain yang mengasah bakat mereka di Propaganda Films sebelum pindah ke film layar lebar.

20th Century Fox menyewa Fincher untuk menggantikan Vincent Ward sebagai sutradara film horor fiksi ilmiah Alien 3 (1992). Setelah menyutradarai film, ia mundur kembali ke dunia penyiaran video komersial dan musik, termasuk video di Grammy Award untuk Best Short Form Music Video pemenang lagu “Love Is Strong” karya The Rolling Stones pada tahun 1994.

Biografi David Fincher 3

Dikutip dari CNNIndonesia.com, Fincher senantiasa memberikan ciri khas dalam setiap filmnya, kulkas menjadi benda wajib yang digunakannya untuk menggambarkan si karakter. Sebut saja salah satu filmnya Fight Club, ia menggunakan kulkas kosong demi menggambarkan karakter yang miskin dan tidak pernah makan.

Selain itu, Ia juga dikenal karena telah mengarahkan thriller psikologis Seven (1995), The Game (1997), Panic Room (2002) dan Gone Girl (2014), dan thriller misteri Zodiac (2007) dan The Girl dengan Dragon Tattoo (2011), serta menjadi instrumen dalam penciptaan House of Cards seri Netflix (2013-) dan Mindhunter (2017-). Film-film arahannya seperti Zodiac and The Social Network, menempati peringkat ke-100 Film Terbesar di Hollywood abad ke-21.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 7 =