Profil & Biografi Park Ji-sung

Loading...

Masyarakat Korea Selatan dan Asia pada umumnya tentu saja masih ingat dengan kiprah seorang mantan pemain bola asal Korea, Park Ji-sung. Mantan pemain bola ini dulunya bermain sebagai gelandang dan kini Ji-sung menjadi perwakilan global untuk klub Manchester United. Berikut profil Park Ji-sung yang bisa diketahui.

Biografi Park Ji-sung 1

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Park Ji-sung
– Keluarga Park Ji-sung
– Karir Park Ji-sung
– Julukan Park Ji-sung

Kehidupan Pribadi
Park Ji-sung merupakan putra dari pasangan yang hidup sederhana bernama Park Sung-jong dan Jang Myung-ja. Ia terlahir di Goheng, Jeollanamdo, Korea Selatan, pada tanggal 25 Februari 1981. Dilansir dari KapanLagi.com, pemian bola Korea ini berhasil menaklukan wanita cantik yang sekarang jadi istrinya, Kim Min Ji. Mereka memutuskan untuk menikah pada 27 Juli 2014 dan saat ini mereka berdua berbahagia berkat kehadiran anak perempuannya yang terlahir di London, Inggris dan keluarga kecil mereka telah menetap disana.

Perjalanan Karir
Awal karir Park Ji-sung dipercaya untuk membela negeri Taeguk Warriors untuk tampil di acara Piala Dunia yang memang digelar di negaranya. Bergabung dengan skuat tim Korea, Park Ji-sung bermain di lini tengah dan mampu menunjukkan tekad tinggi untuk meredam gerakan gelandang milik Polandia, Amerika Serikat dan Portugal di babak grup sebelum kemudian mendominasi Grup D dengan koleksi poin terbanyak.

Biografi Park Ji-sung 2

Bertemu dengan Jerman di babak semi final, Park Ji-sung menjadi tulang punggung di lini tengah bersama Yoo Sang-Chul mampu memberikan perlawanan sengit. Meski harus mengubur mimpinya untuk melangkah lebih jauh, tetapi penampilannya yang chic tetap menjadi jejak dan menjadi salah satu kenangan paling fenomenal yang pernah ditunjukkan oleh bangsa Asia. Pada akhir Piala Dunia 2002, Korea Selatan menjadi juara keempat karena takluk dari Turki di perebutan tempat ketiga.

Setelah itu, kemudian ia memulai karyanya di Eropa. Klub pertama yang dipertahankan Park di Benua Biru adalah PSV Eindhoven, yang bermain di Belanda Eredivisie. Meski di musim pertamanya jarang mendapat kesempatan bermain karena sering cedera, tetapi perlahan-lahan ia mulai bisa mengisi peran sentral di klub Belanda. Dan di musim 2003-2004, yang menjadi musim penuh pertamanya, Park Ji-sung membuat 40 penampilan dengan mengemas enam gol di semua kompetisi.

Setelah mencicipi tempat reguler, Park Ji-sung kemudian dikreditkan dalam membawa PSV untuk tampil sebagai yang terbaik di Belanda, di mana mereka memenangkan gelar Eredivisie dan KNVB Beker di musim 2004-2005. Tidak hanya sampai di sana, pengaruhnya di Eindhoven juga dihargai dengan pemilihannya ke Eredivisie Best XI dan KNVB Cup MVP di akhir musim. Berkat kinerja yang baik di tanah Kincir Angin, manajer Manchester United Sir Alex Ferguson tergoda untuk mengontraknya ke Old Trafford.

Pada bulan Juli 2005, resmi menjadi pemain Asia kedua yang pernah berseragam di Setan Merah mengikuti nama Dong Fangzhuo asal China. Di United, Park meraih sukses di level individu dan klub. Tercatat, ia menyumbangkan empat gelar Premier League, tiga gelar Piala Liga, empat gelar FA Community Shield, satu Liga Champions dan Piala Dunia Klub serta FIFA.com Best Asian Player di Eropa pada tahun 2007.

Biografi Park Ji-sung 3

Park Ji-sung bermain untuk klub Manchester United dan mendapat julukan Three Lungs Park atau Park dengan tiga paru-paru. Julukan ini muncul karena dalam permainannya, Park Ji-sung selalu bermain agresif, penuh dedikasi, bergerak di seluruh lapangan dengan kecepatan yang stabil selama pertandingan.

Park Ji-sung mencetak gol-gol penting pada beberapa pertandingan terakhirnya, termasuk ketika pertandingan dengan Arsenal sangat menentukan klasemen di Liga Premier. Dan gol-gol kegawang klub-klub besar seperti AC Milan. Belum lagi cita-citanya yang membawa Manchester United jelang Chelsea di final UEFA Champions League 2011 semakin membuatnya tergila-gila dengan penggemar setan merah tersebut.

Pertandingan Liga Champions 2010-2011 UEFA menetapkan rekor baru untuk Park Ji-sung dan menjadikannya pemain Asia pertama yang memainkan starter di final. Park Ji-sung memutuskan untuk pensiun dari tim nasional Korea Selatan selama event Piala Asia AFC 2011 selesai untuk dapat fokus bermain dengan klubnya, Manchester United.

Park Ji-sung menandatangani kontrak dua tahun pada 9 Juli 2012 untuk bergabung dengan Queens Park Rangers, mengakhiri 27 gol dari 203 penampilan selama 7 musim bersama Manchester United. Sebelum akhirnya ia memilih untuk pensiun pada Mei 2014, Park Ji-sung sempat membela QPR dan kembali ke PSV sebagai pemain pinjaman. Kiprah Park Ji-sung di sepak bola Eropa sangat menginspirasi banyak pemain Asia untuk tidak takut bermain di Eropa.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 2 =