Profil & Biografi Aamir Khan

Loading...

Muhammad Aamir Hussain Khan atau yang lebih kita kenal sebagai Aamir Khan adalah seorang aktor, sutradara dan produser film terkenal India. Pada tahun 2001, aktor yang memiliki wajah tampan dan awet muda ini mendirikan sebuah perusahaan produksi yang dikenal sebagai Aamir Khan Productions dan film Lagaan merupakan film pertama besutannya. Dirinya berhasil membawa banyak penghargaan berkat kerja kerasnya di dunia industry hiburan Bollywood.

Biografi Aamir Khan 1

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Aamir Khan
– Keluarga Aamir Khan
– Karir Aamir Khan
– Penghargaan yang pernah diraih Aamir Khan

Kehidupan Pribadi
Aamir Khan terlahir di Rumah Sakit Keluarga Bandra Holy, Mumbai, India pada 14 Maret 1965. Ayahnya, Tahir Hussain, adalah seorang produser film. Aamir Khan adalah keturunan dari ulama dan politisi Maulana Abul Kalam Azad dan sepupu kedua dari mantan Ketua Rajya Sabha, Dr. Najma Heptullah.

Aamir Khan telah menikah dengan Reena Dutta. Mereka memiliki dua anak, seorang putra bernama Junaid Khan dan seorang anak perempuan, Ira Khan. Istrinya telah terlibat dalam karir Khan ketika dia bekerja sebagai produser untuk Lagaan. Pada bulan Desember 2002, Aamir Khan menceraikannya. Dan pada 28 Desember 2005, ia menikah dengan Kiran Rao yang pernah menjadi asisten direktur Ashutosh Gowariker selama pembuatan film Lagaan.

Berita terbaru dikutip dari Liputan6.com, putrinya Ira khan akan mengikuti jejak sang ayah. Namun bukan dunia akting yang dipilihnya, gadis bertubuh langsing ini lebih tertarik dengan dunia musik naugan composer Ram Sampath.

Biografi Aamir Khan 2

Karir
Aamir Khan memulai karirnya sebagai aktor dalam film Yaadon Ki Baaraat (1973) dan Madhosh (1974) yang disutradarai Nasir Hussain yang merupakan pamannya sendiri. Pada tahun 1984, Khan terjun ke karir profesionalnya di film berjudul Holi (1984) dan film Qayamat Se Qayamat Tak (1988). Khan menerima dalam Penghargaan Filmfare sebagai aktor terbaik untuk penampilannya dalam film Hindustani King (1996). Pada tahun 1997, ia membintangi film Ishq bersama Ajay Devgan dan Juhi Chawla.

Pada tahun 1998, Khan muncul di film Ghulam dan hasilnya cukup berhasil. Rilis film pertama Khan pada tahun 1999, juga cukup berhasil, memperoleh peringkat di atas rata-rata di box office. Dia muncul di film Lagaan (2001) yang sangat sukses dan dinominasikan sebagai Film Berbahasa Asing Terbaik di Academy Awards 74. Selain itu, film ini telah diakui secara kritis di beberapa festival film internasional, dan film ini juga menerima banyak Penghargaan Film Nasional. Film ini terus menjadi salah satu film Hindi paling populer di barat.

Film lain berjudul Dil Chahta Hai juga mengikuti kesuksesan Lagaan, di mana Khan menjadi peran utama bersama dengan Akshaye Khanna, Saif Ali Khan, dan Preity Zinta. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Farhan Akhtar yang merupakan pendatang baru. Khan membuat debut akting terbarunya pada tahun 2005 bersama dengan Ketan Mehta dalam dilm Mangal Pandey: The Rising. Di film tersebut ia memainkan peran utama dan film ini diputar di Festival Film Cannes.

Filmnya tahun 2007, Taare Zameen Par, juga diproduksi olehnya dan menandai debut penyutradaraannya. Film ini merupakan persembahan kedua dari Aamir Khan Productions, dimana ia juga membintanginya sebagai peran pendukung yang berperan sebagai guru yang berteman dan membantu seorang anak yang menderita disleksia. Dari film tersebut, Khan menerima Penghargaan Filmfare untuk Sutradara Terbaik dan Film Terbaik 2007, serta Penghargaan Film Nasional untuk Film Terbaik tentang Kesejahteraan Keluarga.

Biografi Aamir Khan 3

Film ini memenangkan penghargaan lainnya, termasuk 2008 Zee Cine Awards dan Penghargaan Keempat Apsara Film & Television Producer Guild. Pada tahun 2008, Aamir Khan muncul di film Ghajini. Film ini sukses besar dan menjadi film Bollywood paling sukses tahun itu. Untuk penampilannya dalam film, Aamir Khan menerima beberapa nominasi Aktor Terbaik di berbagai upacara penghargaan serta nominasi Aktor Terbaik Filmfare ke-15.

Pada tahun 2009, Aamir Khan muncul di film 3 Idiots sebagai Ranchodas Chanchad yang secara komersial dan menjadi film Bollywood terlaris pada saat itu. Film ini memenangkan enam penghargaan Filmfare Awards (termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik), sepuluh Star Screen Awards, delapan IIFA Awards, dan tiga Penghargaan Film Nasional. Di luar negeri, ia memenangkan Grand Prize di Penghargaan Videoyasan Jepang, dan dinominasikan untuk Film Berbahasa Asing Terbaik di Japan Academy Awards dan Film Asing Terbaik di Film Internasional Beijing Cina Festival.

Karir Aamir Khan berikutnya adalah dalam film Dhoom 3 besutan Yash Raj Films. Dia menganggap ini sebagai peran yang paling sulit dalam karirnya. Film ini dirilis di seluruh dunia pada 20 Desember 2013 dan menjadikannya film Bollywood terlaris sepanjang masa. Pada tahun 2014, Aamir Khan muncul untuk Rajkumar Hirani sebagai alien eponymous dalam drama komedi PK. Ini juga dibintangi oleh Anushka Sharma, Sushant Singh Rajput, Boman Irani dan Sanjay Dutt dalam peran penting.

Film ini mendapat pujian kritis dan muncul sebagai film Bollywood tertinggi sepanjang masa (keempat kalinya Aamir Khan mencapai prestasi ini). Film ini memenangkan dua Penghargaan Filmfare, dan di Jepang menerima penghargaan tertinggi di acara 9th Tokyo Newspaper Film Awards yang diselenggarakan oleh surat kabar Tokyo Shimbun. Dan di tahun 2018 ini, ia dikabarkan akan memerankan sosok penting dalam film Mahabharata yang akan diproduksi bersama Mukesh Ambani. Namun hingga saat ini belum ada pengumuman resmi mengenai hal tersebut.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + 2 =