Profil & Biografi Edward Norton

Loading...

Film The Illusionist yang merupakan sebuah film misteri romantis berhasil dibintangi oleh aktor tampan asal Amerika bernama Edward Norton, yang mana di film tersebut ia dihadapkan dengan Paul Giamatti dan Jessica Biel. Dia telah dinominasikan untuk tiga Academy Awards dalam film Primal Fear (1996), American History X (1998) dan Birdman atau (The Unexpected Virtue of Ignorance) (2014).

Biografi Edward Norton 1

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Edward Norton
– Keluarga Edward Norton
– Karir Edward Norton
– Penghargaan yang didapatnya

Kehidupan Pribadi
Putra dari pasangan Edward Mower Norton Jr dan Lydia Robinson “Robin” (née Rouse) lahir tanggal 18 Agustus 1969 di Boston, Massachusetts dan dibesarkan di Columbia, Maryland. Dia lulus pada 1987 dari Columbia’s Wilde Lake High School. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya di Universitas Yale dan lulus pada tahun 1991 dengan gelar Bachelor of Arts. Setelah lulus, Norton bekerja di Osaka, Jepang, sebagai konsultan untuk perusahaan kakeknya, Enterprise Community Partners.

Dikutip dari KapanLagi.com, Edward Norton menikah pada April 2012 dengan produser Shauna Robertson yang telah dipacarinya selama 7 tahun. Pasangan ini hidup berbahagia bersama putra tercintanya bernama Atlas Norton (2013).

Biografi Edward Norton 2

Karir
Dalam debut filmnya di Primal Fear (1996), Edward Norton memerankan peran sebagai Aaron Stampler, seorang anak lelaki altar yang dituduh membunuh seorang uskup agung Katolik Roma dan dibela oleh Martin Vail (Richard Gere). Film ini adalah adaptasi dari novel William Diehl. Dari film tersebut, Edward Norton memenangkan Golden Globe Award dan dinominasikan untuk Academy Award untuk Pendukung Terbaik Aktor.

Kemudian, Edward Norton bermain sebagai pengacara Alan Isaacman di The People vs. Larry Flynt. Pada tahun 1998, ia memainkan peran Derek Vinyard, seorang neo-Nazi yang direformasi, dalam film American History X. Film ini menerima ulasan positif dan meraup lebih dari $ 23 juta di seluruh dunia di box office. Dia dinominasikan dalam Academy Award sebagai Aktor Terbaik. Kemudian, Edward Norton membintangi dengan Matt Damon di film Rounders.

Dalam film Fight Club (1999) arahan David Fincher. Untuk mempersiapkan perannya, Edward Norton berlatih tinju, taekwondo dan gulat. Fight Club ditayangkan pada Festival Film Internasional Venice 1999. Kemudian, Edward Norton membuat debut penyutradaraannya dalam komedi romantis Keeping the Faith pada tahun 2000.

Biografi Edward Norton 3

Pada tahun 2002, ia membintangi Brett Ratner’s Red Dragon sebagai FBI profiler Will Graham dan di Spike Lee’s 25th Hour. Pada tahun 2003, Paramount Studios memaksa Edward Norton untuk membintangi The Italian Job (2003) dengan mengancam akan menuntutnya berdasarkan ketentuan kontrak tiga film yang telah dia tandatangani. Di film tersebut, Edward Norton memenangkan pujian kritis untuk perannya sebagai Baldwin IV, raja lepra Yerusalem, di Kerajaan Surga.

Edward Norton selanjutnya membintangi Marvel Comics menjadi karakter Bruce Banner atu The Hulk dalam film Marvel Studios The Incredible Hulk, yang dirilis pada 2008. Kemudian, sia diharapkan untuk memerankan kembali perannya dalam film The Avengers tahun 2012, tetapi digantikan oleh Mark Ruffalo karena ketidaksetujuan Edward Norton dengan Marvel tentang masalah gaji, karakter, serta kurangnya kolaborasi dan kerja sama tim.

Pada tahun 2014, Norton memainkan peran Mike Shiner dalam film komedi hitam Birdman or (The Unexpected Virtue of Ignorance) dan dinominasikan untuk Academy Award untuk Aktor Pendukung Terbaik untuk peran tersebut. Pada 20 Februari 2014, diumumkan bahwa Edward Norton mengarahkan Motherless Brooklyn. Kabar terakhir yang menyebar di Maret 2018 ini, menyebutkan bahwa rumah produksi Edward Norton dituntut karena kebakaran di lokasi syuting film yang dibuatnya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + 5 =