Profil & Biografi Gary Oldman

Loading...

Aktor Johnny Deep dan Gary Oldman bisa dibilang sebelas dua belas. Ini mungkin karena keduanya sudah banyak bermain dalam sejumlah film dan memainkan peran dengan karakter yang berbeda. Gary Oldman adalah aktor Inggris yang pernah bekerja di teater, film, dan televisi. Berkat peran yang ia bintangi, membawa namanya berhasil memenangkan Academy Award, tiga BAFTA Awards, Golden Globe Awards, Screen Actors Guild Award, dan masih banyak lagi.

Biografi Gary Oldman 1

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Gary Oldman
– Pernikahan Gary Oldman
– Karir Gary Oldman
– Penghargaan yang didapatnya

Di luar akting filmnya, Gary Oldman juga menjadi penulis dan pengarah salah satu drama berjudul Nil by Mouth (1997). Ia juga pernah menjadi bintang tamu di acara televisi Fallen Angels. Selain itu, ia juga muncul di video musik untuk David Bowie, Guns N ‘Roses dan Annie Lennox; dan pengisi suara Viktor Reznov dalam seri video game Call of Duty.

Kehidupan Pribadi
Gary Oldman memiliki nama asli Gary Leonard Oldman yang lahir pada 21 Maret 1958 di New Cross, London. Ia juga putra dari Leonard Bertram Oldman (1921–1985), mantan pelaut yang juga bekerja sebagai tukang las, dan Kathleen (née Cheriton; lahir 1919. Gary Oldman menempuh pendidikan di West Greenwich School di Deptford. Dia adalah seorang pianis yang mengejar karir akting setelah melihat penampilan Malcolm McDowell dalam film The Raging Moon (1971).

Biografi Gary Oldman 2

Pernikahan
Ia telah menikah sebanyak lima kali. Dia menikahi aktris Inggris Lesley Manville pada 1987 tetapi meninggalkannya pada 1989, tiga bulan setelah putra mereka, Alfie lahir. Dia bertemu aktris Amerika Uma Thurman, dan mereka menikahinya pada tahun 1990, tetapi pernikahan berakhir dua tahun kemudian. Dia menikah dengan Donya Fiorentino dari tahun 1997 hingga 2001 dan memiliki dua putra dengannya.

Pada 31 Desember 2008, Gary Oldman menikahi penyanyi dan aktris Inggris Alexandra Edenborough di Santa Barbara, California. Namun, Edenborough mengajukan gugatan cerai pada 9 Januari 2015. Pada September 2017, dikutip dari Liputan6.com, Gary Oldman menikahi Gisele Schmidt di Beverly Hills, California, Amerika Serikat.

Karir
Gary Oldman mulai beraksi di atas panggung industry hiburan pada tahun 1979, dan mendapatkan peran pertamanya di film Meantime (1983). Setelah berhasil membintangi film tersebut, ia pun menerima peran di Saved (1983), The Country Wife (1987) dan Hamlet (1987). Karakter Gary Oldman dalam film Sid and Nancy (1986) sebagai Sid Vicious dan Prick Up Your Ears (1987) sebagai Joe Orton, membawa ia dikritik sebagai salah satu aktor muda Inggris terbaik pada masa itu.

Biografi Gary Oldman 3

Dia kemudian mendapat peran antagonis dibanyak film seperti True Romance (1993), Immortal Beloved (1994), The Fifth Element (1997), Air Force One (1997) dan The Contender (2000). Pada abad 21, Gary Oldman dikenal karena perannya sebagai Sirius Black dalam seri Harry Potter, peran James Gordon dalam The Dark Knight Trilogy, peran Lord Shen dalam Kung Fu Panda 2 (2011), peran George Smiley di Tinker Tailor Soldier Spy (2011), pemimpin manusia Dreyfus di Dawn of the Planet of the Apes (2014).

Pada tahun 2015, Gary Oldman berperan sebagai kepala polisi yang menyelidiki karakter Tom Hardy di Child 44, bersama Noomi Rapace dan Joel Kinnaman. Ia mendapatkan peran pendukung dalam thriller Amerika berjudul Man Down, yang disutradarai oleh Dito Montiel, dan dibintangi bersama Shia LaBeouf. dan Kate Mara. Pada 2016, Gary Oldman berperan sebagai CIA di Criminal, yang disutradarai oleh Ariel Vromen, dan dibintangi oleh Kevin Costner, Tommy Lee Jones, Ryan Reynolds, Alice Eve, dan Gal Gadot.

Dia juga membintangi The Space Between Us dengan Asa Butterfield, yang dirilis pada 3 Februari 2017. Pada tahun yang sama, Gary Oldman muncul sebagai penjahat di film The Bodyguard. Gary Oldman telah menerima kritikan positif di Amerika Serikat dan di Inggris untuk penampilan ini, termasuk memenangkan Academy Award sebagai Aktor Terbaik, Penghargaan Golden Globe sebagai Aktor Terbaik, dan lain sebagainya.

Pada tahun 2018, Gary Oldman membintangi film horror berjudul Mary yang disutradarai oleh Michael Goi. Gary Oldman juga dijadwalkan untuk membintangi film adaptasi dari John Le Carre berjudul Smiley’s People.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + 9 =