Profil & Biografi Dejan Lovren

Loading...

Tidak hanya sosok Mohamed Salah yang berjuang keras membela tim Liverpool, karena ada pemain lain sebut saja Dejan Lovren yang bermain sebagai bek tengah untuk klub Liga Premier Liverpool dan tim nasional Kroasia. Dia menghabiskan tiga setengah musim bersama tim League 1 dan memenangkan Coupe de France 2012 sebelum dia bergabung dengan Southampton pada 2013. Setelah satu musim dengan Southampton, ia bergabung dengan Liverpool seharga £ 20 juta.

Biografi Dejan Lovren 1

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Dejan Lovren
– Keluarga Dejan Lovren
– Karir Dejan Lovren
– Keberhasilan yang pernah ia capai

Kehidupan Pribadi
Dejan Lovren dilahirkan dari orang tua Kroasia di kota Zenica, SFR Yugoslavia (sekarang Bosnia dan Herzegovina) pada tanggal 5 Juli 1989. Keluarga Dejan Lovren melarikan diri dari Yugoslavia ke Munich karena Perang Bosnia ketika Lovren berusia tiga tahun, dan ia menghabiskan tujuh tahun berikutnya di Jerman. Mereka menetap di Karlovac, Kroasia, 50 kilometer barat daya ibu kota Zagreb. Dejan Lovren awalnya merasa kesulitan di Kroasia, dan berjuang di sekolah selama beberapa tahun karena ia tidak biasaan dengan bahasa Kroasia.

Meskipun menjadi salah satu pemain bersinar di klub Liverpool, ternyata rumah tangganya pernah diambang kehancuran. Dikutip dari Viva.co.id, ia pernah memergoki istrinya (Anita) sedang memadu kasih dengan teman lamanya, Dario Torbic. Namun, ia membuktikan dirinya sebagai pribadi yang baik dengan bersedia menerima kembali istrinya, terutama demi kedua anaknya Elena dan Josip.

Biografi Dejan Lovren 2

Karir
Dejan Lovren bermain untuk tim lokal NK Ilovac dan NK Karlovac sebagai pemain muda sebelum bergabung dengan GNK Dinamo Zagreb pada tahun 2004. Pada 10 Mei 2006, ia melakukan debut untuk Dinamo dalam pertandingan Liga Sepak Bola Pertama Kroasia melawan NK Varteks Varaždin. Pada 17 Juli 2006, selama dua musim Dejan Lovren dipinjamkan ke NK Inter Zaprešić di mana ia membuat 50 penampilan liga dan mencetak satu gol. Setelah kembali dari pinjaman Dejan Lovren secara teratur ditampilkan dalam starting XI Dinamo, tampil dalam 38 pertandingan sepanjang musim 2008-2009 dan mencetak tiga gol.

Pada musim 2009–2010, ia tampil dalam empat pertandingan kualifikasi Liga Champions UEFA melawan Pyunik Yerevan dan Red Bull Salzburg, dan berhasil mencetak gol sundulan melawan Pyunik. Pada Januari 2010, Dejan Lovren menandatangani kontrak untuk klub Ligue 1 Perancis Olympique Lyonnais dengan € 8 juta plus € 1,5 juta dalam insentif untuk kontrak empat setengah tahun. Dia membuat debut kompetitifnya pada 24 Januari 2010 dalam kekalahan 2-1 di AS Monaco di Coupe de France, memainkan pertandingan penuh.

Waktu bermain Dejan Lovren meningkat selama musim 2010-2011, ia secara bertahap memantapkan dirinya sebagai tim utama starter reguler, bermain sebagai bek tengah bersama Cris dan juga bermain sebagai bek sayap kanan atau kiri, menunjukkan dirinya sebagai bek yang serba bisa. Pada bulan November 2010, Dejan Lovren terdaftar dalam daftar Don Balón dari 100 pemain muda terbaik di dunia. Pada 23 Januari 2012, Lovren memperpanjang kontraknya dengan Lyon selama dua musim lagi, menandatangani kontrak dengan klub Perancis hingga 2016.

Biografi Dejan Lovren 3

Pada tanggal 14 Juni 2013, Dejan Lovren menandatangani kontrak untuk Southampton dengan kontrak empat tahun dengan biaya yang diperkirakan sebesar £ 8,5 juta. Dia melakukan debut pada 17 Agustus 2013, dalam kemenangan 1-0 melawan West Bromwich Albion. Dia mencetak gol pertamanya untuk Southampton melawan Liverpool di Anfield pada 21 September 2013, gol yang terbukti menjadi pemenang. Pada akhir musim pertamanya di Liga Premier, nama Dejan Lovren termasuk dalam daftar Power 50 Bloomberg Sports, sebagai pemain peringkat kelima tertinggi dari Liga Premier di posisi 31.

Pada tanggal 27 Juli 2014, Lovren menjadi pemain Southampton ketiga yang ditransfer untuk bergabung dengan Liverpool, setelah Rickie Lambert dan Adam Lallana. Dia menandatangani kontrak empat tahun dengan biaya sebesar £ 20 juta dan menjadi bek termahal dalam sejarah Liverpool. Dia mencetak gol resmi pertamanya untuk Liverpool pada 28 Oktober, ketika dia memimpin dalam tendangan bebas di putaran keempat Piala Liga 2-1 atas Swansea City.

Pada 28 April 2017, ia memperpanjang kontraknya dengan Liverpool, hingga tahun 2021. Pada 17 Desember 2017, dia mencetak gol pertamanya musim ini dalam kemenangan 4-0 atas Bournemouth. Pada 14 Januari 2018, dirinya menjadi kapten Liverpool untuk pertama kalinya dalam kemenangan 4-3 melawan Manchester City.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + twenty =