Profil & Biografi Akon

Loading...

Nama Akon memang sudah terkenal di berbagai penjuru dunia berkat lagu berjudul Sorry, Blame It On Me. Ia adalah seorang penyanyi Amerika, penulis lagu, pengusaha, produser rekaman dan aktor keturunan Senegal. Musisi berkulit hitam ini adalah seorang muslim yang berhasil mencatatkan namanya di daftar Guinness Book of World Records sebagai peringkat 1 artis dengan penjualan nada dering terbesar di dunia.

Biografi Akon 1

Dalam artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Akon
– Keluarga Akon
– Karir Akon
– Penghargaan yang pernah didapatnya

Kehidupan Pribadi
Dia terlahir dengan nama Aliaume Damala Badara Akon Thiam pada 16 April 1973 di St. Louis, Missouri, tetapi menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di negara Afrika Barat, Senegal. Ibunya seorang penari, Kine Gueye Thiam dan ayah pemain perkusi, Mor Thiam. Akon kecil belajar memainkan lima instrumen, termasuk drum, gitar dan djembe. Pada usia 7 tahun, ia pindah bersama keluarganya ke Union City, New Jersey, membagi waktunya antara Amerika Serikat dan Senegal sampai menetap di Newark, New Jersey.

Akon mengklaim bahwa ia memiliki enam anak dengan tiga wanita yang berbeda dalam sebuah wawancara dengan Blender, yang semuanya memiliki hubungan yang baik dengannya. Dia mengatakan dia ingin agar keluarganya dilindungi dari mata publik.

Biografi Akon 2

Karir
Pada tahun 2004 setelah merilis Locked Up, single pertama dari album debutnya Trouble. Ia telah mendirikan dua label rekaman yang sukses, yakni Konvict Muzik dan Kon Live Distribution. Album keduanya, Konvicted menerima tiga nominasi untuk Grammy Awards dalam dua kategori, Album R & B Kontemporer Terbaik untuk album Konvicted dan Best Rap / Sung Collaboration untuk lagu Smack That dan I Wanna Love You.

Dia adalah artis solo pertama yang menempati nomor satu dan dua secara berurutan di Billboard Hot 100 chart selama dua kali. Akon telah menyanyikan lagu-lagu dalam bahasa lain termasuk bahasa Tamil, Hindi, dan Spanyol. Dia juga telah bekerja sama dengan banyak artis lain seperti Michael Jackson, Eminem, Snoop Dogg, Whitney Houston, Bone Thugs-N-Harmony, dan Gwen Stefani.

Pada tahun 2006, Akon mengerjakan film panjang berjudul Illegal Alien, yang didasarkan pada kehidupannya. Beberapa sumber melaporkan bahwa aktor Mekhi Phifer memerankan Akon dalam film tersebut. Selain itu, Akon menegaskan pada bulan Agustus 2007, dalam sebuah wawancara dengan situs web Polandia INTERIA.PL, bahwa dia bekerja di sebuah film, Cocaine Cowboys yang menceritakan kisah Jon Roberts, pilot utama MedellĂ­n Cartel.

Biografi Akon 3

Dia telah memiliki lima nominasi Grammy Awards dan telah menghasilkan lagu untuk artis seperti Lady Gaga, Colby O’Donis, Kardinal Offishall, Leona Lewis, dan T-Pain. Forbes memasukan Akon ke peringkat 80 (Power Rank) di Forbes Celebrity 100 pada tahun 2010 dan peringkat ke-5 pada 40 Daftar Selebriti Paling Berpengaruh di Afrika tahun 2011.

Setelah lama absen, Akon mengeluarkan single promosi Dirty Work yang sekaligus menampilkan Wiz Khalifa dan single ini dirilis pada Februari 2013. Pada tanggal 11 November 2013, Akon merilis single lainnya yang berjudul So Blue. Dikutip dari KapanLagi.com, tahun 2015 menjadi proyek terbesar Akon karena ia merilis lima single sekaligus yang diberi nama album Stadium. Dia juga mengumumkan bahwa album ini akan menjadi album quintuple, dipecah menjadi lima genre yang berbeda yakni Euro, Pop, Urban, Island & World.

Pada April 2016, Akon muncul di acara reality show di Tiongkok I Am a Singer bersama dengan penyanyi Taiwan, Jeff Chang. Akon tampil dengan menyanyikan tiga lagu hit-nya, Right Now (Na Na Na), Lonely dan Smack That dihadapan menteri Khofifah Indar Parawansa pada Maret 2017. Akon mengunjungi Indonesia dalam rangka mewujudkan misi sosial bertema Akon Lighting.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + 12 =