Profil & Biografi Samuel Umtiti

Loading...

Negara Perancis memang tidak diragukan lagi dalam formasi hebatnya di lapangan hijau. Samuel Umtiti yang juga merupakan pemain sepak bola profesional Perancis yang bermain sebagai bek untuk klub FC Barcelona memang telah melakukan terobosan baru setelah berhasil mendapatkan Piala Eropa 2016. Pemain bola ini berkembang dan mampu menyingkirkan bek lain seperti Mascherano dan Thomas Vermaelen. Berikut profil Samuel Umtiti yang bisa Anda ketahui.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Samuel Umtiti
– Keluarga Samuel Umtiti
– Karir Samuel Umtiti
– Kemenangan yang berhasil ia raih
– Klub-klub yang pernah ia naungi

Kehidupan Pribadi
Samuel Umtiti lahir di Younde pada tanggal 14 November 1993. Usia Samuel Umtiti yang terbilang muda mampu menorehkan banyak prestasi yang membanggakan. Ia memiliki postur tubuh yang bisa diandalkan di lapangan hijau, tidak heran jika Samuel Umtiti dipilih sebagai bek dengan kostum bernomor punggung 23 di klub Barcelona.

Karir
Samuel Umtiti memulai karir profesionalnya bersama Lyon pada tahun 2012, memenangkan Piala Perancis dan Trophée des Champions tahun itu. Pada akhir musim 2015–2016 ia dinobatkan sebagai Best Player of the Season oleh penggemar Lyon. Dia menjadi pemain kunci di lini pertahanan klub Lyon dan berhasil mencatatkan prestasi penampilannya sebanyak 97,2 % dari jumlah laga yang ia lakukan untuk Lyon.

Mayoritas gol yang dicetak olehnya di Lyon lahir melalui tendangan jarak jauh. Meski tergolong muda, namun Samuel Umtiti juga telah beberapa kali dipercaya untuk mengenakan ban kapten. Tepatnya pada 30 Juni 2016, dikutip dari Bola.com, Samuel Umtiti menandatangani kontrak dengan durasi lima tahun untuk klub La Liga Barcelona dengan nominal transfer € 25 juta yang jika dirupiahkan menjadi Rp362 miliar.

Pada 17 Agustus, dia membuat penampilan pertamanya untuk Barcelona di leg kedua Supercopa de España 2016 yang dimenangkan Barcelona 3-0 melawan Sevilla dan mengangkat trofi. Dia mencetak gol pertamanya untuk klub pada 4 Maret 2017 melawan Celta de Vigo yang dimenangkan Barcelona 5-0. Dia kemudian memainkan peran penting dalam Liga Champion UEFA 2016–2017 di leg kedua Babak 16 melawan Paris Saint-Germain, saat dia memulai pertandingan bersama Gerard Piqué dan Javier Mascherano.

Meskipun ia sempat mengalami cedera parah, namun dia berhasil mengakhiri tahun pertamanya di Spanyol dengan memenangkan Copa del Rey 2016–2017 dan dengan membangun dirinya secara tegas sebagai pilihan pertama dalam pertahanan pusat untuk klub bersama Gerard Piqué.

Saat ini dirinya menjadi pilihan pertama dalam pertahanan di klub, setelah Barcelona terhuyung-huyung karena kehilangan Neymar, Samuel Umtiti memulai musim ini dalam bentuk yang hebat dan membantu Barcelona mempertahankan awal yang tidak terkalahkan di La Liga dan Champions Liga. Pada 21 April, Samuel Umtiti tampil untuk Barcelona di Final Copa del Rey 2018, memegang clean sheet dalam kemenangan 5-0 atas Sevilla di Wanda Metropolitano.

Pada Piala Dunia 2018 tahun ini, ia membela klub Perancis yang disandingkan dengan formasi penyerang hebat lainnya seperti Antoine Griezmann, Dembele, Kylian Mbappe, dan Olivier Giroud. Saat pertandingan pada hari Sabtu, 16 Juni 2018 klub negara Perancis melawan klub negara Autralia. Klub Perancis yang dibela Samuel Umtiti lebih unggul dengan perolehan skor 2-1. Dan dipertandingan tersebut sang pemain bola Samuel Umtiti ini mengenakan kostum bernomor punggung 5.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 16 =