Profil & Biografi Philippe Coutinho

Loading...

Salah satu pemain bola Timnas Brasil bernama Philippe Coutinho sempat sangat dicintai oleh para pencinta klub Liverpool karena permainannya yang fastastis dan bersinar di lapangan hijau. Namun sayangnya, ia memilih pindah ke klub Spanyol, Barcelona dengan alasan ingin menjadi pemain yang lebih berkembang lagi. Di Barcelona, ia dipercaya menempati posisi sebagai gelandang atau pemain sayap. Pada tahun ini, ia membuat debutnya di Piala Dunia 2018 FIFA World Cup.

Kehidupan Pribadi
Pemain bola ini terlahir dengan nama lengkap Philippe Coutinho Correia di Rio de Janeiro pada tanggal 12 Juni 1992. Dia adalah putra ketiga pasangan Esmerelda Coutinho dan José Carlos Correia. Dia dibesarkan di distrik Rocha di Rio utara antara kota tua yang kumuh dan gudang industri. Sejak kecil, ia mengikuti saudara lelakinya, Cristiano dan Leandro, ke lapangan sepak bola lokal, di mana ia pertama kali mulai bermain futsal.

Siapa sangka pemain berparas tampan ini telah memiliki seorang istri dan dua orang anak. Istrinya bernama Aine Coutinho. Mereka memutuskan untuk menikah di usia yang masih sangat muda, yakni 20 tahun. Mereka mengakhiri masa lajang dengan sebuah ikatan suci pernikahan di Brasil pada 25 Mei 2015. Kini mereka telah dianugerahi dua buah hati bernama Maria Coutinho dan Philippe Coutinho Jr.

Karir
Lahir dan dibesarkan di Rio de Janeiro, rekan pemain dari Neymar Jr di Timnas Brasil ini sejak kecil memang telah menunjukkan bakat luar biasa dan unggul dalam squat pemuda di Vasco da Gama. Dia ditandatangani oleh klub Italia Inter Milan pada 2008 sebesar € 4 juta dan kemudian dipinjamkan kembali ke Vasco. Pada tahun 2009, ia membantu Vasco memenangkan gelar Série B dan meraih promosi. Pada tahun 2010, ia membuat 31 penampilan dan mencetak 5 gol di semua kompetisi saat ia membuktikan dirinya sebagai pemain utama tim kunci.

Dia melakukan debutnya untuk Inter Milan pada tahun 2010 dan dilihat sebagai “pemain masa depan Inter”, dan kemudian dipinjamkan ke klub La Liga Espanyol pada tahun 2012. Pada Januari 2013, dikutip dari Merdeka.com, ia dikontrak oleh klub Liga Premier Liverpool seharga £ 8,5 juta. Pada 23 November, Philippe Coutinho mencetak gol pembuka derby Merseyside pada menit ke-5. Philippe Coutinho menciptakan assist pertamanya di musim ini dengan sepak pojok dalam kemenangan 5-1 atas Norwich City di Anfield.

Pada tanggal 26 Desember, ia mencetak gol satu-satunya Reds dalam kekalahan 2-1 dari Manchester City di Etihad Stadium. Pada 30 Maret, Philippe Coutinho mencetak gol ketiga dalam kemenangan 4-0 atas Tottenham Hotspur di Anfield. Dia terus berkembang di Anfield dan membuatnya mendapat julukan The Magician dari fans Liverpool dan rekan tim.

Namun sayangnya, pada 6 Januari 2018 Liverpool menegaskan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan klub La Liga Barcelona untuk transfer Philippe Coutinho. Biaya transfernya dilaporkan mencapai £ 142 juta, yang membuatnya menjadi pemain termahal ketiga di dunia.

Dia melakukan debut untuk Barcelona pada 25 Januari 2018, dalam kemenangan 2-0 melawan klub RCD Espanyol di perempat final Copa del Rey, datang sebagai pemain pengganti menit ke-68. Dibantu oleh mantan rekan setim Liverpool-nya, Luis Suárez, Philippe Coutinho mencetak gol pertamanya di Barcelona pada 8 Februari 2018 melawan Valencia CF di leg kedua Copa del Rey semifinal hanya empat menit setelah masuk sebagai pemain pengganti paruh waktu.

Philippe Coutinho kembali memperlihatkan keahliannya membawa bola ke gawang lawan bersama Timnas Brasil. Berkat gol yang dibuatnya, Brasil meraih kemenangan 2-0 atas Kosta Rika di laga kedua Grup E Piala Dunia 2018.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 10 =