Profil & Biografi Diego Simeone

Loading...

Diego Simeone adalah mantan pemain bintang asal Argentina yang dulunya bermain sebagai gelandang serba bisa di lapangan hijau. Selepas pensiun dari bermain bola, ia dipilih menjadi manajer klub untuk Atletico Madrid. Dia dijuluki “El Cholo” oleh pelatih klubnya Victorio Spinetto karena permainannya yang sangat energik. Pelatih ini telah berhasil membawa Atletico Madrid meraih kemenangannya. Berikut profil Diego Simeone yang bisa diketahui.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Diego Simeone
– Keluarga Diego Simeone
– Karir Diego Simeone

Kehidupan Pribadi
Terlahir dengan nama Diego Pablo Simeone pada tanggal 28 April 1970. Dikutip dari Liputan6.com, pelatih ini pernah menikah dengan Carolina Baldina dan dikaruniai tiga putra bernama Giovanni, Gianluca, dan Giuliano. Dan saat ini ia menjalin hubungan dengan Carla Pereyra.

Karir Pemain Bola
Diego Simeone mulai bermain pada tahun 1987 untuk Vélez Sarsfield, Pisa, Sevilla, Atletico Madrid, Internazionale, Lazio, dan Racing Club. Setelah memulai karirnya dengan Vélez Sarsfield, Diego Simeone pindah ke klub Serie A Italia Pisa pada tahun 1990. Klub itu terdegradasi di musim pertamanya dan, setelah gagal mendapatkan promosi pada tahun berikutnya, Diego Simeone dijual ke Sevilla di Divisi Primera Spanyol.

Diego Simeone bermain dua musim di Seville, setelah itu ia ditandatangani oleh Atlético Madrid. Di Atlético, ia adalah bagian dari tim yang memenangkan dua gelar Liga dan Copa del Rey selama musim 1995-1996. Diego Simeone kembali ke Atlético Madrid pada tahun 2003, menghabiskan dua musim berikutnya di sana. Secara total, ia bermain di 165 pertandingan untuk Atlético, mencetak 31 gol. Pada tahun 2005, ia meninggalkan Eropa untuk menyelesaikan karir bermainnya di Argentina bersama Racing Club.

Diego Simeone mengakhiri karir bermainnya untuk Racing Club, memainkan pertandingan terakhirnya pada 17 Februari 2006, dan kemudian menjadi manajer untuk tim yang sama. Ketika seorang presiden klub baru terpilih, Diego Simeone meninggalkan Racing pada Mei 2006 dan digantikan oleh Reinaldo Merlo.

Karir Pelatih
Sebagai seorang manajer, Diego Simeone telah melatih Estudiantes de La Plata, River Plate, San Lorenzo dan Catania sebelum bergabung dengan Atletico Madrid pada tahun 2011. Tepatnya pada 23 Desember 2011, Diego Simeone diperkenalkan sebagai pelatih Atlético Madrid yang baru, menggantikan Gregorio Manzano, yang diberhentikan sehari sebelum mengikuti kekalahan dari Albacete lapis ketiga di Copa del Rey.

Pertandingan pertamanya sebagai pelatih Atletico adalah hasil imbang 0-0 melawan Manuel Pellegrini di Malaga. Musim pertamanya berakhir dengan tim memenangkan UEFA Europa League dengan mengalahkan Athletic Bilbao 3-0 di final di Bucharest. Pada 17 Mei 2013, ia memenangkan Copa del Rey setelah Atlético mengalahkan rival Real Madrid 2-1 di Stadion Santiago Bernabéu. Atlético memulai musim 2013-2014 dengan skuadnya, meski menjual pemain bintang Radamel Falcao ke Monaco dengan biaya € 60 juta dan mengakuisisi David Villa dari Barcelona dengan status bebas transfer.

Sementara musim dimulai dengan kekalahan ke Barça di Supercopa de España 2013, tim ini mencatat delapan kemenangan beruntun di La Liga, liga terbaik mulai dalam sejarah klub. Diego Simeone menjadi manajer Argentina kedua setelah Helenio Herrera yang membawa Atlético kejuaraan Spanyol, dan manajer kedua setelah Luis Aragonés yang memenangkan dua hal sekaligus yakni sebagai pemain dan sebagai pelatih tim. Di bawah asuhan Diego Simeone, Atletico mengumpulkan 90 poin di La Liga, melampaui rekor tahun 1996 dari 87, membuat musim 2013-2014 adalah yang paling sukses dalam sejarah klub.

Di Liga Champions UEFA 2015-2016, Diego Simeone memimpin Atletico ke final Liga Champions kedua mereka dalam tiga musim, menjadi pelatih Argentina pertama sejak Héctor Cúper mencapai dua final Liga Champions. Atletico mengalahkan PSV Eindhoven dengan adu penalti selama babak 16 besar, mengalahkan juara bertahan FC Barcelona 3-2 secara agregat, dan favorit FC Bayern München 2-2, melalui gol tandang, membuat pengulangan Final 2014 lagi menghadapi Real Madrid.

Pada 5 September 2017, Diego Simeone memperpanjang kontraknya dengan Atlético selama dua tahun lagi, hingga Juni 2020. Pada musim 2017-18, Atletico akan berakhir di posisi kedua di La Liga di belakang Barcelona tetapi di depan rival sekotanya, Real Madrid. Di babak penyisihan grup Liga Champions UEFA 2017–2018, Atletico tidak maju dan turun ke UEFA Europa League 2017-2018. Pada Januari 2018, Diego Costa kembali ke Atletico dari Chelsea. Pada 16 Mei 2018, tim memenangkan Final UEFA Europa League 2018 melawan Marseille.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × two =