Profil & Biografi Rafael Benitez

Loading...

Pelatih sepak bola profesional dari Spanyol bernama Rafael Benítez Maudes atau yang lebih kita kenal dengan Rafael Benítez merupakan manajer klub Liga Premier Newcastle United. Sepak terjangnya di dunia bola menjadikan satu-satunya manajer dalam sejarah yang telah memenangkan Liga Eropa UEFA, Piala Super UEFA, Liga Champions UEFA dan Piala Dunia Klub FIFA. Berikut profil Rafael Benitez yang bisa diketahui.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Rafael Benítez
– Keluarga Rafael Benítez
– Karir Rafael Benítez
– Penghargaan yang berhasil diraihnya

Kehidupan Pribadi
Dirinya lahir 16 April 1960 di Madrid, Spain. Ayahnya bernama Francisco dan ibunya bernama Rosario Maudes. Dirinya terlahir dari pasangan penggemar dunia sepak bola, ibunya mendukung Real Madrid, sementara ayahnya mendukung Atlético Madrid. Dia terdaftar sebagai mahasiswa di INEF, fakultas olahraga di Universidad Politécnica de Madrid dan lulus kuliah pada tahun 1982. Rafael Benítez menikahi Maria Montserrat pada tahun 1998. Mereka memiliki dua anak perempuan, Claudia (tahun 1999) dan Ágata (tahun 2002).

Karir Sebagai Pemain Bola
Saat kuliah, ia juga sempat memainkan tiga pertandingan lanjutan untuk Universitas XI Spanyol. Pada tahun 1985, ia menandatangani kontrak untuk klub Segunda División B Linares dan di bawah Enrique Mateos, ia menjabat sebagai pemain sekaligus pelatih. Masalah cedera lebih lanjut membuatnya kehilangan hampir seluruh musim 1985-1986 dan ia kemudian pensiun sebagai pemain bola.

Karir Sebagai Pelatih Bola
Rafael Benítez bergabung dengan staf pelatih Real Madrid pada usia 26 tahun, bekerja sebagai pelatih tim di bawah usia 19 tahun dan cadangan, serta sebagai asisten manajer untuk tim senior. Saat memutuskan berhenti menjadi pelatih di Real Madrid, ia sempat beberapa kali bergabung menjadi pelatih klub lain sebelum akhirnya ia ditunjuk sebagai pelatih Valencia dan memenangkan La Liga di musim 2001-2002.

Setelah meninggalkan Valencia, Benitez kemudian pindah ke klub Inggris Liverpool dari Liga Premier, membimbing klub untuk kemenangan di Liga Champions UEFA pada tahun 2005. Untuk musim kedua berturut-turut, ia diberi nama UEFA Manager of the Year. Dia juga memenangkan Piala FA pada tahun 2006 dan mencapai Final Liga Champions 2007. Dikutip dari SindoNews.com, dengan berbagai keberhasilannya tidak heran apabila ia disebut-sebut menjadi suksesor pelatih Arsenal, Arsene Wenger.

Bukan hanya Rafael Benítez saja, terdapat sederet pelatih bola terbaik lainnya sebut saja Arsene Wenger, Jose Mourinho dan masih banyak lagi juga berhasil membawa klubnya meraih kemenangan. Setelah meninggalkan Liverpool pada Juni 2010, Rafael Benítez ditunjuk sebagai manajer tim Inter Milan. Tepatnya pada 15 Juni 2010, Rafael Benítez diperkenalkan ke media Italia untuk pertama kalinya setelah menandatangani kontrak dua tahun. Pada 21 Agustus 2010, Rafael Benítez memenangkan trofi pertamanya sebagai manajer di Piala Super Italia, setelah mereka mengalahkan Roma 3-1.

Pada November 2012, ia ditunjuk sebagai manajer sementara Chelsea untuk sisa musim tahun itu dan ia memenangkan Liga Eropa 2013. Rafael Benítez kembali ke Italia pada 2013 untuk melatih Napoli, di mana ia memenangkan Coppa Italia dan Supercoppa Italiana. Rafael Benítez kemudian meninggalkan Napoli dan menjadi pelatih Real Madrid kembali pada Juni 2015 dengan kontrak awal selama tiga tahun.

Pada 11 Maret 2016, Rafael Benítez diumumkan sebagai manajer Newcastle United dalam upaya untuk menyelamatkan klub dari degradasi. Meskipun pada kenyataannya Rafael Benitez tidak dapat menghindari degradasi, tetapi ia mendapatkan promosi kembali ke Liga Premier pada tahun berikutnya untuk memenangkan Championship. Pada Mei 2017, Newcastle memenangkan EFL Championship 2016–2017 dan segera kembali ke Liga Premier setelah satu musim di Championship.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 6 =