Profil & Biografi Marcel Koller

Loading...

Walau minim pengalaman internasional, Marcel Koller terbilang sudah cukup lama menduduki kursi pelatih Timnas Austria. Bahkan kabarnya pelatih yang satu ini mengantongi gaji sebesar 125 ribu Euro atau setara Rp 1,85 miliar setiap bulannya. Sama seperti pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone sebelum menyelami karir sebagai pelatih, ia juga merupakan mantan pemain sepak bola dari negara Swiss. Berikut profil Marcel Koller yang bisa diketahui.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Marcel Koller
– Karir Marcel Koller
– Keberhasilan yang pernah diraihnya

Karir Pemain Bola
Dilansir dari TribunNews.com, Marcel Koller memainkan seluruh karirnya untuk klub Swiss Grasshoppers Zürich. Dalam 24 tahun, dia memenangkan tujuh kejuaraan Swiss dan lima Swiss Cups. Marcel Koller telah bermain sebanyak 56 kali untuk tim nasional Swiss, mencetak 3 gol. Dari sinilah ia akhirnya menjadi bagian dari skuad Swiss di Euro 1996.

Karier Manajer
Karir pria kelahiran 11 November 1960 di Zürich sebagai pelatih dimulai di klub Swiss FC Wil pada musim 1997-1998. Pada Januari 1999 dia pergi ke FC St. Gallen di Swiss Super League dan satu tahun kemudian klub memenangkan kejuaraan pertamanya selama hampir 100 tahun. Marcel Koller terpilih sebagai manajer Swiss tahun 2000. Langkah selanjutnya dalam karirnya adalah pindah ke Bundesliga Jerman. Stasiun pertama Marcel Koller di Jerman adalah 1. FC Köln. Namun, karirnya di sini tidak begitu bagus sehingga ia harus menerima pemecatan setelah musim berakhir.

Tepat pada 23 Mei 2005, Marcel Koller dipercaya menjadi pelatih tim Jerman VfL Bochum. Marcel Koller mendapat tantangan untuk memimpin klub untuk segera kembali ke level tertinggi. Pada musim 2006-2007, VfL Bochum tidak dimulai dengan sangat baik dan banyak pendukung menuntut pemecatan pelatih. Tetapi dewan tetap percaya pada pelatih dan kontrak Marcel Koller bahkan diperpanjang dalam periode yang sulit itu.

VfL Bochum membeli beberapa pemain baru di musim dingin dan memulai kemenangan beruntun. Yang menjadi sorotan adalah dua kemenangan kandang yang mengesankan melawan rival bebuyutan Borussia Dortmund (2-0) dan FC Schalke 04. (2–1). Sudah dua putaran di akhir musim VfL Bochum yakin bertahan di Bundesliga. Akhirnya klub selesai di tempat ke-8, musim terbaik ketiga untuk Bochum.

Karena hasil yang relatif buruk di musim 2007-2008, membuat Marcel Koller merasa berada di bawah tekanan besar pada musim 2009-2010. Namun sayangnya, pada 20 September 2009 Marcel Koller harus berlapang dada karena dipecat sebagai pelatih kepala klub VfL Bochum yang selama ini ia asuh. Pada 4 Oktober 2011, Marcel Koller diangkat sebagai manajer baru Timnas Austria. Marcel Koller resmi menjadi manajer Timnas dimulai pada 1 November 2011. Marcel Koller berhasil mencapai sebagai pelatih Austria pertama kualifikasi untuk kejuaraan Eropa.

Pada bulan November 2015 tim nasional mencapai untuk pertama kalinya posisi 10 teratas di Peringkat Dunia FIFA. Setelah berhasil memimpin Timnas Austria melaju ke Euro 2016 sebagai juara grup kualifikasi dan berhasil menyingkirkan Rusia dan Swedia, nama pelatih ini menjadi pusat perhatian banyak orang. Namun sayangnya, pada akhir tahun 2017 ia sempat akan dipecat sebagai pelatih dan timnas Austria harus pasrah menerima bahwa tidak ikut bertanding dalam acara bergensi Piala Dunia 2018.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × one =