Profil & Biografi Michael Essien

Loading...

Michael Essien adalah mantan bintang Chelsea dan Real Madrid yang kini bermain di Persib Bandung. Pemain bola ini tidak hanya terkenal jago di lapangan, namun juga terkenal dengan kepeduliannya yang sangat tinggi terhadap masyarakat sekitar. Bahkan ia telah mendirikan yayasan bernama Michael Essien di Ghana. Yayasan tersbeut memiliki fasilitas kesehatan, perpustakaan dan akses untuk mendapat air bersih. Berikut profil Michael Essien yang bisa diketahui.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Michael Essien
– Keluarga Michael Essien
– Karir Michael Essien
– Penghargaan yang berhasil diraihnya

Kehidupan Pribadi
Dirinya terlahir dengan nama Michael Kojo Essien pada 3 Desember 1982 di Accra. Dia merupakan putra dari pasangan James Essien dan Aba Gyandoh. Istrinya, Akosua Puni Essien merupakan seorang pebisnis dan juga philanthropist. Dari pernikahannya tersebut, mereka dikarunia tiga orang anak yang saat ini menetap di London, Inggris.

Karir
Pemain sepak bola profesional dari Ghana ini mendapatkan julukan “Bison”, karena kemampuan fisiknya yang kuat dan tangguh di lapangan bola. Michael Essien juga bisa bermain sebagai bek, baik di sisi kanan pertahanan dan di tengah. Di tingkat pemuda, ia mewakili negaranya di Kejuaraan Dunia U-17 FIFA 1999 dan Kejuaraan Dunia Muda FIFA 2001, dengan tim terakhir berakhir sebagai runner-up.

Dia memulai karir sepak bolanya setelah lulus dari St. Augustine’s College di Cape Coast, bermain di klub lokal bernama Liberty Professionals. Michael Essien berhasil lolos ketika ia bermain di Kejuaraan Dunia U-17 FIFA 1999 di Selandia Baru. Pada tahun 2000, ia pindah ke Perancis untuk bergabung dengan Bastia, dimana ia akan menghabiskan tiga musim dan tampil di lebih dari 60 pertandingan sebelum bergabung dengan pemegang gelar Ligue 1 Lyon pada tahun 2003.

Di Lyon, Michael Essien memenangkan gelar liga back-to-back di 2003–2004 dan 2004–2005 dan juga bermain di Liga Champions UEFA untuk pertama kalinya. Selama lima tahun bertugas di Perancis, ia memperoleh kewarganegaraan Perancis. Pada tahun 2005, dikutip dari Bola.net, Michael Essien menandatangani kontrak dengan klub Liga Premier, Chelsea dengan biaya transfer £ 24,4 juta. Dengan nominal transfer tersebut, ia menjadi pemain sepak bola Afrika paling mahal dalam sejarah.

Di Chelsea, Michael Essien membantu klub memenangkan Liga Premier pada 2006 dan 2010, serta tiga Piala FA dan satu Piala Liga. Dia telah memenangkan penghargaan Chelsea Goal of the Season dua kali, pada musim 2006–2007 dan 2008-2009. Pada 31 Agustus 2012, Michael Essien menandatangani kesepakatan pinjaman jangka panjang dengan Real Madrid, menyatukannya dengan mantan manajernya di Chelsea, José Mourinho. Pada 3 November, Michael Essien mencetak gol pertamanya untuk Real Madrid.

Selama pertandingan terakhir musim itu dan pertandingan terakhir Michael Essien sebagai pemain Madrid, Michael Essien mencetak gol keduanya untuk Madrid, yang ia persembahkan untuk José Mourinho. Setelah mengakhiri kerja sama dengan Real Madrid, ia kembali menandatangani kontrak dengan klub Italia, Milan dengan kontrak satu setengah tahun pada 27 Januari 2014. Michael Essien juga telah mewakili Ghana di Piala Dunia FIFA 2006 dan 2014.

Saat ulang tahun Persib Bandung ke-84 tepatnya pada hari Selasa, 14 Maret 2017, secara resmi klub ini mengumumkan rekrutmen Michael Essien. Dengan prestasi internasional dan usia produktif, mahar yang diberikan Persib untuk menggunakan jasa Michael Essien tentunya tidak murah. Nilai kontrak terakhir Michael Essien dengan mantan klubnya Panathinaikos adalah sekitar Rp 11,5 miliar per musim meski sumber internal Persib menyebut Michael Essien ditebus dengan tidak lebih dari Rp 10 miliar untuk kontrak musiman.

Pada 22 April, ia mencetak gol pertamanya dari sundulan dalam 2–2 mengundurkan diri dari PS TNI. Pada 17 Maret 2018, kepala eksekutif klub Persib, Zainuri Hasyim mengatakan bahwa Persib kini telah membebaskan Michael Essien karena klub sudah mengisi kuota maksimum pemain asing berdasarkan peraturan PSSI.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 2 =