Profil & Biografi Nwankwo Kanu

Loading...

Nwankwo Kanu adalah pensiunan striker andalan Timnas Nigeria yang memiliki ‘Kanu Heart Foundation (KHF)’. Yayasan ini merupakan sebuah yayasan yang didirikan Nwankwo Kanu pada tahun 2000 untuk membantu anak-anak yang menjalani operasi jantung. Torehannya tercatat, Nwankwo Kanu telah bermain untuk tim Nigeria Iwuanyanwu Nationale, klub Ajax, klub Italia Inter Milan, dan klub Inggris Arsenal, West Bromwich Albion dan Portsmouth.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Nwankwo Kanu
– Keluarga Nwankwo Kanu
– Karir Nwankwo Kanu
– Penghargaan yang pernah diraihnya

Kehidupan Pribadi
Lahir di Owerri, Nigeria, pada 1 Agustus 1976. Dia dilahirkan oleh Susan Kanu Iheme dan ayahnya bernama Encik Kanu Iheme. Dia dibesarkan di Owerri, Nigeria bersama saudara-saudaranya, Christopher Kanu, Henry Nwosu, dan Anderson Gabolalmo Kanu. Nwankwo Kanu telah menikah muda dengan wanita pujaannya, Amarachi Kanu. Dari pernikahan tersebut mereka telah dikarunia anak bernama Sean Chukwudi Kanu, Iyang Onyekachi Kanu dan Pinky Amarachi Kanu.

Karir
Dia memulai karirnya di klub Federasi Nigeria, Federation Works, sebelum pindah ke Nationale Iwuanyanwu. Setelah kinerja yang luar biasa di Kejuaraan Dunia U-17 ia ditandatangani oleh Belanda Eredivisie AFC Ajax pada tahun 1993 untuk € 207.047. Dia membuat debut Ajax pada tahun berikutnya dan melanjutkan untuk mencetak 25 gol dalam 54 penampilan. Kanu juga datang sebagai sub dalam kemenangan final Liga Champions Ajax 1995 atas AC Milan.

Setelah kembali dari memenangkan Olimpiade, Nwankwo Kanu menjalani pemeriksaan medis di Inter, yang mendiaknosisnya menderita cacat jantung yang serius. Dia menjalani operasi pada November 1996 untuk mengganti katup aorta dan tidak kembali ke klubnya sampai April 1997. Dikutip dari Goal.com, pengalaman Nwankwo Kanu inilah yang akhirnya mengarah pada berdirinya ‘Kanu Heart Foundation (KHF)’.

Pada bulan Februari 1999, setelah hanya dua belas pertandingan dan satu gol untuk Inter, Nwankwo Kanu menandatangi kontrak bersama Arsenal dengan biaya £ 4,15 juta. Dia melakukan debut untuk klub asuhan Arsene Wenger, melawan Sheffield United di Piala FA.

Nwankwo Kanu dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika untuk kedua kalinya pada tahun 1999 dan kemudian berhasil memenangkan Piala FA 2003 bersama Arsenal. Selain itu, ia juga menjadi salah satu pemain ‘Invincibles’ Arsenal, yang melelui satu musim Liga Premier Inggris tanpa tersentuh kekalahan. Pemerinta Nigeria menobatkan Nwankwo sebagai salah satu diantara 100 sosok asal Nigeria paling tenar dalam upacara perayaan perayaan persatuan Nigeria Utama dan Selatan pada tahun 2004.

Kemudian, dia pun menandatangani kontrak satu tahun untuk Portsmouth sebelum musim 2006-2007. Nwankwo Kanu melakukan debutnya untuk Portsmouth sebagai pemain pengganti melawan Blackburn Rovers pada 19 Agustus 2006, hari pembukaan musim Liga Primer 2006-2007. Nwankwo Kanu menyelesaikan musim sebagai pencetak gol terbanyak untuk Portsmouth, dengan 12 gol.

Di musim keduanya di Portsmouth, Nwankwo Kanu mencetak gol di kedua FA Cup 1-0 kemenangan semifinal melawan West Bromwich Albion dan kemenangan 1-0 di final melawan Cardiff City, membuatnya meraih medali ketiga pada Piala FA 2007-2008. Dia kembali menandatangani kontrak perpanjangan dengan Portsmouth pada bulan Agustus 2010, dengan tujuan untuk menjadi pelatih ketika dia pensiun.

Selama musim 2011–2012, waktu bermainnya berkurang, hanya muncul dari bangku cadangan. Dan sempat berseteru dengan klub, karena upah yang belum dibayarkan. Meskipun sempat menuntut hal tersebut, namun pada April 2013 ia membatalkan perkara tersebut dan memilih berlapang dada melepaskan klub. Meskipun dikabarkan menjadi salah satu pemain untuk membela negara asalnya, Nigeria di Piala Dunia 2018. Nyatanya ia hadir berniat untuk memberikan dukungan pada tim negaranya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − eight =