Profil & Biografi Artem Dzyuba

Loading...

Seperti yang diketahui, sejauh ini bintang andalan Rusia bukan hanya Denis Cheryshev, Igor Akinfeev dan Aleksandar Golovin, melainkan adapula nama pemain bola yang bermain sebagai penyerang untuk klub Zenit Saint Petersburg, siapa lagi kalau bukan Artem Dzyuba. Menariknya, salah satu pemain Timnas Rusia bertubuh tegap ini berhasil membuat top skor Rusia dengan tiga golnya di Piala Dunia 2018.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Artem Dzyuba
– Keluarga Artem Dzyuba
– Karir Artem Dzyuba

Kehidupan Pribadi
Lahir pada 22 Agustus 1988 di Moskow, Uni Soviet, dengan nama Artyom Sergeyevich Dzyuba. Ayahnya, Sergei Dzyuba orang Ukraina dan ibunya, Svetlana Dzyuba orang Rusia. Dia masuk di sekolah sepak bola Spartak Moscow dan mulai bermain untuk cadangan tim pada tahun 2005.

Tepat sebelum perayaan Tahun Baru 2012 Artem Dzyuba bertemu Kristina dan segera menyadari bahwa dia telah menemukan sosok orang yang paling tepat untuknya. Setelah sebulan berpacaran, mereka menikah dan pindah ke Moskow. Saat ini mereka telah memiliki seorang putra bernama Nikita.

Karir
Pada tahun 2006, membuat debut pertamanya bersama Spartak Moscow dalam pertandingan Piala Rusia melawan FC Ural, menggantikan Roman Pavlyuchenko pada menit ke-85. Artem Dzyuba tampil menjadi pemain pengganti di Liga Premier Rusia pada putaran ke-12 melawan Saturn Moscow. Artem Dzyuba memiliki 7 penampilan sebagai pemain pengganti di musim itu, tetapi tidak mencetak gol.

Pada tanggal 7 Agustus 2009, FC Tom Tomsk menandatangani striker Artem Dzyuba dengan status pinjaman hingga Desember 2009. Artem Dzyuba adalah bagian dari tim Rusia U-21 yang berkompetisi dalam kualifikasi Kejuaraan U-21 Eropa 2011. Dia membuat debut tim nasional sepak bola Rusia pada 11 November 2011 dalam pertandingan persahabatan melawan Yunani. Dia dipanggil ke skuad sementara untuk UEFA Euro 2012.

Di Liga Premier Rusia 2013–2014, Artem Dzyuba mencetak 17 gol saat dipinjamkan ke FC Rostov. Dia mencetak gol pertamanya melawan Liechtenstein pada 8 September 2014, gol terakhir timnya dalam kekalahan 4-0 dari tim kecil di Arena Khimki. Tepat setahun kemudian, ia mencetak empat gol dalam kemenangan 7-0 atas lawan yang sama dan ia mengakhiri pertandingan sebagai pencetak gol terbanyak Rusia dengan 8 gol saat mereka lolos ke UEFA Euro 2016.

Artem Dzyuba juga telah berhasil memenangkan Piala Rusia dimusim terakhir 2013-2014. Pada tahun 2015, dia ditandatangani untuk menjadi pemain di FC Zenit Saint Petersburg oleh André Villas-Boas. Setelah Piala Dunia 2014, yang juga dilewatkan Dzyuba dengan Fabio Capello lebih memilih Aleksandr Kokorin dan Aleksandr Kerzhakov, ia mulai dipanggil secara reguler selama kualifikasi Euro 2016 UEFA.

Pada 31 Januari 2018, ia bergabung dengan FC Arsenal Tula dengan status pinjaman untuk sisa musim 2017-2018. Pada tanggal 11 Mei 2018, ia dimasukkan dalam skuad Piala Dunia FIFA 2018 bersama Aleksandr Yerokhin, dan pada 3 Juni, ia dimasukkan dalam edisi final.

Dikutip dari Viva.co.id, dia menjadi salah satu pemain Rusia yang harus diwaspadai Arab. Dan benar saja, Artem Dzyuba datang sebagai pemain pengganti di pertandingan pembuka pada 14 Juni dan mencetak gol ketiga dari kemenangan 5-0 atas Arab Saudi.

Artem Dzyuba melanjutkan penampilannya yang mengesankan dengan mencetak gol di pertandingan kedua bahwa Rusia mengalahkan Mesir 3-1, mengirim Rusia ke babak sistem gugur untuk pertama kalinya. Dalam pertandingan melawan Spanyol di babak 16 besar pada 1 Juli, Artem Dzyuba mengubah menit penalti sebelum babak pertama, membuat skor 1–1. Artem kemudian diganti di babak kedua dan Rusia akhirnya memenangkan pertandingan 4–3 lewat adu penalti. Bahkan menurut beberapa sumber yang memberitakan, Artem Dzyuba layak disebut pahlawan atas kemenangan Rusia.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − nine =