Profil & Biografi Jermain Defoe

Loading...

Seperti yang diketahui, Jermain Colin Defoe atau lebih dikenal dengan nama Jermain Defoe adalah seorang pemain bola profesional Timnas Inggris yang juga bermain sebagai striker untuk klub Liga Premier AFC Bournemouth. Jermain Defoe membuat debut di Timnas Inggris pada tahun 2004 dan telah membuat 56 penampilan, mencetak 20 gol, termasuk tiga penampilan dan satu gol di Piala Dunia FIFA 2010.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Jermain Defoe
– Keluarga Jermain Defoe
– Karir Jermain Defoe
– Penghargaan yang berhasil diraihnya

Kehidupan Pribadi
Pria kelahiran 7 Oktober 1982 di Beckton, London memiliki darah keturunan Dominika dari ayahnya dan keturunan Saint Lucian dari ibunya. Dia bersekolah di Sekolah Dasar St Joachim di Custom House, London dan St Bonaventure di Forest Gate, London. Jermain Defoe dibesarkan di Canning Town dan ketika keluarganya pindah ke Beckton, ia bermain futsal di Newham Leisure Centre.

Dia bergabung dengan tim Senrab, salah satu tim Sunday League London yang terkenal mencetak pemain berbakat seperti John Terry, Lee Bowyer, Ashley Cole dann Ledley King. Kemudian ia mendapat beasiswa di FA National School of Excellence di Lilleshall, Shropshire pada tahun 1997. Sementara di sana, ia terdaftar sebagai siswa di Idsall School. Jermain Defoe ditunjuk sebagai Officer of the Order of the British Empire (OBE) dalam Birthday Honours 2018 untuk layanan kepada Yayasan Jermain Defoe, yayasan amal yang didirikannya pada tahun 2013.

Dikutip dari Viva.co.id, sempat menjalin hubungan dengan Alexandra Burke, ia kemudian menjalin kasih kembali dengan Anne-Marie Moore. Meskipun hubungannya bersama Anne-Marie Moore sudah kandas, namun ia tetap bertanggung jawab atas anak yang dilahirkan Moore. Mereka memberi nama putranya dengan nama Joshua-James Defoe. Dan kini, striker ini memadu kasih kembali dengan wanita bernama Danielle Armstrong sejak Desember 2012.

Karir
Jermain Defoe memulai karirnya dengan Charlton Athletic, bergabung dengan tim muda mereka yang berusia 14 tahun, sebelum pindah ke West Ham United dua tahun kemudian. Dia membuat debut tim pertamanya untuk West Ham United pada tahun 2000, dan setelah masa pinjaman musim panjang di Bournemouth selama musim 2000-2001, membuktikan dirinya di lini West Ham United.

Jermain Defoe pernah bergabung dengan Tottenham pada Februari 2004, yang mana di sana ia menerima penghargaan klub Player of the Year pada tahun 2004, yang dipilih oleh pemegang tiket musiman dan anggota Spurs. Selepas dari Tottenham, ia pun bergabung di klub Portsmouth pada Januari 2008. Pada Januari 2009, ketua Portsmouth, Peter Storrie mengungkapkan niat Jermain Defoe untuk meninggalkan klub dalam waktu dekat. Dirinya kemudian menyetujui kontrak lima tahun dan dikonfirmasi sebagai pemain Tottenham oleh klub barunya pada 9 Januari 2009.

Pada April 2011, Jermain Defoe menjadi pemain ke-20 yang mencetak satu abad gol Premier League, dan menjadi pencetak gol tertinggi ketujuh dalam sejarah Liga Primer. Pada 10 Januari 2014, Tottenham mengumumkan bahwa Defoe akan bergabung dengan klub Major League Soccer (MLS) Toronto FC, efektif 28 Februari 2014. Dia setuju untuk kontrak empat tahun senilai antara £ 68.000–90.000 per minggu. Jermain Defoe juga memegang rekor Premier League untuk gol terbanyak sebagai pemain pengganti pada 11 Januari 2014.

Pada 16 Januari 2015, Jermain Defoe kemudian bergabung dengan klub Liga Premier Sunderland setelah menyetujui kesepakatan selama tiga setengah tahun. Jermain Defoe mengakhiri musim sebagai pencetak gol terbanyak Sunderland dengan 15 gol liga, dan juga dinobatkan sebagai pemain klub musim ini. Pada 9 Juni, Jermain Defoe menandatangani kontrak baru dengan Sunderland, melakukan masa depannya ke klub hingga 2019.

Pada 19 November 2016, Jermain Defoe mencetak golnya di Premier League ke-150, menjadi pencetak gol tertinggi kesepuluh bersama dalam sejarah Liga Primer. Pada April 2017, Defoe mengisyaratkan bahwa ia dapat meninggalkan Sunderland, jika klub itu harus terdegradasi pada akhir Liga Premier 2016–2017.

Meskipun sorak meriah Piala Dunia 2018 kini menyebar, sayangnya Jermain Defoe hanya mampu mendoakan dan menyemangati tim Negaranya dari jauh. Namun, Jermain Defoe berharap negaranya bisa merebut dan meraih Piala Dunia 2018. Pria yang sempat ditargetkan tampil di Piala Dunia 2018 ini tetap optimis Negaranya menang di kejuaraan bergensi empat tahun sekali.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 3 =