Profil & Biografi David De Gea

Loading...

David De Gea Quintana atau yang lebih dikenal dengan David De Gea adalah pemain bola klub Manchester United sekaligus Timnas Spanyol. Dia bermain sebagai panjaga gawar (kiper) untuk masing-masing klubnya. Sejak bergabung bersama klub MU, David De Gea telah membuat lebih dari 300 penampilan dan memenangkan gelar Premier League, Piala FA, Piala Liga, tiga Community Shields, dan Liga Eropa UEFA.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil David De Gea
– Keluarga David De Gea
– Karir David De Gea
– Penghargaan yang pernah diraihnya

Kehidupan Pribadi
Putra dari pasangan Jose De Gea dan Marivi Quintana lahir 7 November 1990 di Madrid dan dibesarkan di Illescas. Dia memiliki hubungan dengan penyanyi Spanyol, Edurne Garcia sejak tahun 2010 lalu. Meski usia mereka terpaut jauh, bukan halangan bagi mereka untuk tetap menjalin hubungan. Prestasi yang pernah diraih kekasihnya di berbagai negara besar semakin membuat David De Gea semakin terpincut dengan wanita cantik ini.

Karir
Karir David De Gea pertama kali dimulai saat ia bergabung dengan Atlético Madrid pada usia 13 tahun dan naik melalui sistem akademi di klub sebelum membuat debut seniornya pada tahun 2009. Setelah menjadi penjaga gawang pilihan Atletico, dia membantu tim memenangkan UEFA Europa League dan Piala Super UEFA tahun 2010. Penampilannya menarik perhatian Manchester United, dan pada Juni 2011 ia menandatangi kesepakatan dengan nominal £ 18,9 juta, nominal ini menjadi rekor Inggris untuk seorang kiper pada saat itu.

David De Gea adalah kapten tim nasional U-21 Spanyol yang memenangkan Kejuaraan Eropa pada tahun 2011 dan 2013, dan juga berkompetisi di Olimpiade 2012. Dia digembar-gemborkan oleh banyak orang untuk menjadi pengganti Iker Casillas sebagai penjaga gawang Spanyol jangka panjang. Selama tiga musim berturut-turut dari 2013–2014 hingga 2015–2016, ia terpilih sebagai pemain United Sir Matt Busby of the Year, pemain pertama dalam sejarah penghargaan yang menang pada tiga kesempatan berturut-turut.

Di bawah manajer baru Manchester United José Mourinho, David De Gea membuat penampilan pertamanya musim 2016-2017 di FA Community Shield melawan juara Liga Premier Leicester City. Pertandingan berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk United. Pada 20 April 2017, David De Gea terpilih sebagai kiper di Tim PFA of the Year untuk keempat kalinya. Pada 17 September 2017, di pertandingan kelima Liga Inggris melawan Everton, David De Gea membuat clean sheet keempatnya musim itu untuk Manchester United.

Pada 2 Desember 2017, dalam kemenangan 3-1 atas Arsenal, David De Gea mencatat 14 penyelamatan dan menyamakan skor yang dibagi oleh Tim Krul dan Vito Mannone sebagai rekor Liga Premier untuk jumlah penyelamatan terbanyak dalam satu pertandingan dan dia juga memenangkan penghargaan Man of the Match. Pada 18 April 2018, David De Gea terpilih sebagai kiper di Tim PFA of the Year untuk ke-5 kalinya sebagai satu-satunya pemain Manchester United.

Pada tanggal 11 Mei 2018, setelah hasil imbang 0-0 melawan West Ham, David De Gea meraih clean sheet ke-18 musim ini dan juga mendapatkan Golden Glove Premier League pertamanya sejak ia bergabung dengan Manchester United pada tahun 2011. Pada 21 Mei 2018 ia dipanggil ke skuad Spanyol untuk Piala Dunia FIFA 2018 di Rusia.

Dalam pertandingan pertama turnamen Spanyol pada 15 Juni 2018, David De Gea bersalah atas gol kedua Portugal, membiarkan Cristiano Ronaldo melepaskan slip melalui genggamannya; Ronaldo menyelesaikan hat-trick selama hasil imbang 3–3 akhirnya, dengan gol pertamanya datang dari penalti, dan gol ketiganya dari tendangan bebas, yang merupakan satu-satunya tembakan Portugal lainnya yang tepat sasaran.

Dikutip dari Bola.com, kabarnya sosok David De Gea menjadi buruan nomor satu Real Madrid. Bahkan sudah bertahun-tahun pihak Real Madrid menantikan tandatangannya untuk tim tersebut. Namun sayangnya David De Gea masih merasa bahagia didalam klub yang sudah membesarkan namanya.

Dalam pertandingan grup kedua Spanyol melawan Iran pada 20 Juni, ia mempertahankan clean-sheet dalam kemenangan 1-0. David De Gea terus berjuang dalam pertandingan grup terakhir Spanyol melawan Maroko pada 25 Juni, namun berakhir dengan hasil imbang 2-2.

Pada 1 Juli 2018, David De Gea juga gagal membuat save selama 4-3 penalti adu penalti Spanyol untuk tuan rumah Rusia di babak 16 besar dan pertandingan berakhir imbang 1-1 setelah perpanjangan waktu, gawang David De Gea dikalahkan oleh penalti Artem Dzyuba di babak pertama.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 8 =