Profil & Biografi Robbie Keane

Loading...

Robbie Keane adalah pemain bola yang bermain sebagai pemain depan untuk klub India ATK, sekaligus pemain yang pernah menjabat sebagai kapten Timnas Republik Irlandia dari Maret 2006 hingga pensiun pada Agustus 2016. Robbie Keane adalah pencetak gol terbanyak Irlandia di Piala Dunia FIFA 2002 dengan tiga gol saat mereka mencapai babak 16 besar, dan juga bermain di UEFA Euro 2012 dan UEFA Euro 2016.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Robbie Keane
– Keluarga Robbie Keane
– Karir Robbie Keane
– Penghargaan yang pernah diraihnya

Kehidupan Pribadi
Memiliki nama lengkap Robert David Keane lahir di Tallaght, Dublin, Republik Irlandia pada 8 Juli 1980. Orang tuanya adalah Robert dan Anne Keane. Dia memulai karir sepak bolanya dengan klub lokal Fettercairn sebelum bergabung dengan tim sekolah Dublin Crumlin United pada usia 10 tahun di mana bakatnya mulai terlihat dan diakui pada usia dini. Pada 7 Juni 2008, ia menikahi mantan kontestan Miss Irlandia, Claudine Palmer, di Ballybrack, Dublin Selatan. Pasangan itu dikarunia anak bernama Robert Ronan Cambridge Keane, Jr. dan Hudson.

Karir
Robbie Keane memulai karir profesionalnya bersama klub Wolverhampton Wanderers, mencetak dua kali gol pada debut tim pertamanya. Musim berikutnya ia adalah pencetak gol terkemuka klub dan mencetak gol internasional pertamanya untuk Republik Irlandia. Sempat bergonta-ganti klub mulai dari Coventry City, Inter Milan dan Leeds United, sebelum akhirnya bergabung dengan Tottenham Hotspur pada 2002. Dua tahun kemudian, Jermain Defoe pun bergabung dengan tim Tottenham Hotspur. Di sana Robbie Keane bermain selama tujuh setengah tahun dan mengumpulkan 306 penampilan di semua kompetisi, dengan mencetak 122 gol.

Musim 2007-2008 adalah yang paling bersejarah dalam karirnya saat ia mencetak rekor karir 23 gol dalam satu musim, termasuk gol ke-100 dan memenangkan kehormatan senior pertamanya di Piala Liga. Robbie Keane pindah ke Liverpool pada Juli 2008 tetapi ia hanya menghabiskan waktu enam bulan di klub sebelum kembali ke Tottenham, di mana ia dijadikan kapten tim pertama.

Pada Januari 2010, ia pindah pinjaman ke klub Liga Premier Skotlandia Celtic untuk sisa musim, dan menghabiskan paruh kedua musim berikutnya dipinjamkan ke West Ham United. Sebagai kapten, Robbie Keane memimpin tim untuk menyelesaikan tempat kedua dalam kampanye kualifikasi Piala Dunia 2010. Dia mencetak gol internasional ke-40 melawan Siprus, sebuah sundulan pada menit ke-83, yang memastikan kemenangan 2-1 untuk Irlandia.

Dia meninggalkan Tottenham untuk LA Galaxy pada tahun 2011, dan pada Januari 2012 pergi ke Aston Villa dengan pinjaman dua bulan selama Major League Soccer di luar musim. Secara total, Robbie Keane mencetak 126 gol Premier League untuk enam klub berbeda, yang menempatkannya sebagai pencetak gol ketiga belas paling sukses dalam sejarah Liga Premier.

Pada 24 Agustus 2016, dikutip dari CNNIndonesia.com, Robbie Keane mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola internasional. Pertandingan terakhirnya untuk Irlandia adalah pertandingan persahabatan melawan Oman pada 31 Agustus 2016 di Stadion Aviva. Irlandia menang 4-0 dan Robbie Keane menandatangani dengan tujuan untuk membuatnya sejajar dengan Jerman, Gerd Müller, pada 68 gol internasional.

Dia menerima tepuk tangan meriah dari kerumunan berkumpul ketika dia digantikan pada menit ke-57. Robbie Keane juga diberi kehormatan dari rekan timnya di Irlandia setelah pertandingan selesai dan dia meninggalkan lapangan bersama dua putranya untuk tepuk tangan meriah dari fans tuan rumah.

Pada 4 Agustus 2017, Robbie Keane menandatangi kontrak untuk Indian Super League tim ATK bergabung dengan mantan rekan setimnya Teddy Sheringham. Dia ditugaskan menggunakan kaos nomor punggung 10. Pada tanggal 7 Desember, ia melakukan debut tim pertama, datang sebagai pemain pengganti di menit ke-61 dalam kekalahan 3-2 melawan Chennaiyin. Pada 23 Desember, ia mencetak gol pertamanya dalam kemenangan 1-0 melawan Delhi Dynamos.

Robbie Keane ditunjuk sebagai manajer pemain ATK pada Maret 2018 setelah Sheringham dan penggantinya Ashley Westwood dipecat oleh ATK berakhir di luar play-off. Dia mencetak satu-satunya gol dalam kemenangan 1-0 atas NorthEast United pada debut manajerialnya, cukup untuk menyelamatkan mereka dari tempat terakhir.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − two =