Profil & Biografi Mikel Arteta

Loading...

Gelandang tampan sekaligus asisten pelatih Manchester City bernama Mikel Arteta ini memang sudah lama berkiprah dengan sepak bola di kancah internasional. Mikel Arteta merupakan pemain sepak bola profesional yang diandalkan di Timnas Spanyol, sejak di tim muda seperti di tim U16, U17, U18, dan U21. Dikarenakan kepemilikan paspor Inggris, ia akhirnya mendapatkan tawaran untuk bergabung ke Timnas Inggris. Namun, tawaran itu harus ia kubur dikarenakan faktor peraturan.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Mikel Arteta
– Keluarga Mikel Arteta
– Karir Mikel Arteta
– Penghargaan yang berhasil diraihnya

Kehidupan Pribadi
Terlahir dengan nama Mikel Arteta Amatriain pada 26 Maret 1982 di San Sebastián, Gipuzkoa, Basque Country. Beralih kehubungan asmaranya, dia menjalin kasih denga Lorena Bernal dan resmi menikah pada 17 Juli 2010. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai anak Gabriel dan Daniel.

Karir
Mikel Arteta memulai karir sepak bolanya di Antiguoko dan berteman dengan sesama pemain tengah Xabi Alonso karena seringnya mereka bermain bola bersama setiap akhir pekan. Saat berusia 15 tahun, Mikel Arteta berangkat ke skuad FC Barcelona B sementara Alonso bergabung dengan Real Sociedad. Meskipun potensinya Mikel Arteta gagal masuk ke tim utama, dan dia dipinjamkan ke klub Perancis Paris Saint-Germain pada Desember 2000.

Dia kemudian dikontrak oleh klub Liga Premier Skotlandia Rangers dan berhasil memenangkan Piala Skotlandia dan Piala Liga di musim 2002-2003. Setelah sukses di Skotlandia, Mikel Arteta bergabung dengan Real Sociedad senilai € 5,2 juta pada 2004 dan memulai hanya tiga pertandingan liga di setengah musim.

Manajer Everton David Moyes menandatangani transfer Mikel Arteta pada Januari 2005 dengan status pinjaman dengan tujuan transfer permanen. Mikel Arteta memainkan peran penting dalam membantu Everton mencapai kemungkinan lolos ke Liga Champions, meskipun akhirnya mereka tersingkir di babak kualifikasi terakhir. Dia mencetak gol pertamanya di Everton dalam kemenangan 4-0 atas Crystal Palace, dan menandatangani kontrak permanen lima tahun pada Juli 2005 dengan bayaran £ 2 juta.

Permainan bagus Mikel Arteta diperpanjang hingga 2006–07. Mikel Arteta dianugerahi Player of the Season Award untuk tahun kedua berturut-turut dan juga terpilih sebagai ‘Pemain Tengah Tahun Ini’ oleh pembaca Sky Sports, mengalahkan Pemain Pemain Terbaik PFA Cristiano Ronaldo. Dia membantu Everton mengamankan tempat di Piala UEFA dan peringkat oleh ACTIM Indeks sebagai pemain terbaik keenam di Liga Utama.

Cedera yang sempat dialaminya, membuat Mikel Arteta absen selama sisa musim 2008-2009 dan lima bulan pertama musim 2009–2010. Musim 2010-2011 terbukti tidak sesukses yang diharapkan untuk tim dan pemain. Dia kemudian menerima transfer permanen ke Arsenal pada tahun 2011, dan ditunjuk sebagai kapten klub pada bulan Agustus 2014. Mikel Arteta memenangkan dua Piala FA dan dua Community Shields FA dengan Arsenal, sebelum kontraknya berakhir pada akhir musim 2015-2016.

Dikutip dari CNNIndonesia.com, setelah lima tahun membela Arsenal gelandang ini memutuskan untuk menggantung sepatunya. Dan memulai musim terbarunya sebagai asisten pelatih. Pada 3 Juli 2016, Mikel Arteta ditunjuk untuk bergabung dengan Manchester City sebagai asisten pelatih, bersama rekan asistennya Brian Kidd dan Domènec Torrent, dan manajer Pep Guardiola. Pada bulan Mei 2018, Mikel arteta sering dikait-kaitkan untuk menjadi penerus mantan manajernya Arsene Wenger, walau itu semua masih sebuah kabar berita semata.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + nine =