Profil & Biografi Xabi Alonso

Loading...

Yang sering nonton bola, pastinya sudah tidak asing lagi dengan wajah tampan mantan pemain sepak bola profesional Spanyol yang bermain sebagai gelandang tengah bernama Xabi Alonso. Saat bermain untuk Spanyol, Pemain bola berbakat satu ini mewakili negaranya di Euro 2004 dan Piala Dunia 2006 dan dia juga telah memenangkan Euro 2008, Euro 2012 dan Piala Dunia 2010. Berikut profil Xabi Alonso yang bisa diketahui.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Xabi Alonso
– Keluarga Xabi Alonso
– Kari Xabi Alonso
– Penghargaan yang pernah diraihnya

Kehidupan Pribadi
Xabi Alonso memiliki nama lengkap Xabier “Xabi” Alonso Olano lahir 25 November 1981 di kota kecil Tolosa, Gipuzkoa, Basque Country. Bakat bola Xabi Alonso dipengaruhi oleh permainan ayahnya Periko Alonso yang juga merupakan mantan pemain bola berbakat.

Xabi Alonso mengambil lebih banyak dalam mengoper bola dengan baik daripada menembak ke gawang. Sejak usia dini, dia memutuskan untuk bermain sebagai gelandang bertahan, peran yang membantunya belajar bagaimana mendistribusikan bola dengan baik. Dia menikah dengan Nagore Aranburu dan pasangan ini memiliki tiga anak bernam Jontxu, Ane dan Emma.

Karir
Xabi Alonso memulai karirnya di Real Sociedad, tim utama di provinsi rumahnya, Gipuzkoa. Setelah periode pinjaman singkat di Eibar, ia ditunjuk sebagai kapten tim Real Socieded oleh manajer John Toshack. Dia berhasil dalam peran membawa klub ke tempat kedua di musim 2002-2003. Pada April 2003 ia membuat debut internasionalnya untuk Spanyol dalam kemenangan 4-0 melawan Ekuador.

Dia pindah ke Liverpool pada Agustus 2004 seharga £ 10,5 juta dan memenangkan UEFA Champions League di musim pertamanya, di bawah manajer Rafael Benítez, mencetak gol penyama di Final melawan Milan. Musim berikutnya, ia memenangkan Piala FA dan FA Community Shield.

Dia pindah ke Real Madrid untuk memulai musim 2009-2010 dalam sebuah kesepakatan bernilai sekitar £ 30 juta. Setelah memenangkan penghargaan termasuk gelar liga pada tahun 2012 dan Liga Champions pada 2014 selama lima musim di Madrid. Dikutip dari Bola.com, selama berseragam Los Blancos Xabi Alonso telah berhasil menyumbangkan enam gold an 32 assist dari 236 penampilan.

Ketika berada dipuncak karir, Xabi Alonso malah memutuskan pindah ke klub Jerman Bayern Munich pada musim panas 2014 dengan kontrak dua tahun. Banyak yang beranggapan bahwa kepindahannya ke klub Bayern Munich adalah sebuah pelarian karena sudah tidak nyaman di Real Madrid. Akan tetapi saat itu ia memang ingin menguji dirinya sendiri sebelum memutuskan untuk gantung sepatu. Dia melakukan debutnya pada hari berikutnya, dimulai dengan hasil imbang 1-1 di Schalke 04.

Setelah kegagalan Spanyol untuk maju dari babak grup di Piala Dunia 2014, Xabi Alonso pensiun dari sepak bola internasional pada tanggal 27 Agustus 2014. Pada 18 Desember 2015, Xabi Alonso menandatangani kontrak baru dengan Bayern, membuatnya tetap di klub hingga 2017. Pada 9 Maret 2017, Alonso mengonfirmasi melalui Twitter pengunduran dirinya dari pertandingan pada akhir musim 2016–2017.

Pada 20 Mei 2017, Alonso dan rekan setimnya, kapten Bayern Philipp Lahm memainkan pertandingan profesional terakhir mereka, dalam kemenangan 4-1 di kandang melawan Freiburg di mana dia membantu gol pembuka untuk Arjen Robben. Dia diganti pada menit ke-82 untuk Franck Ribery. Ini adalah pertandingan ke-79-nya di papan atas Jerman.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 2 =