Profil & Biografi Miralem Pjanić

Loading...

Miralem Pjanić memang telah menunjukkan bakat bermain sepak bolanya sejak berusia 7 tahun. Timnas Bosnia dan Herzegovina ini bermain sebagai gelandang untuk klub Serie A Juventus. Pada 2015, Miralem Pjanić menduduki peringkat ke-55 dalam daftar The Guardian dari “100 pemain bola terbaik di dunia”. Berikut profil Miralem Pjanić yang bisa Anda ketahui.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Miralem Pjanić
– Keluarga Miralem Pjanić
– Karir Miralem Pjanić

Kehidupan Pribadi
Miralem Pjanić lahir 2 April 1990 di Tuzla, SFR Yugoslavia, Bosnia dan Herzegovina. Dirinya adalah putra dari mantan pemain sepak bola Yugoslavia, Fahrudin dan ibunya bernama Fatima. Sejak kecil ia memulai karir sepak bolanya di Luksemburg setelah kedatangan keluarganya ke negara itu sesaat sebelum pecahnya Perang Bosnia.

Pjanić adalah seorang Muslim. Dia memiliki seorang putra bernama Edin dengan pacarnya yang lama, Josepha dari Nice. Miralem Pjanić fasih dalam 5 bahasa yakni Luksemburg, Perancis, Inggris, Jerman, dan Italia. Miralem Pjanić terdaftar di Universitas Sarajevo, jurusan olahraga dan pendidikan jasmani.

Karir
Dikutip dari Bola.net, Miralem Pjanić bergabung dengan Metz pada usia 14 tahun pada kontrak pemuda dan menghabiskan sekitar tiga tahun di akademi klub. Setelah serangkaian penampilan terhormat, pada 30 November 2007, Miralem Pjanić menandatangani kontrak profesional pertamanya menyetujui kesepakatan tiga tahun, mengikatnya dengan Metz hingga 2010.

Miralem Pjanić mencetak gol profesional pertamanya untuk Metz pada 15 Desember 2007 dalam kekalahan 2-1 melawan Sochaux yang mengkonversi penalti pada menit ke-88, sehingga menjadi salah satu pemain termuda yang mencetak gol dalam sejarah Ligue 1.

Secara total, Miralem Pjanić membuat 38 penampilan dan mencetak 5 gol dengan Metz. Berkat kerja kerasnya di lapangan, ia dinominasikan sebagai Pemain Muda Ligue 1 of the Year, yang dimenangkan oleh Hatem Ben Arfa. Meskipun Metz menerima banyak tawaran untuk layanan pemain, pada 6 Juni 2008, Miralem Pjanić dan Metz mencapai kesepakatan dengan Olympique Lyonnais untuk transfer pemain. Miralem Pjanić menyetujui kontrak lima tahun, sementara biaya transfer dihargai € 7,5 juta plus insentif di masa depan.

Untuk musim 2009-2010, dia mengawali musim dengan kuat mencetak gol pertamanya untuk Lyon dalam sebuah tendangan bebas dalam pertandingan babak playoff Lyon melawan klub Belgia Anderlecht di Liga Champions UEFA. Lyon memenangkan pertandingan 5-1. Beberapa hari kemudian, dia mencetak gol liga karir pertamanya untuk klub, di mana timnya menang 3-0 di Auxerre.

Miralem Pjanić memulai musim 2010-11 sebagai starter dan ditampilkan dalam tiga pertandingan pertama tim. Namun, setelah kedatangan Yoann Gourcuff, ia mulai tampil sebagai pemain pengganti dalam tujuh pertandingan liga tim berikutnya. Pada 31 Agustus 2011, Miralem Pjanić menyetujui kontrak empat tahun dengan klub Italia Roma, dengan biaya transfer € 11 juta. Dia mencetak gol pertamanya untuk Roma melawan Lecce.

Miralem Pjanić mencetak 6 gol dan membuat banyak assist di musim 2013-2014. Pada 11 Mei 2014, Miralem Pjanić menandatangani kontrak baru yang akan berlangsung hingga 30 Juni 2018. Miralem Pjanić berperan penting dalam kualifikasi Bosnia dan Herzegovina untuk Piala Dunia FIFA 2014, kompetisi besar pertama mereka, dan dia terpilih dalam skuad 23 pemain untuk turnamen tersebut.

Pada tanggal 25 Juni, selama pertandingan grup terakhir melawan Iran, Miralem Pjanić mencetak gol, yang mengarah ke kemenangan 3-1 untuk membantu Bosnia dan Herzegovina meraih kemenangan pertama mereka di Piala Dunia. Pada musim 2014-2015, ia dianggap sebagai bintang baru dalam sepak bola Italia, mencetak 5 kali dan membantu 10 gol. Pada musim 2015–2016, dia menyelesaikan musim dengan sepuluh gol liga, dan 12 di semua kompetisi.

Pada 13 Juni 2016, Miralem Pjanić bergabung dengan Juventus dengan kontrak lima tahun dengan biaya € 32 juta, mengakhiri tugas lima tahun dengan Roma. Dia memilih kaos bernomor punggung 5 untuk memulai musim baru. Pada 10 September, Miralem Pjanić mencetak gol dalam debutnya dalam kemenangan kandang 3-1 atas Sassuolo.

Pada tanggal 28 Februari, Miralem Pjanić mencetak penalti penting melawan Atalanta untuk mengirim Juventus lolos ke Final Coppa Italia 2018. Pada Juli 2018, Miralem Pjanić menandatangani kontrak lima tahun baru dengan Juventus.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 15 =