Profil & Biogarfi Seydou Doumbia

Loading...

Selain Yaya Toure, pemain bola profesional lain dari Pantai Gading ialah dia Seydou Doumbia. Pemain ini bermain sebagai pemain depan untuk Sporting CP, dengan status pinjaman dari Roma. Seydou Doumbia melakukan debut internasionalnya untuk Pantai Gading pada tahun 2008. Dia adalah bagian dari pasukan mereka di Piala Dunia FIFA 2010 dan Piala Afrika pada tahun 2012 dan 2015, memenangkan turnamen terakhir.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Profil Seydou Doumbia
– Karir Seydou Doumbia

Karir
Pemain bola ini lahir pada 31 Desember 1987 memulai karirnya di akademi muda Inter FC dan mulai bermain di klub mitra divisi dua AS Athlétic Adjamé pada tahun 2003. Dia bergabung dengan tim divisi dua Toumodi dengan status pinjaman untuk musim 2004-2005 dan dipinjamkan pada 2005 di AS Denguélé di mana dia menjadi Pencetak gol terbanyak Côte d’Ivoire Premier League dengan 15 gol. Pada 2006, ia pindah ke Jepang di mana ia bermain untuk Kashiwa Reysol dan kemudian Tokushima Vortis.

Pada tahun 2008 ia bermain di Swiss bersama klub Young Boys, di mana ia adalah pencetak gol terbanyak dan pemain terbaik tahun ini di Liga Super Swiss di kedua musimnya. Seydou Doumbia meraih topi internasional pertamanya untuk Pantai Gading dalam pertandingan persahabatan melawan Jepang selama Piala Kirin pada 24 Mei 2008.

Dia mencetak gol internasional pertamanya dalam pertandingan persahabatan melawan Jerman pada 18 November 2009 dalam hasil imbang 2-2. Dia terpilih untuk Pantai Gading di Piala Dunia 2010, tetapi hanya membuat satu penampilan, sebagai pengganti menit ke-79 untuk Romaric, dalam kemenangan 3-0 melawan Korea Utara.

Pada 5 Januari 2010, klub Rusia CSKA Moscow menyelesaikan transfer Seydou Doumbia dengan kontrak lima tahun, dengan biaya yang dilaporkan sebesar € 15 juta. Menurut ketentuan kontrak, ia akan tinggal di Young Boys sampai akhir musim sebelum pindah ke Rusia. Dia melakukan debutnya dalam kemenangan 2-1 atas Spartak Moscow pada 1 Agustus 2010, sehingga menjadi pemain CSKA ke-200 yang muncul di liga Rusia. Seydou Doumbia terpilih untuk tim nasional Pantai Gading untuk Piala Afrika 2012.

Seydou Doumbia memenangkan Golden Boot saat ia mencetak 23 gol dalam kampanye liga awal, tujuh lebih dari rival terdekatnya Alexandr Kerzhakov, dan menambahkan lima gol lagi di Grup Kejuaraan serta memberikan 11 assist sepanjang musim.

Seydou Doumbia mengumumkan pengunduran dirinya dari kompetisi internasional setelah gagal membuat skuad Pantai Gading untuk Piala Dunia FIFA 2014. Namun Seydou Doumbia kemudian dipanggil kembali oleh pelatih baru Hervé Renard untuk kualifikasi Piala Afrika 2015 dan dia kembali ke tim nasional. Pada final Piala Afrika 2015, Seydou Doumbia mencetak gol pertama les Éléphants di turnamen tersebut saat mereka bermain imbang 1-1 dengan Guinea. Ia menjadi juara Piala Afrika 2015 bersama tim sepak bola nasional Pantai Gading.

Dikutip dari Liputan6.com, Seydou Doumbia resmi kembali ke klub lamanya CSKA Moscow dengan status pinjaman. Ia dipulangkan ke tim asalnya karena gagal menampilkan performa terbaiknya bersama AS Roma.

Setelah itu, ia menghabiskan sebagian besar masa jabatannya dengan status pinjaman, termasuk musim 2016-2017 di Basel di mana ia memenangkan liga, Piala Swiss dan pencetak gol terbanyak untuk ketiga kalinya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + 1 =